GAWAI TERKINI

Kamera Realme 3 bisa disandingkan dengan milik Redmi Note 7

Model tengah memperlihatkan bagian belakang Realme 3 pada awak media dalam acara peluncuran Realme 3 yang berlangsung di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat pada Selasa (12/3/2019)
Model tengah memperlihatkan bagian belakang Realme 3 pada awak media dalam acara peluncuran Realme 3 yang berlangsung di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat pada Selasa (12/3/2019) | Ivan /Beritagar.id

Sebagai pendatang baru di dunia ponsel Tanah Air, Realme tampak sangat serius dengan menghadirkan gawai nan terjangkau bagi kebanyakan orang. Apalagi Realme 3 yang mengandalkan kamera andal ini mengincar kalangan milenial atau kamu muda.

Dalam peluncuran Realme 3 di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Selasa (12/3/2019), dijelaskan bahwa penerus Realme 2 ini hadir dengan varian 3GB/32Gb, 3GB/64GB, dan 4GB/64GB.

Realme mengklaim Realme 3 akan menciptakan standar baru di industri ponsel karena beragam fitur yang dibawanya dan harga jual yang terjangkau. "Realme 3 menjadi senjata andalan Realme pada 2019 dengan membawa peningkatan kinerja dan desain secara komprehensif untuk menghadirkan pengalaman ‘Power Meets Style’,” ujar Josef Wang, Marketing Director Realme SEA.

Tampak depan Realme 3
Tampak depan Realme 3 | Ivan /Beritagar.id

Dari sisi desain, Realme 3 mengusung desain bezelless dengan layar seluas 6,2 inci resolusi HD+ dilengkapi dengan poni tetesan air (dewdrop) sebagai wadah untuk kamera swafoto. Ponsel ini memiliki aspek rasio layar 19:9.

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan saat digenggam, Realme 3 mengadopsi desain unibodi bergradasi 3D yang membuatnya terlihat berbeda jika dibandingkan dengan ponsel kompetitornya.

Realme 3 yang dibawa ke Indonesia menggunakan cip MediaTek Helio P60 yang memiliki kecepatan clock 2GHz lebih cepat dibandingkan cip Snapdragon 450 yang ditanamkan di Realme 2.

MediaTek Helio P60 membawa teknologi proses FinFET 12nm terbaru dari TSMC yang menawarkan 15 persen konsumsi daya lebih hemat dibandingkan dengan proses 14nm sebelumnya dan dapat menyaingi kekuatan cip 10nm.

Perangkat ini juga dibekali baterai dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 4.230 mAh. Sedangkan sistem operasinya didukung ColorOS 6.0 terbaru dengan Android 9.0 Pie.

Tampak belakang Realme 3
Tampak belakang Realme 3 | Ivan /Beritagar.id

Untuk fitur kamera, Realme 3 hadir dengan kamera belakang ganda 13MP+2MP yang dilengkapi dengan mode Nightscape dan Chroma Boost untuk pertama kalinya di kelasnya. Sementara kamera depannya membawa resolusi 13MP.

Mode Nightscape berguna untuk mengambil foto dengan shutter speed lambat dalam kondisi minim cahaya atau gelap. Realme mengklaim fitur ini pertama di kelas ponsel pemula dan menengah di Indonesia.

Fitur ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan, multi-frame synergy, dan algoritma anti-shake. "Fitur Nightscape di Realme 3 merupakan fitur pertama yang ada di ponsel kelas low-range dan mid-range di Indonesia," ujar Felix Christian, Product Manager Realme Indonesia.

Sedangkan Chroma Boost adalah sebuah fitur anyar untuk memperjelas foto pada saat mengambil gambar dalam kondisi backlight.

Dalam prosesnya, mode ini juga mendapatkan bantuan dari kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih kaya dalam highlight dan shadows, serta memberikan eksposur yang lebih seimbang.

Dalam presentasinya, Felix memperlihatkan hasil foto yang diambil dengan menggunakan mode Nightscape. Ia mengatakan, hasil fotonya itu bisa disandingkan dengan Redmi Note 7 yang katanya memiliki kamera 48MP.

Hasil foto dengan mode Nightscape
Hasil foto dengan mode Nightscape | Ivan /Beritagar.id

Untuk fitur lain; Realme 3 memiliki dua slot kartu SIM, slot memori eksternal, pemindai sidik jari di belakang, earphone jack, dan port microUSB 2.0. Realme 3 hadir dalam dua varian warna, yaitu Dynamic Black dan Radiant Blue.

Harganya seperti yang telah disebutkan pada awal paragraf, Realme 3 cukup terjangkau. Varian 3GB/32GB dibanderol harga Rp1.999.000, varian 3GB/64GB dihargai Rp2.099.000, dan varian 4GB/64GB berharga Rp2.399.000.

Realme mengatakan akan memberikan diskon khusus untuk Realme 3 dengan RAM 3GB/32GB seharga Rp1.799.000 jika dibeli melalui toko daring Lazada. Ponsel ini dijual mulai Selasa (12/3) dengan jumlah terbatas, 100 unit. Penjualan secara langsung bakal dilakukan pada 30 Maret 2019.

Selain meluncurkan produk terbaru, perusahaan asal Tiongkok itu ternyata juga sudah memiliki rencana lain.

Josef menuturkan pihaknya berencana untuk membuka toko luring resmi di Indonesia. Kehadiran toko resmi ini menarik karena merupakan yang pertama di seluruh dunia.

"Indonesia adalah pasar penting bagi Realme. Kami memiliki rencana membuka toko resmi sejak tahun lalu dan ini merupakan strategi global. Sebagai langkah awal, kami akan memulainya di Indonesia," pungkas Josef.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR