Membandingkan Galaxy Tab S3 dengan iPad Pro

Samsung Galaxy Tab S3 yang mendukung aksesori S Pen dan papan ketik nirkabel.
Samsung Galaxy Tab S3 yang mendukung aksesori S Pen dan papan ketik nirkabel. | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Enam bulan berselang sejak perilisan globalnya di acara tahunan Mobile World Congress 2017, akhirnya Samsung Indonesia baru meluncurkan sabak (tablet) tersebut ke Tanah Air.

Langkah ini termasuk berani, mengingat laporan IDC menunjukkan bahwa penjualan gawai sabak kian menurun. Pada Q4 2016, IDC melaporan bahwa penjualan turun hingga 20 persen. Sementara Strategic Analytics melaporkan penurunan hingga 10 persen. Demikian dilansir dari laman Tech Crunch (21/3).

Denny Galant, IT & Mobile Product Marketing Head Samsung Electronics Indonesia mengatakan bahwa mereka tidak melihat gawai sebagai individual, tapi gawai merupakan bagian dari ekosistem Samsung.

"Tablet tak bisa menggantikan perangkat lain. Demikian juga dengan perangkat lain seperti smartphone yang akan menggantikan tablet. Ada momen pengguna membutuhkan tablet dan keyboard nirkabel untuk produktivitas dan hiburan, tapi ada momen pengguna membutuhkan smartphone," tutur Denny dalam acara peluncuran Samsung Galaxy Tab S3 di Jakarta, Rabu (2/8).

Samsung Galaxy Tab S3 hadir dalam desain kaca premium dengan klaim performa CPU 18 persen lebih cepat dan GPU 3 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan pendahulunya.

Tapi apakah sabak tersebut sebanding dengan iPad Pro yang baru diluncurkan dengan ukuran layar 10.5 inci?

Terlihat kedua sabak tersebut menyasar target pasar yang sama, yakni pengguna yang suka menggambar atau mengetik dengan gawai yang lebih ringkas ketimbang laptop.

Berikut beberapa poin persamaan dan perbedaan dari Galaxy Tab S3 lawan iPad Pro.

Layar

Dari ukuran layar hingga kualitas tampilan, baik iPad Pro baru maupun Samsung Galaxy Tab S3 berbeda dalam banyak hal.

iPad Pro terbaru sekarang hadir dalam layar LCD IPS 10,5 inci yang ideal sebagai kanvas digital dengan tambahan teknologi true tone sehingga tampilan warna terlihat sebenarnya dalam lingkungan pencahayaan apapun.

Samsung memasang Tab S3 dengan layar Super AMOLED 9,7 inci. Ukuran yang digunakan oleh varian terkecil iPad Pro sebelumnya, juga menjadi ukuran standar iPad reguler.

Namun keduanya mengusung aspek rasio layar yang sama yaitu 4:3, yang lebih mengotak.

Kinerja

Jelas sistem operasi keduanya berbeda, juga prosesornya. Galaxy Tab S3 didukung oleh cip Snapdragon 820, sementara iPad Pro mengakomodasi Apple A10X Fusion sebagai prosesornya.

Samsung memberikan kapasitas penyimpanan 32GB, dengan dukungan kartu memori hingga 256GB. Seperti tradisi, iPad Pro hadir dalam tiga pilihan kapasitas memori yakni 64GB, 256GB dan 512GB namun tanpa dukungan memori tambahan. Kedua perangkat tersebut hadir dengan RAM 4GB.

Kamera

Samsung Galaxy Tab S3 memiliki kamera utama 13MP yang dapat merekam video 2160p pada 30fps, dan kamera depan 5MP. Apple di sini dapat dikatakan mengalahkan Samsung meski dengan kamera utama 12MP namun kamera depannya beresolusi 7MP.

Apple telah memberikan kemampuan untuk merekam video 4K, sedangkan Tab S3 belum.

Tab S3 memiliki empat speaker hasil kolaborasi dengan perusahaan audio ternama AKG.
Tab S3 memiliki empat speaker hasil kolaborasi dengan perusahaan audio ternama AKG. | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Suara & Daya Tahan Baterai

Baik Samsung Galaxy Tab S3 maupun Apple iPad Pro memiliki 4 speaker stereo. Dalam pengembangannya, Samsung bekerja sama dengan AKG, produsen mikrofon berbasis di Austria.

Bicara mengenai klaim daya tahan baterai, Samsung memenangi kategori ini dengan klaim daya tahan baterai lebih lama, sekitar 12 jam. Sedangkan Apple mengklaim daya tahan iPad Pro 10 jam.

Pengalaman pengguna

Inilah poin yang membuat keduanya berada di pasar yang sama. Mereka berdua menawarkan aksesori papan ketik yang dapat dilepas dan juga mendukung aksesori pihak ketiga. Harapannya adalah baik Galaxy Tab S3 maupun iPad Pro dapat menjadi solusi lebih praktis dari sebuah laptop.

Tapi keduanya tidak menyertakan aksesori ini dalam paket penjualan alias harus dibeli dengan tambahan uang.

Samsung S Pen.
Samsung S Pen. | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Untuk urusan menggambar, Samsung lebih murah hati karena telah menyertakan S Pen dengan segala kelebihannya dalam paket penjualan. Apple lebih "pelit" karena pengguna harus membeli Apple Pencil secara terpisah.

Selain itu, pena Apple harus di cas dalam penggunaan, sesuatu yang tidak diperlukan oleh pena S Pen.

Hadir dalam dua varian warna yakni perak dan hitam, Galaxy Tab S3 dijual dengan harga Rp10 juta dan sudah bisa dibeli sejak akhir Juni 2017.

Aksesori papan ketik nirkabel POGO dapat dibeli secara terpisah dengan harga Rp1,5 juta.

Untuk Apple iPad Pro 9,7 atau 12,9 inci di Indonesia dijual resmi dengan harga mulai Rp12 juta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR