Mengenal lebih jauh perbedaan Samsung Galaxy Note10 & Galaxy Note10+

SPONSOR: SEIN
Samsung Galaxy Note10 dan Galaxy Note10+
Samsung Galaxy Note10 dan Galaxy Note10+ | /Shutterstock

Samsung Mobile Indonesia baru saja merilis produk terbaru dari lini Galaxy Note. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini Samsung meluncurkan dua varian Galaxy Note sekaligus, yakni Galaxy Note10 dan Galaxy Note10+.

Galaxy Note10 series dihadirkan untuk meneruskan kesuksesan Galaxy Note9 yang dirilis tahun lalu, tentunya dengan membawa perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan pendahulunya tersebut.

Meski terlihat identik, spesifikasi Galaxy Note10 dan Galaxy Note10+ memiliki sedikit perbedaan. Lalu, apa saja yang membedakan kedua ponsel tersebut? Silakan simak perbandingan di bawah ini.

Desain

Galaxy Note10 memiliki ukuran layar 6.3 inci dengan resolusi 1080p. Sedangkan Galaxy Note10+ mengusung layar 6.8 inci dengan resolusi 1440p, lebih besar dan juga lebih tajam. Selama ini, Galaxy Note memang identik dengan ukurannya yang besar, namun hadirnya Galaxy Note10 yang berukuran lebih kompak menghadirkan pilihan baru bagi penggguna.

Selain perbedaan ukuran, Galaxy Note10 series juga memiliki perbedaan pilihan warna untuk pasar Indonesia. Keduanya, menawarkan pilihan warna Aura Glow yang menjadi favorit tahun ini, serta Aura Black yang netral. Namun, pada varian Galaxy Note10+ terdapat tambahan pilihan warna Aura White.

Sama dengan perangkat Galaxy Note lainnya, Galaxy Note10 series juga dilengkapi dengan S Pen yang tertanam di dalam bodi perangkat. Namun, S Pen di Galaxy Note10 kini dilengkapi sensor gyroscope yang mendukung gestur berbasis gerakan tangan bernama Air Action.

Dengan S Pen baru ini, pengguna dapat mengendalikan perangkat tanpa menyentuh layar, seperti untuk mengambil gambar, mengganti mode kamera, hingga memperbesar atau memperkecil gambar hanya menggunakan gestur.

Samsung Galaxy Note10 series dilengkapi dengan tiga lensa kamera di bagian belakangnya, yakni lensa wide beresolusi 12MP, telephoto 12MP, dan ultrawide 16MP. Sedangkan kamera depannya hanya satu dengan resolusi 10MP.

Meski memiliki spesifikasi kamera yang sama, Galaxy Note10+ memiliki sedikit keunggulan pada kamera utamanya karena memiliki satu lensa tambahan yaitu Time of Flight (TOF) 3D VGA camera.

Fungsi kamera tambahan tersebut bukan untuk mengambil foto, melainkan untuk mengukur jarak objek yang difoto serta memberikan informasi kedalaman (depth) kepada sensor utama sehingga dapat menghasilkan foto dengan akurasi lebih baik, khususnya pada mode Live Focus (bokeh).

Hasilnya, bokeh di sekeliling objek foto terisolasi dengan baik sehingga terlihat lebih bagus, selayaknya foto yang dihasilkan oleh kamera profesional.

Selain kemampuan mengambil foto yang baik, Galaxy Note10 series juga memiliki kemampuan videografi yang mumpuni. Untuk pertama kalinya, Samsung menyematkan fitur Zoom-in mic yang memungkinkan perekaman suara video terfokus pada objek yang diperbesar.

Selain itu, Galaxy Note10 series juga dilengkapi kemampuan untuk merekam video bokeh (Live Focus) yang membuat hasil perekaman video selayaknya kamera profesional.

Video-video yang direkam menggunakan Galaxy Note10 series juga dapat disunting dengan mudah dengan video editor yang tertanam di dalamnya. Hadirnya S Pen juga membuat proses editing semakin mudah dan akurat.

Performa

Untuk varian yang dipasarkan di Indonesia, Galaxy Note10 series menggunakan prosesor Samsung Exynos 9825 dengan fabrikasi 7nm yang sangat bertenaga dan efisien dalam konsumsi daya baterai.

Meski menggunakan jenis prosesor yang sama, ada perbedaan pada kapasitas RAM yang disematkan. Galaxy Note10 memiliki RAM 8GB sedangkan Galaxy Note10+ menggunakan RAM 12GB.

Untuk penggunaan ringan sehari-hari, perbedaan kapasitas RAM tersebut tidak akan begitu terasa. Namun, saat perangkat membutuhkan resource yang besar, misalnya saat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan atau saat bermain game berat, perangkat dengan RAM lebih besar akan lebih diuntungkan.

Dengan kapasitas RAM yang lebih besar, performa saat bermain game akan terasa lebih lancar dan aplikasi-aplikasi yang berada di background saat multiaksi akan tetap berjalan tanpa takut terhenti atau reload.

Samsung DeX

Galaxy Note10 series didesain untuk membantu penggunanya lebih produktif, salah satunya dengan kehadiran fitur Samsung DeX. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengubah tampilan PC/Laptop menjadi seperti smartphone hanya dengan menghubungkan perangkat dengan kabel data.

Melalui Samsung DeX pengguna dapat menjalankan berbagai aplikasi yang ada di perangkatnya dan melakukan transfer data secara lebih cepat dan mudah.

Memori penyimpanan

Galaxy Note10 dipasarkan dengan kapasitas penyimpanan sebesar 256GB dan tidak ada opsi untuk menambah memori penyimpanan eksternal. Kapasitas 256GB tergolong cukup besar untuk pengguna pada umumnya.

Sebagai ilustrasi, memori 256GB dapat menyimpan sekitar 14.000 foto, 640 menit video full HD, 16.000 lagu, dan dokumen sebesar 64GB secara bersamaan.

Sedangkan Galaxy Note10+ dipasarkan dengan dua pilihan kapasitas memori yaitu 256GB dan 512GB. Selain itu, Galaxy Note10+ juga memiliki slot dual-sim hybrid sehingga dapat ditambahkan memori penyimpanan eksternal ketika memori internal sudah penuh.

Baterai

Perbedaan terakhir di antara keduanya adalah kapasitas baterai. Dengan ukuran lebih kompak, sudah sewajarnya jika Galaxy Note10 memiliki kapasitas baterai lebih kecil dibandingkan Galaxy Note10+.

Galaxy Note10 dibekali baterai berkapasitas 3.500mAh dan Galaxy Note10+ 4.300mAh. Perbedaan kapasitas baterai keduanya sekitar 20 persen. Meski begitu, bukan berarti ketahanan baterai keduanya akan berbeda sangat jauh.

Perlu dicatat bahwa Galaxy Note10 memiliki layar lebih kecil dan resolusi yang sedikit lebih rendah, sehingga konsumsi daya baterainya pun akan lebih hemat jika dibandingkan Galaxy Note10+ yang berukuran besar.

Nah, itu dia review Galaxy Note10 series yang dipasarkan resmi di Indonesia. Dari hasil komparasi di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone memiliki target pengguna yang sedikit berbeda.

Galaxy Note10 yang memiliki ukuran lebih kecil merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin merasakan fitur-fitur terbaik dari Galaxy Note10 series namun menyukai smartphone dengan desain ringkas.

Sedangkan Galaxy Note10+ cocok bagi pengguna yang membutuhkan layar lebih besar untuk kebutuhan multiaksi, multimedia, serta menginginkan smartphone dengan fitur lengkap yang tak kenal kompromi. Beli Samsung Galaxy Note10 atau Beli Samsung Galaxy Note10+ dari situs web resmi Samsung Indonesia.

SPONSOR: SEIN
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR