APLIKASI DIGITAL

Ragam fitur dan produk baru Google untuk Indonesia

Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf, dalam presentasi di acara Google for Indonesia 2018 di Jakarta, Selasa (4/12/2018).
Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf, dalam presentasi di acara Google for Indonesia 2018 di Jakarta, Selasa (4/12/2018). | Yoseph Edwin /Beritagar.id

“Majukan Indonesia rame-rame” merupakan tema yang diangkat oleh Google untuk konferensi Google for Indonesia tahun ini. Bertempat di Ciputra Artpreneur, Jakarta, pada Selasa (4/12), Google memberikan beberapa perkembangan dari fitur hingga produk baru yang mereka siap sediakan di Indonesia.

Ekonomi digital menjadi bahan yang menjadi acuan Google dalam mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Menurut data Temasek, nilai ekonomi internet Indonesia pada tahun 2025 diperkirakan mencapai 100 miliar dolar AS.

Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf, menegaskan komitmen Google untuk mengembangkan ekonomi Indonesia.

"Dengan lebih dari 50 persen populasinya memiliki akses internet, ekonomi digital yang berkembang pesat, dan bangkitnya start-up Indonesia, negara ini sedang berancang-ancang untuk menjadi kekuatan digital yang besar. Di Google, kami bangga menjadi bagian dari transformasi digital Indonesia," ungkapnya.

Randy menyatakan Google berkomitmen untuk membantu banyak warga dan badan usaha untuk memanfaatkan internet dalam upaya tersebut. Oleh karena itu, pada acara tahunan ketiga ini, Google mengumumkan berbagai produk dan kemitraan yang akan membantu masyarakat Indonesia dalam ekonomi digital.

Produk-produk itu antara lain Jobs on Google Search, Google Go, dan pembaruan aplikasi Google Bisnisku. Google juga terus mendorong penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) untuk menyediakan konten bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Menurut Director International Search Google, Ken Tokusei, lebih dari separuh konten daring tersedia dalam bahasa Inggris, namun hanya 1 persen konten tersebut tersedia dalam bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, salah satu bentuk usaha dari Google adalah berkolaborasi dengan Wikipedia guna membuat konten berbahasa Inggris dapat diakses dan dipahami orang Indonesia.

Selanjutnya, untuk membantu menghubungkan pencari kerja dan perusahaan di pasar lowongan kerja di Indonesia yang kompetitif dan kurang terorganisir, Tokusei mengumumkan layanan Jobs on Google Search.

"Mulai hari ini (4/12), dengan memasukkan kata kunci 'lowongan pekerjaan' akan menampilkan lowongan pekerjaan dari seluruh internet, dengan fitur untuk menggolongkannya ke dalam berbagai kriteria, termasuk jenis pekerjaan, industri, jarak, atau kota. Para pencari kerja juga bisa mendapatkan notifikasi tentang lowongan pekerjaan yang relevan,” tuturnya.

Kemudian, aplikasi Google Go yang memungkinkan pengguna menghemat internet hingga 50 persen dalam menggunakan layanan-layanan milik Google. Langkah ini ditempuh untuk mengakomodasi pengguna di daerah terpencil di Indonesia di mana konektivitas terbatas atau belum secepat di kota-kota besar.

Salah satu fitur yang diunggulkan dalam aplikasi yang tersedia untuk platform Android--dan akan pra-terpasang di platform mobile Android Go-- adalah pembacaan konten laman situs. Cukup dengan menekan tombol putar yang berada di bagian bawah layar di situs apapun, Google Go akan membacakan teks yang ada.

Demonstrasi fitur pembacaan laman situs dari aplikasi Google Go. Kecepatan pembacaan dapat diatur apakah lebih cepat atau lambat.
Demonstrasi fitur pembacaan laman situs dari aplikasi Google Go. Kecepatan pembacaan dapat diatur apakah lebih cepat atau lambat. | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Engineering Lead untuk Asisten Google, Scott Huffman, juga tidak mau ketinggalan dengan mengumumkan fitur-fitur baru yang akan membuat Asisten semakin bermanfaat dalam aktivitas sehari-hari penggunanya.

Fitur tersebut antara lain Book A Ride untuk memesan transportasi daring dengan perintah suara, integrasi API Indosat untuk menanyakan sisa pulsa dan kuota data, News Briefing, dan berbagai aksi baru dari pihak ketiga.

"Berkat kemitraan Google dengan lima media terbesar di Indonesia, anda bisa mendapatkan berita lokal yang relevan langsung dari Asisten Anda. Cukup katakan 'dengar berita hari ini' untuk mendengar informasi terbaru di mana saja,” kata Huffman.

“Pengguna sekarang juga bisa mendapatkan bantuan dalam semakin banyak aktivitas, cukup dengan suara mereka, mulai dari mencari ATM BCA terdekat, bermain gim Tebak Gambar, atau bahkan belajar cara membuat akun BPJS.”

Selanjutnya giliran layanan pemetaan Google. Director Product Management Google Maps, Krish Vitaldevara, mengumumkan fitur-fitur Maps yang bertujuan membantu perjalanan sehari-hari lebih nyaman.

Google Map kini semakin lengkap dengan kehadiran fitur yang memungkinkan pengguna mengetahui waktu kedatangan bus Trans Jakarta secara real-time, membagikan progres perjalanan, dan mendapatkan notifikasi suara saat harus turun saat menggunakan layanan transportasi andalan di Jakarta itu.

Ia turut mengumumkan peluncuran aplikasi Google Bisnisku yang baru di Indonesia. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pemilik usaha lebih terhubung dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Ponsel Rp99 ribu dengan Asisten Google

Ponsel fitur WizPhone yang terintegrasi dengan Asisten Google
Ponsel fitur WizPhone yang terintegrasi dengan Asisten Google | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Satu yang mendapat sorotan utama dalam acara tersebut adalah pengumuman ponsel fitur namun dibenamkan Asisten Google. Ponsel bernama WizPhone ini merupakan ponsel kelas pemula pertama buatan Indonesia yang dilengkapi dengan Asisten Google.

Ponsel hasil kerja sama WizPhone dengan Alfamart itu akan dijual dengan harga Rp99 ribu. Menurut Huffman, adanya ponsel ini merupakan bentuk komitmen raksasa Internet itu untuk memberikan layanan asisten virtual kepada masyarakat Indonesia.

"Ponsel pintar layar sentuh mungkin terlalu membingungkan untuk pengguna yang baru mengenal teknologi. Sedangkan ponsel fitur lebih mudah diterima karena berbasis tombol-tombol, terlebih dengan perintah suara," jelasnya.

WizPhone menggunakan KaiOS, yakni sebuah sistem operasi seluler yang memungkinkan ponsel fitur bisa terhubung dengan perangkat IoT lainnya, meski dengan spesifikasi terbatas.

Ponsel ini ditenagai cip Qualcomm MSM 8905 dengan RAM 512 MB dan ROM 4 GB. Selain itu terdapat kamera VGA di bagian depan dan kamera 2 MP di bagian belakang. Untuk kapasitas baterainya, ponsel ini memiliki daya baterai 1800mAh.

Meski yang pasti akan dijual di gerai-gerai Alfamart, sayangnya belum ada tanggal atau bahkan rentang waktu pasti kapan ponsel ini akan dijual di Indonesia secara resmi. Huffman hanya dapat mengatakan "very soon".

BACA JUGA