Melalui Galaxy M20 Samsung resmi miliki ponsel berponi

Bagian belakang Galaxy M20 yang berisi kamera dual dan sensor sidik jari.
Bagian belakang Galaxy M20 yang berisi kamera dual dan sensor sidik jari. | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Di antara jenama-jenama ponsel Android populer, bisa dikatakan Samsung merupakan nama yang masih menjunjung kaidah-kaidah tradisional. Salah satunya adalah tetap mempertahankan keberadaan lubang headset 3,5mm hingga ke lini premiumnya.

Kemudian, kala tren layar yang memenuhi penampang depan, Samsung pun berusaha mengikuti, tapi enggan merusak tampilan persegi sempurna dengan “poni”, tempat menaruh kamera depan. Setidaknya hal itu bertahan sampai hari ini.

Samsung Indonesia telah meluncurkan sebuah lini ponsel baru dengan ponsel Galaxy M20 sebagai koleksi perdana.

Ponsel ini menggebrak kaidah tradisional Samsung dengan mengusung layar penuh, meski kompensasinya berupa “gangguan” di tampilan layar.

Melalui produk ini, dengan bangga Samsung memperkenalkan rasio layar baru yang disertai dengan poni yang mereka sebut dengan nama Infinity-V.

Samsung Galaxy M20 datang ke Indonesia membawa tiga keunggulan. Pertama adalah jelas layar rasio baru. Lalu, dua kamera belakang yang kali ini berkonfigurasi kamera utama dan lensa lebar. Ketiga, baterai jumbo berukuran 5.000mAh.

Berbicara mengenai layarnya, jika dihitung tanpa mengindahkan poni, ukuran layar ini mencapai 6,3 inci. Sedangkan jika ikut diperhitungkan luas penampang layar, angka ini turun menjadi 6,2 inci. Bukan panel AMOLED yang dibawa, melainkan panel LCD biasa beresolusi FullHD+.

Senior Product Marketing Manager IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar. menuturkan alasan di balik mengapa akhirnya Samsung ikut terjun ke pasar ponsel berponi dalam acara perkenalannya di Jakarta, Selasa (12/2).

“Samsung terus mengikuti perkembangan pasar, salah satunya desain ponsel. Konsumen ingin ponsel dengan layar besar, tetapi tetap handy. Oleh karena itu, melalui Infinity-V Galaxy M20 dapat menyajikan tampilan layar dengan ratio-to-body 90 persen.”

Tampak depan ponsel Galaxy M20.
Tampak depan ponsel Galaxy M20. | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Selvia juga mengunggulkan keberadaan sertifikasi Widevine L1. Sertifikasi ini adalah sebuah standar yang dimiliki Google, beroperasi sebagai skema enkripsi untuk secara aman mendistribusikan konten video ke gawai konsumen atau sederhananya menghindari pembajakan. Ada tiga tingkat Widevine, tetapi untuk mengakses video resolusi HD (720p) ke atas membutuhkan L1.

Jadi, dengan sertifikasi Widevine L1, Galaxy M20 mampu memutar konten video misalnya dari layanan Netflix hingga resolusi HD sekalipun.

Sebab, ada sejumlah kasus sebelumnya, ponsel yang mumpuni perangkat kerasnya ternyata tidak dapat memutar konten video HD dari layanan pengaliran video karena ketiadaan sertifikasi Widevine.

Butir berikutnya adalah kamera yang mana kali ini Samsung memberikan konsep berbeda. Kamera utamanya beresolusi 13MP AF (f/1,9) + 5MP (f/2,2) dan kamera depan 8MP FF (f/1,9).

“Jika biasanya kamera dual itu ada untuk mengakomodasi fitur bokeh, M20 hadir dengan kombinasi lensa utama untuk penangkapan rendah cahaya dan lensa Ultra-wide untuk tangkapan yang luas, hingga 120 derajat,” kata Selvia.

Namun, bukan berarti ponsel ini tidak bisa menghasilkan foto dengan latar buram. Galaxy M20 tetap dapat memberikannya hanya saja melalui manipulasi perangkat lunak. Dengan kata lain fitur Live Focus di sini tidak bisa diatur tingkat keburamannya setelah foto diambil.

Lalu, baterai juga menjadi sorotan karena kali ini Samsung memberikan kapasitas besar ke ponsel dengan bodi yang tidak tebal (8,8mm).

“Kami juga melihat segmen pengguna feature phone. Mereka tidak mau pindah ke smartphone karena baterainya cepat habis. Berarti ada segmen pengguna yang melihat baterai sebagai hal yang paling penting. Maka dari itu kami hadirkan Galaxy M,” terang Selvia.

Dengan kapasitas 5.000mAh Samsung mengklaim ponsel ini dapat mengakomodasi waktu bicara hingga 28 jam tanpa berhenti, 17 jam menonton video, dan 100 jam pemutaran musik.

Untungnya Galaxy M20 dibekali fitur pengisian daya cepat berantarmuka USB Tipe-C, berikut aksesorinya dalam paket penjualan.

Ponsel yang memiliki spesifikasi prosesor delapan inti Exynos 7904, RAM 3GB dan memori internal 32GB ini dibanderol dengan harga Rp2,799 juta. Sebuah posisi dalam pasar yang sudah padat pemainnya.

Melalui Galaxy M20, Samsung Indonesia juga menyatakan langkahnya dalam bersaing secara digital. Maksudnya adalah kini Samsung juga mulai serius garap ponsel yang promosi dan penjualannya difokuskan secara daring.

Langkah ini terlihat dari dibukanya toko daring di situs resmi Samsung Indonesia pada bulan lalu.

Bagi yang berminat, Samsung membuka penjualan perdananya melalui sistem penjualan kilat di tiga e-dagang populer, yaitu Lazada.co.id, JD.ID, dan Blibli.com. Pembeli yang bertransaksi antara tanggal 14 Februari sampai 21 Februari 2019 akan mendapat penawaran spesial dari Samsung.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR