Perjalanan Airbnb berawal dari ketidakmampuan pendiri membayar sewa apartemen

Ilustrasi sejarah Airbnb
Ilustrasi sejarah Airbnb
© Shutterstock

Bagi para pelancong yang berencana untuk berlibur dalam jangka waktu lama atau bepergian dengan bujet terbatas, situs Airbnb merupakan "sahabat baik" mereka. Airbnb menawarkan pengalaman hidup sebagai masyarakat lokal kepada para pelancong dengan tinggal bersama di rumah penduduk setempat.

Tak hanya lebih dekat dengan penduduk lokal, satu hal yang membuat Airbnb menjadi favorit para pelancong adalah situs ini menawarkan harga penginapan yang beragam yang sesuai dengan bujet pelancong. Mulai dari penginapan sederhana hingga apartemen yang cukup mewah bisa Anda dapatkan melalui aplikasi ini.

Airbnb merupakan layanan yang dapat membantu Anda untuk menyewa tempat menginap ataupun menyewakan rumah Anda untuk orang lain. Terdapat lebih dari 2 juta rumah di 190 negara lebih bisa Anda pilih. Ya, Anda tak hanya bisa menyewa tempat, tetapi juga bisa menyewakan tempat tinggal yang Anda miliki.

Perusahaan yang dibangun oleh Brian Chesky dan rekannya Joe Gebbia dibangun dari ide sederhana, yakni mencari uang untuk membayar sewa apartemen mereka. Pada 2007, kedua sahabat tersebut tidak punya biaya untuk membayar sewa apartemen mereka. Tidak kehabisan akal, akhirnya mereka menyulap sebagian ruang apartemen mereka menjadi tempat menginap.

Ide menyewakan sebagian apartemen mereka pun seolah didukung semesta karena pada saat itu sedang ada konferensi besar di San Francisco yang membuat sebagian besar penginapan penuh. Untuk melengkapi ruangan tersebut, mereka pun membeli tiga buah kasur tambahan dan memberikan layanan sarapan bagi penyewa.

Akhirnya, mereka pun membuat situs sederhana untuk menawarkan "penginapan" mereka. Tiga orang penyewa yang membayar US$80 datang sebagai pelanggan pertama. Setelah momen tersebut, mereka banyak mendapatkan surel dari pelancong di berbagai negara. Kemudian, Nathan Blecharczyk, hadir untuk membantu Brian dan Joe menjalankan ide bisnis penginapan yang mereka buat.

Saat merintis Airbnb, mereka pun tak lepas dari masalah keuangan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ketiganya mencari pemasukan dengan cara menjual sereal yang dibungkus dengan kemasan kartun Obama dan Mc Cain seharga US$40.

Penjualan sereal tersebut, berhasil meraih keuntungan senilai US$30.000 dan Airbnb mendapatkan banyak perhatian dari media-media di Amerika, seperti CNN, Good Morning America (GMA) dan lainnya.

Setelah mendapatkan keuntungan, sebuah perusahaan inkubator bisnis Y Combinator tertarik berinvestasi di Airbnb. Pada 2009, nama Airbedandbreakfast.com berubah menjadi Airbnb.com dan layanannya berkembang dari sekadar menyewakan kamar kosong menjadi bisnis penyewaan rumah, apartemen, kastil, hingga rumah pohon.

Perjalanan bisnis Airbnb berlanjut, mereka juga berhasil mendapatkan pendanaan seri A pada November 2010 oleh Greylock Partners and Sequoia Capital senilai US$7,2 juta. Pada Februari 2011 Airbnb tembus 1 juta reservasi pertama dan pada 2012 meningkat menjadi 10 juta reservasi.

Kini, Airbnb menjadi perusahaan teknologi yang paling diperhitungkan. Meski tidak memiliki latar belakang teknologi, di bawah kepemimpinan Brian, Airbnb telah digunakan lebih dari 60 juta orang. Nilai perusaahaan ini pada 2016 mencapai US$25 miliar dan kekayaan Brian sendiri ditaksir mencapai US$3,3 miliar.

Sosok Brian membuktikan untuk mendirikan perusahaan rintisan dapat dilakukan meski tidak memiliki latar belakang teknologi. Dalam mewujudkannya Anda bisa mencari para profesional untuk melakukan pemprograman, desain, perencanaan, dan pemasaran.

Keberhasilan Airbnb tentu tak lepas dari infrastruktur vital bisnis yang tak luput dari perhatian. Untuk memulai bisnis yang mengandalkan situs dan aplikasi, server merupakan senjata utama Anda agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman menggunakan aplikasi atau situs Anda dengan lancar. Jangan sampai bisnis Anda jadi taruhan hanya karena Anda tidak memperhatikan pemilihan server yang sesuai dengan bisnis Anda.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.