Meizu klaim cas baterai 0-100 persen dalam 20 menit

Teknologi Super mCharge dari Meizu
Teknologi Super mCharge dari Meizu | Meizu

Ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona, Spanyol, bukan hanya berisi peluncuran ponsel terbaru. Meizu, seperti dilansir Android Headlines, Selasa (28/2/2017), justru memperkenalkan teknologi pengisian daya baterai secara cepat alias fast charging.

Teknologi tersebut dinamakan Super mCharge. Ini merupakan teknologi generasi keempat yang dikembangkan Meizu, perusahaan gawai asal Tiongkok.

Super mCharge ini menggunakan konektor 11V/5A yang menawarkan daya maksimum hingga 55W. Lalu apa artinya? Seberapa cepat metode pengisian tersebut?

Super mCharge diklaim mampu mencas baterai dari kondisi nol persen hingga 100 persen hanya dalam kurun 20 menit. Dikutip Gadgets360, Meizu mengklaim metode ini lebih cepat dibandingkan VOOC dan teknologi Quick Charge milik para rival.

Selain itu, Super mCharge juga mampu mengisi daya ponsel hingga 30 persen hanya dalam waktu 5 menit. Kemampuan ini dianggap 11 kali lebih cepat dibanding aktivitas cas iPhone 7 Plus dan 3,6 kali lebih cepat dibanding fitur pengisi daya cepat milik Samsung Galaxy S7 Edge.

Di MWC 2017, Meizu mencoba teknologi tersebut pada ponsel dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Baterai terisi 30 persen dalam 5 menit, 60 persen dalam 10 menit, 85 persen dalam 15 menit, dan akhirnya 100 persen dalam 20 menit.

Ini merupakan pencapaian terbesar Meizu. Tidak heran mereka berharap aneka ponsel masa depan akan menggunakan teknologi ini, apalagi mencas baterai berkapasitas 3.000 mAh hingga penuh biasanya membutuhkan waktu lama.

Meizu mengatakan Super mCharge ini sangat aman dan hemat energi. Teknologi ini hanya membutuhkan setengah arus listrik. Alhasil aktivitas Super mCharger membuat ponsel relatif dingin dengan suhu maksimum 39 derajat.

Disebutkan GSMarena bahwa daya baterai akan bertahan hingga 80 persen meski telah dicas dengan Super mCharge sebanyak 800 kali.

Sejauh ini, Meizu belum buka suara kapan teknologi tersebut diterapkan ke perangkat mereka. Namun, spekulasi mengatakan Super mCharge akan disandang ponsel terbaru Meizu PRO 7.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR