Mau naik bus Transjakarta? Cek Google Maps dulu

[Kiri ke kanan] Suren Ruhela, Director Google Maps; Shinto Nugroho, Head of Public Policy & Government Relations, Google Indonesia; dan Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transjakarta.
[Kiri ke kanan] Suren Ruhela, Director Google Maps; Shinto Nugroho, Head of Public Policy & Government Relations, Google Indonesia; dan Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transjakarta. | Google

Tak bisa dimungkiri layanan peta Google Maps semakin populer seiring dengan meluasnya penggunaan ponsel pintar. Tak hanya untuk mencari lokasi tertentu, Maps juga banyak digunakan untuk melihat ulasan mengenai suatu tempat seperti restoran, atau sebagai penunjuk jalan ke tujuan.

Google pun terus memperbarui dan menambah kemampuan aplikasi tersebut.

Mulai hari ini (21/7/2016), warga Jakarta bisa melihat rute dan jadwal bus-bus Transjakarta (populer disebut busway) melalui Google Maps. Fitur baru ini tersedia untuk koridor 1 hingga 12 dengan 68 rute, dan tersedia secara real-time hasil kerja sama Google dengan PT Transportasi Jakarta sebagai penyedia data.

"Fitur informasi real-time Transjakarta pada Google Maps ini merupakan yang pertama dihadirkan untuk kawasan Asia Tenggara," ujar Direktur Google Maps Suren Ruhela dalam acara temu media di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Jadwal bus Transjakarta bisa dilihat melalui tab transportasi publik setelah menentukan titik lokasi awal dan tujuan. Sebelumnya, tab transportasi publik hanya menyediakan jadwal statis kedatangan bus di setiap halte. Tentu jadwal statis ini tidak bisa diandalkan mengingat bus bisa saja terhambat lalu lintas padat.

Sebagai contoh, jika Anda hendak melakukan perjalanan dari rumah di Bintaro menuju kantor di Sudirman menggunakan bus Transjakarta, Anda tinggal mengetik kedua lokasi di Google Maps untuk mendapatkan informasi rute dan nomor koridor bus yang harus dinaiki.

Anda juga bisa melihat jam berapa bus akan sampai di halte pilihan, berikut estimasi waktu perjalanan yang akan ditempuh. Jika bus yang akan ditumpangi mengalami keterlambatan, fitur Transit akan secara otomatis memberikan pembaruan waktu kedatangan. Rute yang memiliki informasi real time ditandai dengan warna hijau.

Google mengklaim fitur baru ini memiliki toleransi akurasi 1-2 menit saja.

"Kerjasama ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan Transjakarta karena mereka dapat mengakses informasi yang akurat seputar waktu perjalanan mereka, kapan saja, lewat Google Maps Transit," kata Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta.

Google juga tidak menutup kemungkinan untuk mengintegrasikan Maps dengan jenis transportasi publik lainnya. Syaratnya, armada transportasi itu mesti menggunakan GPS karena ketepatan lokasi tiap armada diperlukan untuk memprediksi waktu tunggu dari para calon penumpang.

Sebelumnya fitur seperti ini sudah ada di beberapa kota besar di Amerika Serikat. Bahkan di New York, Google Maps bisa menyajikan pilihan kombinasi transportasi, seperti bus dengan kereta, untuk mencapai tujuan.

Tangkapan layar fitur transit di Google Maps
Tangkapan layar fitur transit di Google Maps | Beritagar.id

Warga Jakarta yang ingin mengetahui waktu tiba bus Transjakarta via Google Maps, bisa mengikuti tiga langkah ini:

  • Buka aplikasi Google Maps di perangkat Android, iOS, maupun desktop.
  • Masukkan destinasi dan klik ikon berwarna biru di kanan bawah kayar. Setelah diklik, pilih ikon "Transit" (bergambar kereta) untuk melihat waktu tiba, nomor koridor bus, rute, dan informasi lain yang Anda perlukan.
  • Anda juga bisa menambah atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR