Laris di Indonesia, Samsung permewah penampilan seri J

Samsung Galaxy J7 Prime.
Samsung Galaxy J7 Prime. | Samsung Indonesia

Pada Jumat (18/11), Samsung Electronics Indonesia secara resmi memperkenalkan keluarga baru anggota ponsel Galaxy J yang tampak lebih mewah dengan desain unibody. Mereka adalah Galaxy J7 Prime, J5 Prime, dan J2 Prime, yang secara otomatis menggantikan pendahulunya, seri Galaxy J 2016.

Utamanya kali ini Samsung menekankan pada segi desain, serta peningkatan kapasitas baterai, dan kemampuan kamera.

Biasanya hanya ponsel Samsung kelas atas saja yang diberikan material premium, kali ini seri J Prime juga kebagian. Desain unibody dan Gorilla Glass 2,5D juga untuk pertama kalinya digunakan pada seri J.

"Ternyata kini pasar Indonesia tidak hanya melihat spesifikasi dalam membeli sebuah ponsel, tapi bahan materialnya juga. Metal kami pilih karena dianggap mewakili karakter premium," kata Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, saat acara peluncuran di Hotel Shangri-la Jakarta.

"Ponsel Galaxy J7 dan J5 Prime kami pastikan semakin nyaman dan mudah digenggam tangan. Terlebih bagian kamera yang kini rata dengan bodi."

Keluarga Galaxy J terdahulu (J5, J2, J3, J One Ace) termasuk salah satu ponsel yang paling laris di Indonesia, setidaknya menurut para penjual di Roxy Square dan ITC Roxy Mas kepada Selular.id (4/10).

Alasannya adalah karena diproduksi oleh jenama ternama dan sudah mendukung jaringan 4G meski harganya relatif murah, di kisaran Rp1 juta.

Galaxy J7 Prime

Ponsel ini mengisi seri teratas dengan bentangan layar layar 5,5 inci. Dapur pacunya menggunakan prosesor Exynos 7870 delapan inti 1,6GHz. Segi kamera terdapat, kamera belakang 13 MP dan depan 8 MP.

Sisi memori, tertanam RAM 3 GB, memori internal 32 GB, serta penyimpanan eksternal hingga 128 GB. Kapasitas baterainya 3.300 mAh, dilengkapi fitur ultra power saving, ultra data saving, dan teknologi keamanan pemindai sidik jari di tombol Home.

Galaxy J7 Prime dibanderol dengan harga Rp3,799 juta.

Tampak depan Galaxy J5 dan J7 Prime.
Tampak depan Galaxy J5 dan J7 Prime. | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Galaxy J5 Prime

Kemudian di bawah J7 Prime terdapat J5 Prime, ponsel yang memiliki bentang layar 5 inci. Dapur pacu menggunakan prosesor Exynos 7570 empat inti 1,4GHz.

Untuk kamera belakang, resolusinya sama dengan Galaxy J7 Prime, yaitu 13 MP. Namun kamera belakang turun menjadi 5MP.

Dari sisi memori disediakan RAM 2 GB, memori internal 16 GB, dan kemampuan penyimpanan eksternal hingga 128 GB. Kapasitas baterainya 2.400 mAh, juga dilengkapi fitur ultra power saving, ultra data saving, dan pemindai sidik jari.

Galaxy J5 Prime dibanderol dengan harga Rp2,799 juta.

Baik Galaxy J7 dan J5 Prime mengusung kemampuan dual SIM. Perlu diingat, jika umumnya ponsel unibodi kini hanya memberikan pilihan antara mengisi kartu SIM atau kartu memori di tempat kedua pada SIM tray. Hal ini tidak berlaku di sini, karena samsung memisahkannya.

"Kami merancang inovasi sesuai dengan masukan dari konsumen. Oleh karena itu, Galaxy J Prime series telah disempurnakan sesuai keinginan pengguna," kata Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT and Mobile Business Samsung Electronics Indonesia.

Kedua ponsel di atas dikatakan akan dapat dimiliki mulai akhir November ini.

Bagian belakang Galaxy J7 dan J5 Prime yang kini menggunakan material metal.
Bagian belakang Galaxy J7 dan J5 Prime yang kini menggunakan material metal. | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Galaxy J2 Prime

Untuk yang satu ini, meski disisipkan dalam materi presentasi, namun Samsung kurang detail memperkenalkannya, bahkan tidak tersedia unit demonya. Saat ditanyakan, Samsung beralasan hal ini terkait masalah ketersediaan barang.

"Untuk Galaxy J2 Prime baru akan tersedia bulan depan. Kami tidak ingin terlalu menggembar-gemborkannya karena takut mengecewakan konsumen. Mereka mungkin sudah semangat ke toko ingin membeli tapi belum menemukannya," jelas Vebbyna.

Galaxy J2 Prime mengisi posisi paling buncit dari keluarga J Prime. Ponsel ini dibekali bentang layar 5 inci.

Berbeda dengan dua kakaknya, Samsung mempercayakan prosesor MediaTek MT673T empat inti 1,4GHz. Kamera belakang 8 MP, dan kamera depan 5 MP. Dari sisi memori terdapat RAM 1,5 GB, dan memori internal 8 GB. Untungnya diberikan kemampuan tambahan penyimpanan eksternal hingga 128 GB.

Meskipun ponsel ini memiliki kapasitas baterai 2.600 mAh, yang artinya lebih besar dari J5 Prime, tapi Galaxy J2 Prime tidak disematkan sensor sidik jari.

Galaxy J5 Prime dibanderol dengan harga Rp1,699 juta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR