GAWAI TERKINI

Pixel 3 keluaran Google masih mengandalkan kehebatan kamera

Google mendemonstrasikan Google Home Hub (kiri) baru, Google Pixel Slate (tengah) dan Google Pixel 3 & Pixel 3 XL (kanan) dalam peluncuran resmi di New York, Amerika Serikat, Selasa (9/10/2018).
Google mendemonstrasikan Google Home Hub (kiri) baru, Google Pixel Slate (tengah) dan Google Pixel 3 & Pixel 3 XL (kanan) dalam peluncuran resmi di New York, Amerika Serikat, Selasa (9/10/2018). | Alba Vigaray /EPA-EFE

Tidak ada lagi bocoran! Itulah kata-kata yang pantas diucapkan saat peluncuran ponsel Pixel terbaru, Pixel 3 dan Pixel 3 XL sebagaimana dilansir CNET, Selasa (9/10/2018). Peluncuran seolah menggenapi bocoran yang sudah berseliweran di ranah maya beberapa waktu belakangan.

Raksasa teknologi internet itu seperti tidak ambil pusing meski layanan jejaring sosialnya, Google+, akan ditutup bagi publik umum menyusul laporan kebocoran data yang melibatkan 500.000 penggunanya. Acara peluncuran tetap berjalan.

Namun begitu, tidak ada yang istimewa dari perangkat terbaru Google Pixel. Ia masih mengandalkan kehebatan kamera dan kecerdasan buatannya (artificial intelligence/AI).

Tidak begitu jauh berbeda dengan Pixel edisi tahun lalu, baik Pixel 3 maupun Pixel 3 XL tetap menggunakan kamera berlensa tunggal dengan resolusi 12,2MP. Padahal ponsel flagship lain sudah menggunakan kamera ganda, bahkan hingga tiga dan empat lensa.

"Kami mendesain kamera terbaik di dunia dan memasangnya pada ponsel yang paling bermanfaat di dunia," ujar Chief Hardware Google, Rick Osterloh, dalam acara peluncuran di New York City, Amerika Serikat (AS).

Hingga saat ini, Pixel 2 masih mendapat pujian karena kualitas hebat kameranya. Dan Google tampak ingin memelihara pujian itu dari Pixel 3. Bahkan mereka membenamkan sejumlah fitur anyar untuk meningkatkan performa kameranya.

Pixel 3 dan Pixel 3 XL menawarkan peningkatan HDR+ yang mampu memberikan detail lebih lanjut dalam bayang-bayang. Toms Guide (9/10) menulis itu disebabkan oleh cip yang dirancang khusus.

Ada juga fitur AI baru bernama Top Shot yang secara otomatis dapat menangkap banyak gambar dan kemudian merekomendasikan bidikan terbaik.

AI akan memilih foto terbaik dengan mempertimbangkan berbagai hal; seperti senyum, mata terbuka, dan posisi wajah. Photobooth juga akan membantu para pengguna Pixel 3 untuk menghasilkan swafoto lebih baik dan membantu memilih yang terbaik.

Ada juga fitur Super Res Zoom yang bisa menangkap gambar dengan mode zoom tanpa harus menggunakan lensa tele. Walau demikian hal itu bisa terjadi karena ada dukungan perangkat lunak.

Sementara, fitur Night Sight dirancang untuk mengambil foto pada malam hari tanpa harus menggunakan lampu kilat. Fitur ini akan dimutakhirkan pada bulan depan.

Beritagar.id pun membandingkan kehebatan kamera iPhone XS dengan Pixel 3. Hasilnya, kamera Pixel 3 lebih terang daripada iPhone.

Perbandingan hasil foto iPhone XS dengan Pixel 3
Perbandingan hasil foto iPhone XS dengan Pixel 3 | Google

Momen bidikan yang tepat juga bisa dipicu oleh ekspresi para pengguna. Misalnya ketika membuat wajah lucu, mengedipkan mata, tersenyum, dan menjulurkan lidah.

Pixel 3 dan Pixel 3 XL mempunyai layar lebih besar ketimbang pendahulunya. Ini terwujud lantaran bezel yang lebih tipis.

Pixel 3 XL menggunakan layar OLED 6,3 inci, sementara Pixel 3 menggunakan layar 5,5 inci. Namun dimensi ponsel secara keseluruhan masih sama dengan Pixel 2 dan 2 XL.

Yang menjadi perbedaan antara Pixel 3 dan Pixel 3 XL adalah poni (notch) yang digunakan. Pixel 3 XL memiliki poni, sedangkan Pixel 3 sebaliknya.

Urusan performa, Gagdets360 (9/10) menyebutkan bahwa dua perangkat Pixel 3 itu masih mengandalkan cip yang sama dengan Pixel terdahulu. Mereka memakai Snapdragon 845 octa-core yang dipasangkan dengan RAM 4GB dan dua varian ROM; 64GB dan 128GB. Dua perangkat Pixel 3 itu sudah berjalan di Android 9.0 Pie.

Pixel 3 adalah seri pertama yang bisa dicas nirkabel dengan daya mencapai 10 watt. Google pun sekalian merilis cas nirkabel bernama Pixel Stand sebagai aksesoris.

Soal harga, Pixel 3 dengan ROM 64GB dibanderol mulai dari 799 dolar AS (Rp12,2 juta) dan 899 dolar AS (Rp13,7 juta) untuk Pixel 3 XL dengan ROM 64GB.

Namun, Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar hingga 128GB dengan menambahkan 100 dolar AS (Rp1,5 juta). Baik Pixel 3 maupun Pixel 3 XL akan tersedia dalam warna Just Black, Clearly White, dan Not Pink.

Selain Pixel 3 dan Pixel 3 XL, Google juga meluncurkan Google Home Hub dan Pixel Slate.

Google Home Hub adalah sebuah perangkat layar sentuh berukuran 7 inci yang bisa berfungsi seperti speaker pintar Home dari dukungan Google Assistant. Sementara Pixel Slate adalah perangkat hibrida yang bisa berfungsi sebagai sabak dan bisa juga menjadi laptop jika ditempel dengan sebuah papan ketik konvensional.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR