Lebih dekat dengan Q Founder, Android Wear pertama dari Fossil

Fossil Q Founder, jam tangan Android Wear pertama dari Fossil.
Fossil Q Founder, jam tangan Android Wear pertama dari Fossil. | Fossil

Perusahaan jam tangan Fossil telah meluncurkan jam tangan Android Wear pertamanya, yaitu Fossil Q Founder.

Sebetulnya Q Founder pernah diungkap bulan lalu (22/10/2015), namun detailnya baru dibuka Rabu (25/11/2015) seperti diwartakan GSMArena.

Q Founder memiliki sasis baja dengan ukuran 46mm dan layar yang berbentuk bulat, seperti Motorola Moto 360. Tali untuk jam tangan ini tersedia dalam beberapa pilihan seperti besi dan kulit. Sementara untuk ketahanan, Q Founder diberikan nilai IP67, yang artinya dapat bertahan di air tawar kedalaman 1 meter selama setengah jam.

Baterainya 400mAh, dengan daya tahan yang diklaim oleh Fossil di situs resminya mencapai 24 jam. Paket pembeliannya sudah hadir dengan tempat untuk pengisian daya secara nirkabel. Prosesornya adalah Intel Atom, namun tidak disebutkan tipe yang mana.

Sementara dari segi perangkat lunak, jam tangan Android Wear ini mendukung gawai dengan sistem operasi Android 4.4 ke atas. Sementara gawai Apple yang mendukung adalah iPhone 5 atau lebih baru, dengan iOS 8.2 ke atas.

Ada tiga fitur utama untuk jajaran Fossil Q. Yang pertama adalah Q Activity, fitur ini adalah alat bantu untuk melacak kegiatan penggunanya seperti berjalan, berlari dan melompat. Banyaknya kalori yang dibakar pengguna bisa diukur oleh Fossil Q, lalu bisa dikoneksikan ke aplikasi fitness populer seperti Google Fit, Health, UP dan UA Record.

Selain itu ada juga Q Notifications, yang sesuai namanya akan menampilkan pembaruan media sosial, panggilan telepon dan jadwal penggunanya. Yang terakhir adalah Q Curiosity, sebuah fitur peringatan agar pengguna beristirahat dari rutinitas mereka untuk mencoba aktivitas baru untuk membuka perspektif, kreativitas dan menyegarkan otak.

Fossil Q Founder mulai dijual di beberapa toko Fossil di Amerika Serikat, dengan harga mulai dari USD275 (Rp3,75 juta). Unit yang tersedia adalah tipe dengan tali jam dari besi, sementara pilihan tali jam berbahan kulit masih tercantum "akan datang".

Selain Fossil, produsen jam tangan tradisional lainnya yang sudah menjajal Android Wear adalah Tag Heuer dengan Tag Heuer Connected, dengan harga USD1.500 (sekitar Rp20,5 juta).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR