Realme 3 Pro: ponsel flagship untuk menjawab kebutuhan anak muda

Realme 3 Pro
Realme 3 Pro | Indra /Beritagar.id

Zaman sekarang, ponsel canggih tidak identik dengan kata mahal. Saking kompetitifnya, pabrikan menjejali ponsel kelas menengah dengan berbagai fitur yang biasanya hanya dijumpai pada tipe flagship (tipe teratas dari sebuah jenama ponsel).

Contohnya adalah realme 3 Pro. Dengan harga sekitar Rp3 jutaan, realme berani menyematkan berbagai fitur flagship pada sebuah ponsel yang ditujukan bagi anak muda. Apa saja kelebihannya? Simak ulasan berikut ini.

Desain

Realme 3 Pro menggunakan desain kekinian dengan efek Light Grating yang terinspirasi trek balap. Unit yang kami ulas memiliki kover berwarna ungu mengilap. Tampilannya trendi, tapi tetap elegan dengan gradasi warna yang semakin gelap di bagian atas ponsel.

Bodi belakang realme 3 Pro
Bodi belakang realme 3 Pro | Indra /Beritagar.id

Secara tersamar, ada pola seperti huruf S yang muncul dalam kondisi pencahayaan tertentu. Pola ini melambangkan tikungan chicane pada trek balap. Intinya, realme 3 Pro menjadi ponsel Android yang terkesan cepat dengan penampilan yang pas untuk anak muda.

Secara keseluruhan, realme 3 Pro memiliki handling yang tak beda jauh dengan ponsel Android pada umumnya. Kover belakangnya agak licin dan mudah kotor terkena sidik jari pengguna, tetapi untungnya tingkat ergonomis cukup bagus karena bentuknya agak membulat di sisi samping.

Dengan menggunakan kover berbahan silikon yang tersedia di paket penjualan, masalah licin dan mudah kotor itu sudah teratasi. Hanya saja, pengguna disarankan hati-hati saat melepas pasang kover silikon ini sebab ukurannya relatif ketat.

Tombol-tombolnya mudah dijangkau, selain itu port micro USB yang digunakan ponsel ini menjadi nilai plus, karena tipe port ini masih lazim digunakan di berbagai gawai Android ketimbang port USB Type-C.

Sisi bawah realme 3 Pro
Sisi bawah realme 3 Pro | Indra /Beritagar.id

Layar

Seperti tren ponsel kekinian, realme 3 Pro menggunakan layar dengan aspek rasio super lebar, mencapai 19,5:9.

Berkat desain tetesan air untuk kamera depan, layar ponsel ini terasa maksimal. Terlebih lagi, layar 6,3 inci ini menggunakan resolusi di atas Full HD yaitu 2.340 x 1.080 piksel. Dengan jenis layar IPS, kualitasnya bagus dengan warna-warni yang memanjakan mata. Sangat maksimal untuk menyaksikan video atau bermain gim.

Layar realme 3 pro mengusung desain tetesan air
Layar realme 3 pro mengusung desain tetesan air | Indra /Beritagar.id

Begitu juga saat menjelajahi antarmuka yang didukung sistem terbaru ColorOS 6.0 dari realme. Bicara soal antarmuka, realme 3 Pro tergolong mudah digunakan dan tak membingungkan dengan tampilan lebih murni dan warna-warna menarik.

Performa

Dengan RAM mencapai 6GB, realme 3 Pro menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 710 fabrikasi 10nm; terdiri dari delapan inti prosesor Kryo yang dikelompokkan menjadi enam inti berkecepatan clock hingga 1,7GHz dan dua inti berkecepatan 2,2GHz.

Untuk visual, ponsel ini menggunakan GPU Adreno 616, setingkat di atas Adreno 612 pada Snapdragon 675, chipset yang digunakan beberapa ponsel kompetitor realme 3 Pro.

Hasil uji performa di AnTuTu Benchmark
Hasil uji performa di AnTuTu Benchmark | Indra /Beritagar.id

Kombinasi itu merupakan yang terbaik untuk ukuran ponsel di kisaran harga yang sama. Saat dicoba dengan penggunaan sebenarnya, realme 3 Pro terasa cepat dalam menjalankan aplikasi-aplikasi standar, seperti Instagram, WhatsApp, dan Youtube. Sesekali ada lag, tapi relatif jarang dan tidak mengganggu.

Saat menjalankan gim yang agak berat dengan tingkat grafis tiga dimensi, seperti PUBG Mobile, permainan berjalan lancar dengan pengaturan grafis tinggi.

Permainan populer lainnya seperti Fortnite juga berjalan dengan lancar pada realme 3 Pro. Secara default, gim tersebut memilih pengaturan grafis menengah dan render 3D sekitar 75 persen.

Saat memainkan dua game tersebut, bodi agak menghangat, tetapi tidak sampai panas, sehingga masih nyaman untuk digunakan.

PUBG Mobile
PUBG Mobile | Indra /Beritagar.id
Pengaturan pada gim PUBG Mobile
Fortnite
Fortnite | Indra /Beritagar.id
Pengaturan dalam gim Fortnite

Kamera

Fitur kamera adalah salah satu keunggulan utama realme 3 Pro. Beberapa fitur berikut biasanya hanya ada di ponsel-ponsel yang lebih mahal.

Realme 3 Pro menggunakan sensor IMX519 dengan ukuran 1/2,6 inci yang sama dengan ponsel yang harganya jauh lebih tinggi, seperti OnePlus 6T. Terlebih lagi, bukaan lensa mencapai f/1,7 sehingga cahaya yang memasuki sensor lebih besar dari ponsel-ponsel pesaingnya.

Dalam realme 3 Pro tertanam cip Qualcomm Spectra 250 ISP 14-bit yang dirancang khusus untuk performa kamera lebih cepat. Autofokusnya terasa cepat dan akurat, bahkan dalam kondisi ruangan agak redup sekalipun.

Pengguna yang menggunakan kamera untuk sekadar menangkap momen akan terbantu dengan fitur AI Scene Recognition dalam ponsel ini, yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengenali pemandangan seperti apa yang akan ditangkap oleh kamera

Fitur tersebut dimaksimalkan dengan mode Chroma Boost yang memoles hasil foto dengan warna-warni menarik dan rentang dinamis tinggi, sehingga pengguna tak perlu menyunting foto sebelum mengunggahnya ke media sosial.

Hasil jepretan kamera realme 3 Pro
Hasil jepretan kamera realme 3 Pro | Indra /Beritagar.id

Contohnya, jika pengguna memotret langit senja, warna jingga akan ditingkatkan. Memotret makanan akan menghasilkan warna yang lebih menarik. Jika tidak suka dengan hasilnya, cukup mematikan mode Chroma Boost saja.

Hasil foto mode Chroma Boost
Hasil foto mode Chroma Boost | Indra /Beritagar.id
Contoh mode Chroma Boost

Kamera ponsel umumnya akan kesulitan menangkap foto dalam kondisi gelap. Tidak dengan realme 3 Pro. Berkat mode Nightscape, pengguna bisa memotret pemandangan malam dengan hasil yang relatif masih bagus. Hasilnya memang agak kurang tajam karena noise reduction yang tergolong agresif, tapi untuk sekadar diunggah ke media sosial sudah lebih dari cukup.

Hasil foto malam menggunakan Nightscape
Hasil foto malam menggunakan Nightscape | Indra /Beritagar.id
Contoh mode Nightscape

Untuk pengguna yang lebih suka foto apa adanya dan memahami dasar-dasar fotografi, ada mode Expert. Pengguna bisa mengatur tingkat ISO, kecepatan rana (shutter), tingkat white balance, fokus manual, dan tingkat eksposure (EV).

Dalam mode Expert, ada fitur Ultra HD. Fitur ini menggabungkan beberapa foto asli dari kamera sebesar 16 megapiksel untuk menjadi sebuah foto dengan resolusi mencapai 64MP.

Hasil foto Portrait
Hasil foto Portrait | Indra /Beritagar.id

Realme 3 Pro tak hanya jago di kamera. Perekam videonya pun canggih di kelasnya. Ponsel ini mampu merekam video resolusi 4K dengan kecepatan 30 frame per detik (fps).

Selain itu, realme 3 Pro juga mampu merekam video slow motion dengan kecepatan hingga 960 fps, sekitar 30-40 kali lebih lambat dari kecepatan video pada umumnya. Resolusinya memang berkurang hingga 720p, tapi momen cepat seperti aktivitas bergerak atau olahraga akan terekam dengan sangat detail.

Baterai

Ponsel yang memiliki fitur-fitur canggih tak ada artinya jika baterainya tak tahan lama. realme 3 Pro disematkan baterai dengan kapasitas 4.045mAh, lebih tinggi dari pesaing seperti Redmi Note 7 (4.000mAh) dan Vivo V15 Pro (3.700mAh).

Dengan kondisi digunakan normal yaitu mengecek media sosial, bertukar pesan, sesekali membuka Youtube dan bermain PUBG, realme 3 Pro bertahan seharian, bahkan masih tersisa 10-30 persen di malam hari.

Fitur yang paling membantu adalah pengisian daya super cepat dengan teknologi VOOC 3.0. Dalam waktu setengah jam, baterai terisi dari 0 menjadi sekitar 50 persen. Sekitar 45 menit kemudian, baterainya penuh. Ini sangat terbantu kala pengguna sedang terburu-buru.

Kesimpulan

Beberapa fitur realme 3 Pro jarang dijumpai di ponsel dengan kisaran harga yang sama. Contohnya, pengisian daya cepat, pengenalan berbasis AI pada kamera, kualitas foto yang bagus dalam berbagai kondisi, perekam video slow motion, dan performa keseluruhan yang cukup mumpuni.

Bagi anak muda dengan bujet terbatas, realme 3 Pro adalah ponsel yang mampu membuat mereka merasakan performa ponsel berkualitas flagship. Dengan harga Rp3 jutaan, ponsel ini merupakan ponsel terbaik yang menawarkan fitur dan kelebihan di atas rata-rata ponsel sekelasnya.

Dengan segala keunggulan yang ditawarkan, realme 3 Pro merupakan flagship for young, ponsel yang cocok untuk anak muda kekinian.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR