Kriteria server yang dapat diandalkan untuk urusan bisnis

SPONSOR: Lenovo
Ilustrasi kriteria server yang bisa diandalkan
Ilustrasi kriteria server yang bisa diandalkan | Shutterstock

Memilih server yang tangguh dan dapat diandalkan merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis, terutama bagi Anda yang memiliki usaha rintisan digital. Meski begitu, masih ada pebisnis yang mengabaikan spesifikasi serta fitur dari server yang dibeli, dan lebih mementingkan harga yang murah.

Hal tersebut bisa menjadi bumerang yang mengancam kelangsungan bisnis saat server mengalami masalah. Agar terhindar dari masalah di masa mendatang, ada baiknya kenali ciri server yang tangguh dan dapat diandalkan untuk bisnis Anda.

Penyuplai daya dengan standar 80+

Standar 80+ merupakan angka efisiensi yang terdapat pada power supply unit (PSU) yang berarti efisiensi penggunaan daya listrik hingga 80%. Standar 80+ dikembangkan oleh Ecos Consulting pada tahun 2004 dengan tujuan mempromosikan efisiensi energi pada sebuah PSU. Dengan efisiensi di atas 80%, server lebih hemat daya dan melepas panas lebih sedikit sehingga performanya akan tetap optimal.

Dukungan interkoneksi antarserver

Server merupakan induk dari segala komputer yang berfungsi sebagai pengatur sistem jaringan. Kegagalan fungsi pada sebuah server bukan suatu hal yang tidak mungkin terjadi sehingga diperlukan solusi agar sistem jaringan tidak terganggu.

Memilih server dengan dukungan interkoneksi antarserver merupakan salah satu solusi yang bisa dipilih oleh pebisnis sebagai langkah preventif timbulnya gangguan operasional. Saat server mengalami gangguan, sistem iterkoneksi akan melakukan perpindahan tugas dan beban dari satu server ke server lainnya agar sistem tidak terganggu.

Memiliki penyuplai daya cadangan

Saat penyuplai daya atau power supply unit rusak atau bermasalah maka server akan berhenti bekerja yang dapat mengakibat kerugian besar bagi perusahaan meski server hanya down (mati) beberapa menit saja. Hadirnya penyuplai daya cadangan pada server akan menghindarkan para pebisnis dari kerugian.

Spesifikasi tinggi

Spesifikasi yang tinggi menjamin kinerja server lebih lancar dan optimal. Saat ini server kelas atas (enterprise server) seperti Lenovo System x3650 M5 telah menggunakan prosesor Intel Xeon terbaru dengan dukungan hingga 22-core, RAM 1.5TB, dan kapasitas penyimpanan hingga 120TB. Dengan spesifikasi tersebut server dapat menjalankan tugas yang berat tanpa khawatir performanya akan menurun.

SPONSOR: Lenovo
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR