Philips Hue, lampu pintar dengan 16 juta warna

Demonstrasi pengontrolan lampu pintar Philips Hue dengan menggunakan sebuah tablet di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, pada Senin (20/5/2019).
Demonstrasi pengontrolan lampu pintar Philips Hue dengan menggunakan sebuah tablet di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, pada Senin (20/5/2019). | Indra Rosalia /Beritagar.id

Zaman sekarang, perangkat cerdas tak hanya ponsel. Alat sesederhana lampu pun sudah ada versi cerdasnya. Produsen elektronik Philips Indonesia meluncurkan Hue, sebuah lampu pintar yang memiliki kombinasi 16 juta warna.

Philips Hue disebut lampu pintar karena gawai ini menggunakan jaringan nirkabel yang memungkinkan penggunanya terhubung, mengelola, dan mengendalikan pencahayaan dari jarak jauh menggunakan ponsel.

Selain dengan ponsel, pencahayaan juga dapat diselaraskan dengan perangkat lain, seperti televisi, unit audio, dan konsol gim.

Dengan sistem terintegrasi nirkabel, mati-hidupnya lampu bisa diotomatisasi sesuai dengan jadwal yang diinginkan. Misalnya, lampu mati saat jam tidur pengguna dan menyala kembali pada jam pengguna sudah terbangun.

"Jika dihubungkan ke aplikasi email atau layanan chat, maka ketika ada notifikasi email ataupun pesan masuk, Philips Hue bisa diatur untuk berkedip ataupun berubah warna,” ujar Indah Suzanti, Product Marketing Manager Philips Indonesia dalam acara peluncuran Philips Hue di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, pada Senin (20/5/2019).

Indah mengklaim bahwa lampu ini bukan sekadar alat untuk menerangi ruangan, tapi juga mendukung suasana hati penggunanya dengan berbagai warna yang dapat ditampilkan.

Dari segi perangkat lunak, ada 700 aplikasi yang bisa mengendalikan Philips Hue. Salah satunya adalah Hue Disco. Jika pengguna memutar lagu melalui speaker, warna cahaya pada lampu akan mengikuti irama.

Philips Hue juga mencoba memanjakan penggunanya dengan fitur perintah suara melalui Google Home dan alat perintah suara lainnya. “Ok Google, turn on the lamps,” demikian contoh perintah suara yang berlaku untuk Philips Hue.

Lampu yang diklaim bisa bertahan hingga 20 ribu jam ini terdiri dari tiga tipe dengan berbagai bentuk ukuran dan model.

Tipe pertama adalah Hue Bulb E27 yang mudah dikendalikan dan nyaman, lalu ada Hue Lightstrip untuk cahaya yang nyaman dan hangat sampai ke putih sejuk untuk menemani aktivitas sehari-hari, dan Hue Go untuk mendapatkan pengalaman cahaya yang lebih dramatis.

Untuk mengoperasikan Philips Hue, pengguna perlu memasang bola lampu ke fitting yang ada dan menyalakannya melalui saklar dinding. Selanjutnya, pasang Bridge, alat untuk menghubungkan lampu dengan router Wi-Fi. Perangkat Bridge bisa didapat melalui pembelian paket Philips Hue Bulb Starter Kit yang berisi 3 Hue Bulb dan satu Bridge.

Setelah itu, pengguna harus meng-install aplikasi Philips Hue yang tersedia untuk iPhone dan ponsel Android. Melalui aplikasi ini, lampu bisa dihubungkan dengan Bridge dan siap dikontrol. Tentu saja jaringan Wi-Fi di rumah tetap harus tetap menyala agar pengguna bisa mengontrol Philips Hue dari mana saja dan kapan saja.

Selain lewat ponsel, Philips Hue juga dapat dikontrol melalui saklar biasa, juga dengan smart control melalui perangkat dimmer switch.

Philips Hue tersedia dengan harga mulai dari Rp450 ribu hingga Rp2,5 juta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR