INOVASI TEKNOLOGI

Penggunaan teknologi baru WiFi 6 di iPhone 2019

Ilustrasi iPhone 2019
Ilustrasi iPhone 2019 | Pixabay

Meski iPhone terbaru diperkirakan baru hadir dalam beberapa bulan mendatang, Blaine Curtis, analis dari Barclays mengungkapkan bahwa akan ada teknologi baru di iPhone yang akan datang, salah satunya iPhone XI atau iPhone 11.

Dalam CES 2019 yang berlangsung di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Curtis menyebutkan pada Mac Rumors (11/1/2019), bahwa iPhone 11 akan menggunakan teknologi WiFi 6 sebagai standar terbaru.

Wi-Fi 6 atau dikenal dengan standar 802.11ax adalah penerus WiFI 5 atau 802.11ac yang sudah digunakan Apple sejak tahun 2014. Standar baru ini dijadwalkan meluncur pada 2019.

WiFi memiliki sejumlah nomor versi. Sebagai contoh, WiFi 4 merupakan versi dari 802.11n muncul pada tahun 2009. WiFi 5 merupakan versi 802.11ac yang muncul pada 2014. Demikian juga WiFi 6 merupakan versi terbaru yang dikenal dengan 802.11ax dan dijadwalkan akan meluncur pada 2019 ini.

Skema penamaan tersebut dikritik oleh Tyler Lee dari Ubergizmo, karena dianggapnya malah membingungkan pengguna.

Pada dasarnya, pembaruan standar tersebut akan menghadirkan kecepatan data yang lebih tinggi hingga 40 persen, peningkatan kapasitas kinerja yang lebih baik di lingkungan padat penduduk, serta peningkatan efisiensi daya untuk menghemat baterai di ponsel, sabak, dan perangkat lainnya.

Untuk mengatasi kepadatan perangkat dalam satu wilayah itu, WiFi 6 memiliki beberapa trik. Pertama, WiFi 6 mampu membagi saluran nirkabel menjadi sejumlah sub-saluran yang banyak. Masing-masing saluran mampu membawa data tepat ke perangkat tujuan. Ini berkat teknologi OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access).

Kedua, setiap akses WiFi dapat berbicara dengan lebih dari satu perangkat secara bersamaan. WiFi 6 juga meningkatkan kemampuan MIMO (Multiple In/Multiple Out) dengan menambahkan sejumlah antena tambahan sehingga setiap akses jaringan mampu berbicara dengan multi perangkat secara bersamaan.

Jika dengan WiFi 5, setiap akses jaringan dapat berbicara dengan perangkat lain secara bersamaan, namun tidak dapat menerima respon secara bersamaan. Dengan WiFi 6, kemampuan multi user MIMO (MU MIMO) lebih ditingkatkan.

"WiFi 6 menjanjikan kecepatan yang lebih cepat, jangkauan yang lebih besar, peningkatan kapasitas, latensi yang berkurang, keamanan yang lebih tinggi, dan koneksi awal yang lebih cepat ke jaringan." kata Wi-Fi Alliance, dipetik dari Trustedreviews (11/1).

Salah satu fitur dari WiFi 6 juga target 'wake time' yang dirancang untuk membantu membuat radio WiFi di perangkat kita menjadi lebih pintar di mana ia akan tahu kapan harus tidur dan kapan harus bangun, sehingga mampu menghemat perangkat.

Standarisasi baru ini dikabarkan akan siap pada tahun 2019, walau belum terdengar tanggal pastinya. Teknologi ini diklaim sangat cocok untuk pengguna yang memiliki banyak produk pintar yang terhubung dengan internet.

Apple adalah salah satu produsen perangkat pertama yang mengadopsi 802.11ac pada tahun 2014 sehingga perusahaan ini dikenal sebagai pengadopsi awal teknologi WiFi baru. Saat inibelum banyak router 802.11ax tersedia, tetapi diprediksi akan lebih banyak pada tahun depan.

Teknologi WiFi 6 juga akan mengganti kekurangan modem 5G di handset iPhone tahun ini. Apple seperti diwartakan sebelumnya akan menunda konektivitas 5G hingga 2020 karena sejumlah alasan.

3 iPhone baru di 2019

Kurang sukses dengan penjualan seri iPhone yang baru saja diumumkan akhir 2018, Apple dikabarkan sedang bersiap untuk kembali meluncurkan tiga seri perangkat baru pada akhir 2019 ini, menurut Wall Street Journal (11/1).

Salah satu pembaruan penting pada gawai terbaru itu nantinya adalah jumlah dan fitur kamera yang digunakan.

Pada 2018, iPhone XS dan XS Max masing-masing memiliki dua lensa kamera utama yang memungkinkan zoom lebih detail dan mode "portrait" lebih baik. Sementara itu, iPhone XR, hanya memiliki satu kamera utama serta layar LCD yang dibanderol dengan harga yang lebih murah dari kedua seri lainnya.

Apple berencana untuk memperkenalkan beberapa fitur kamera baru seperti tiga kamera belakang untuk model high-end dan kamera belakang ganda untuk dua model lainnya. Penambahan kamera ini diharapkan dapat menawarkan foto berkualitas yang lebih baik.

Menurut laporan tersebut, Apple juga mungkin akan berhenti menggunakan layar LCD di iPhone pada tahun 2020 dan menggantinya ke layar OLED karena membuat gambar lebih terang dan tajam dibandingkan LCD.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR