Jam tangan pintar dari Tag Heuer yang tak lekang oleh waktu

Tag Heuer Connected
Tag Heuer Connected | Tag Heuer

Bertempat di New York, Senin (9/11/2015), Tag Heuer meluncurkan jam tangan pintar Connected pertamanya, dengan harga USD1.500 (sekitar Rp20,5 juta).

Gawai Android Wear ini memiliki desain khas Carrera yang menjadi salah satu lini Tag Heuer sejak tahun 1963. Untuk wajah jam digital, gawai dengan prosesor Intel Atom ini memiliki tiga wajah ekslusif yang tidak boleh digunakan di jam tangan Android Wear lainnya.

Perbedaan lain dibanding Android Wear lainnya adalah dalam mode Time, layarnya selalu menyala untuk menunjukkan waktu. Android Wear lainnya mematikan layar untuk menghemat baterai. Mengenai daya tahan baterai, perusahaan asal Swiss ini mengklaim baterai litium di dalam Connected tahan hingga seharian.

Untuk aplikasi yang eksklusif, pemilik Tag Heuer Connected mendapatkan aplikasi bertemakan olahraga, seperti golf, balapan dan jalan-jalan. Selain itu tentunya ada akses untuk aplikasi Android Wear lainnya di Google Play Store.

Dalam dua tahun, dengan membayar sejumlah biaya tambahan yang tak disebutkan, pembeli Tag Heuer Connected bisa menukar jam tangannya dengan versi mekanis alias versi analog.

"Tag Heuer Connected tidak hanya memberikan Anda sebuah koneksi ke masa depan, namun juga ke sebuah keabadian," ujar CEO Tag Heuer Jean-Claude Biver kepada BBC.com.

Maksud Biver adalah membandingkan Connected dengan jam tangan pintar lainnya, seperti Apple Watch yang Biver sebut akan segera ketinggalan zaman.

"Di atas harga USD2000, jam tangan pintar memiliki masalah besar. Ini karena mereka akan menjadi ketinggalan zaman. Siapa yang mau membeli jam tangan dengan harga USD10 ribu hingga USD20 ribu, yang akan menjadi ketinggalan zaman dalam waktu lima sampai 10 tahun?" ujar Biver, seperti diwartakan oleh CNBC, pertengahan Oktober.

Apple Watch memiliki versi premium dengan emas 18 karat yang dibanderol dengan harga USD10 ribu (Rp134 juta) hingga USD17 ribu (Rp227,7 juta).

Adapun beberapa produsen jam tradisional lainnya sudah terjun ke bisnis jam tangan pintar, seperti Fossil Q yang terdiri dari empat tipe, yaitu dua versi bracelet (Q Reveler dan Q Dreamer) yang masing-masing dibanderol USD125 (Rp1,7 juta), serta dua versi dengan layar jam,yaitu Q Grant dan Q Founder.

Ada juga Montblanc, dengan terobosan yang unik dibanding produsen lainnya. Alih-alih membuat jam tangan pintar, mereka membuat E-Strap, sebuah tali jam tangan pintar, lengkap dengan layar sentuh untuk dipasang ke produk jam tangan mewahnya. Aksesoris ini dibanderol EUR350 (Rp4,78 juta).

Introducing the TAG Heuer Connected /TAG Heuer
One Journey with the TAG Heuer Connected /TAG Heuer
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR