Instagram beberkan fakta-fakta pengguna di Indonesia

(Ki-Ka): Dannis Muhammad - Head of Marketing, Traveloka; Sebastian Sieber - Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia; Paul Webster - Brand Development Lead, Instagram; Haswar Hafid - Head of Agency, Facebook Indonesia; Hansal Savla - Senior Director, TNS Indonesia
(Ki-Ka): Dannis Muhammad - Head of Marketing, Traveloka; Sebastian Sieber - Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia; Paul Webster - Brand Development Lead, Instagram; Haswar Hafid - Head of Agency, Facebook Indonesia; Hansal Savla - Senior Director, TNS Indonesia
© Instagram

Mulai beroperasi pada tahun 2010, kini Instagram telah memiliki 400 juta pengguna aktif secara global -- yang dicapai hanya sembilan bulan setelah menembus angka 300 juta pengguna. Dari 100 juta pengguna terakhir yang bergabung di Instagram, lebih dari setengahnya tinggal di Asia dan Eropa.

Indonesia menjadi negara yang berkontribusi pada jumlah pengguna Instagram terbanyak, selain Jepang dan Brasil. Di Indonesia, pengguna aktif per bulan naik dua kali lipat dari tahun ke tahun (berdasarkan data per Maret 2015).

Pada bulan September 2015, Instagram membuka platform-nya kepada bisnis besar maupun kecil di seluruh dunia dan menawarkan solusi periklanan.

"Instagram merupakan kanvas kreativitas bagi komunitas mobile-first Indonesia yang muda dan antusias. Orang datang ke Instagram untuk terinspirasi secara visual dan kami pun senang dapat menawarkan solusi iklan yang menciptakan nilai bagi komunitas dan mendorong hasil bisnis yang berdampak bagi bisnis besar maupun kecil di Indonesia," ucap Paul Webster, Brand Development Lead Instagram Asia Pasifik.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna terbanyak, dan 89% pengguna layanan Instagram berasal dari kalangan usia 18-34 tahun yang mengakses Instagram setidaknya seminggu sekali. Perempuan mendominasi dengan porsi 63%.

Rata-rata, pengguna Instagram memposting 150 foto dalam sebulan, dengan lebih dari 80 juta foto dan video dibagikan secara global setiap harinya, menghasilkan 3,5 miliar likes per hari -- menurut data pribadi Instagram yang dibagikan ke khalayak media kemarin, Kamis (14/1/2016).

Berikut temuan lain yang dilakukan oleh TNS, sebuah lembaga riset dari Inggris, mengenai studi "Pengguna Instagram di Indonesia":

  • Pengguna Instagram di Indonesia 59% adalah anak muda usia 18-24 tahun yang terdidik dan mapan.
  • 88% pengguna menggunakan filter dan 97% menggunakan fitur search untuk mencari informasi yang lebih spesifik.
  • 97% menuliskan komentar pada postingan dan menandai (mention) teman-teman mereka yang mendorong proses pencarian di Instagram.
  • 85% pengguna di Indonesia juga memposting di media sosial lainnya langsung dari Instagram (cross posting).
  • Mode dan teknologi menjadi produk yang paling populer di antara para pengguna Instagram di Indonesia.
  • 49% juga membeli produk dari penjual/jenama (brand) yang mereka ikuti (follow).
  • Masyarakat Indonesia menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi, membagi pengalaman saat bepergian, dan mencari informasi dan tren terbaru.
  • Kategori konten yang paling banyak dibagikan di Instagram (berlaku untuk Instagram dan Facebook):
    1. Swafoto
    2. Makanan yang dimakan
    3. Barang yang dibeli
    4. Barang yang mau dijual
    5. Foto atau video dari keluarga
    6. Peristiwa khusus
    7. Binatang peliharaan
    8. Alam terbuka
    9. Tempat-tempat yang pernah dikunjungi
    10. Foto atau video dari perjalanan
    11. Kutipan atau meme
    12. Foto atau video yang ditemukan secara daring
MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.