Ponsel berpotensi jadi sumber penyakit

Ilustrasi virus, kuman, dan bakteri.
Ilustrasi virus, kuman, dan bakteri. | Pixabay

Bahwa bakteri banyak berkumpul di toilet atau tempat sampah, sebagian besar orang mesti sudah mengetahuinya. Namun, siapa sangka, ponsel juga menjadi tempat favorit bagi banyak bakteri dan kuman. Bahkan bisa dikatakan, 5 kali lebih kotor dibandingkan dudukan toilet. Demikian dikabarkan Phandroid, Rabu (8/2/2017).

Pada kenyataannya, memang sangat banyak kuman-kuman unik yang ada di ponsel; salah satunya adalah bakteri staphylococcus.

Beberapa waktu lalu, sebuah studi memperlihatkan bagaimana para peneliti dapat menggunakan mereka untuk memberitahukan diet seseorang, kondisi kesehatan, produk kesehatan, jenis kelamin, atau tempat-tempat yang sering dikunjungi.

Seperti diwartakan 963kklz (12/2), sebuah video memperlihatkan para peneliti melakukan pengujian untuk melihat seberapa banyak bakteri yang mungkin terkumpul di ponsel.

Germs, bacteria, and diseases living on your phone /Tech Insider

Mereka mengusap bagian depan dan belakang pada 19 ponsel yang digunakan sehari-hari dengan menggunakan kapas yang sudah dilumuri dengan pembersih khusus.

Hasilnya, sangat kotor. Hanya dua dari ponsel tersebut yang bebas dari bakteri. Sisanya mengandung sejumlah bakteri, kuman, dan penyakit yang hidup di ponsel. Membersihkan ponsel Anda secara teratur merupakan ide yang baik.

Saat ini sudah ada solusi dari beberapa perusahaan untuk menangani masalah kuman ini, seperti pada ponsel Kyocera yang bisa dicuci jika kotor atau antigores Corning Gorilla Glass yang dilengkapi dengan ionic perak antimikroba.

Namun perlu diperhatikan juga, penggunaan cairan atau bahan kimia bukan ide yang bagus karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras ponsel Anda. Maka itu, perusahaan gawai seperti Apple tidak merekomendasikan penggunaan produk-produk di luar Apple.

Sebenarnya ada cara lain untuk membunuh kuman yang ada di ponsel, tidak perlu menggunakan bahan kimia, tisu atau bahkan apapun yang harus berhubungan dengan ponsel. Cara tersebut adalah dengan menggunakan PhoneSoap 2.0, sebuah inovasi yang bisa membersihkan ponsel Anda dari bakteri dan kuman.

PhoneSoap 2.0
PhoneSoap 2.0 | PhoneSoap

PhoneSoap, yang dijual USD49,99 (Rp660.000) dapat membersihkan ponsel Anda dari bakteri selama proses pengisian daya. Teknologi yang berbentuk kotak ini menggunakan sinar UV-C, Sistem kerjanya pun hampir sama dengan pembersih sikat gigi.

Seperti tempat tidur untuk penyamakan kulit, ponsel Anda akan ditaruh di dalam alat tersebut dan akan disinari dengan sinar UV-C. Ini terbukti dapat membunuh hampir 99,9 persen kuman dan bakteri, atau virus seperti flu, E. coli, MRSA, bahkan virus yang kebal terhadap obat-obatan dan antibiotik.

Sinar UV-C hanya akan menyala selama 10 menit, jadi Anda tidak perlu khawatir sinar ini bisa merusak ponsel Anda. Selama dibersihkan, alat ini juga akan mengisi baterai ponsel Anda melalui kabel MicroUSB yang bisa Anda masukkan ke dalam lubang seukuran kabel yang telah disediakan.

Rumah sakit pun menggunakan metode yang sama untuk mensterilkan dan disinfeksi seluruh kamar dengan menggunakan robot untuk memancarkan sinar UV yang kuat. Ini salah satu solusi yang ampuh untuk membunuh kuman tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia yang merusak.

Alat ini bisa digunakan untuk berbagai macam ukuran ponsel dari kecil hingga ukuran phablet yang berukuran besar, yakni 5,9 inci pada Huawei Mate 9.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR