Realme 3 Pro vs Samsung Galaxy A50, yang terbaik di kelas Rp3 juta-an

Samsung Galaxy A50 vs Realme 3 Pro.
Samsung Galaxy A50 vs Realme 3 Pro. | Imad /Beritagar.id

Seolah tak mau kalah dengan kompetisi di kelas flagship, persaingan ponsel Android di rentang harga Rp3 juta-an juga semakin ramai. Kini bermunculan beragam ponsel dengan spesifikasi yang mirip, disertai keunggulannya masing-masing.

Samsung memiliki Galaxy A50, sebuah ponsel yang fiturnya dititikberatkan pada layar dan kamera. Salah satu kompetitornya adalah realme 3 Pro, ponsel yang juga kuat di multimedia dan punya harga lebih kompetitif.

Siapa yang lebih unggul? Simak komparasi spesifikasi dan fitur utama keduanya.

Desain

Dilihat dari depan, Galaxy A50 terlihat mirip dengan realme 3 Pro dan ponsel-ponsel lain di kelasnya. Layarnya memenuhi bidang depan, kecuali sebuah “poni” berbentuk tetesan air untuk menampung kamera depan di tengahnya. Desain yang memang sedang populer saat ini.

Untuk ponsel-ponsel seperti ini, bodi belakang bakal jadi pembeda utama. Kebetulan, unit Galaxy A50 dan realme 3 Pro yang kami gunakan sama-sama berwarna biru gelap; cenderung ke arah ungu untuk realme. Meski mirip, finishing yang digunakan jauh berbeda. Soal ini bisa dibilang sesuai selera pengguna saja.

Tampak depan Samsung Galaxy A50 dan realme 3 Pro.
Tampak depan Samsung Galaxy A50 dan realme 3 Pro. | Imad /Beritagar.id

Bodi belakang realme 3 Pro menggunakan efek Light Grating yang terinspirasi trek balap dengan warna ungu mengilap. Tampilannya trendi, tapi tetap elegan dengan gradasi warna yang semakin gelap di bagian atas ponsel. Sementara Samsung Galaxy A50 punya finishing glossy yang mengesankan kemewahan, dengan pantulan efek pelangi.

Ukuran kedua ponsel ini nyaris sama, sehingga handling-nya tak akan berbeda jauh. Dalam genggaman, kedua ponsel ini terasa licin, terutama pada Galaxy A50. Sidik jari pun lebih mudah menempel pada ponsel Samsung tersebut ketimbang realme.

Kedua masalah ini bisa teratasi dengan menggunakan kover berbahan silikon, yang disediakan realme dalam paket penjualan realme 3 Pro. Sayangnya, Samsung tidak menyediakannya dalam paket penjualan Galaxy A50.

Layar

Layar Galaxy A50 vs realme 3 Pro, serupa tapi tak sama.
Layar Galaxy A50 vs realme 3 Pro, serupa tapi tak sama. | Imad /Beritagar.id

Dari dimensi layar, realme 3 Pro dan Samsung Galaxy A50 bisa dibilang hampir sama. realme 3 Pro menggunakan layar 6,3 inci, sementara pesaingnya lebih lebar 0,1 inci. Resolusinya sama persis yaitu 1.080 x 2.340 piksel, atau kerap disebut FHD+.

Perbedaan ada pada teknologi yang digunakan. Realme menyematkan panel IPS pada realme 3 Pro, sementara Galaxy A50 dijejalkan panel Super AMOLED. Keduanya punya kelebihan dan kelemahan sendiri. Layar IPS cenderung lebih natural, sementara Super AMOLED punya tingkat kontras lebih tinggi.

Yang jelas, layar kedua ponsel ini sama-sama berkualitas bagus dengan warna-warni memanjakan mata, sehingga lebih maksimal saat digunakan untuk menikmati konten multimedia dan bermain gim. Di bawah matahari siang yang beringas pun layar keduanya masih terlihat cukup jelas.

Performa

Ada dua perbedaan mendasar pada kemampuan komputasi realme 3 Pro dan Samsung Galaxy A50. Realme menggunakan Qualcomm Snapdragon 710, sementara Galaxy A50 memakai Exynos 9610. Masing-masing dari keduanya memiliki prosesor delapan inti, dengan konfigurasi 2+6 (clock 2,2GHz dan 1,7GHz) untuk realme dan 4+4 (2,3GHz dan 1,7GHz) untuk Samsung.

Meski berbeda, secara penggunaan harian kedua ponsel ini punya performa yang tak beda jauh. Dalam menjalankan tugas, keduanya smooth dan gegas, meski jelas tidak secepat ponsel-ponsel kelas flagship. Memainkan game populer seperti PUBG Mobile pun lancar-lancar saja tanpa ada lag.

Bagaimana performanya jika diadu menggunakan aplikasi benchmark Antutu? Meski clock prosesornya sedikit lebih kecil, tapi realme 3 Pro justru bisa mengungguli Samsung Galaxy A50 dengan cukup signifikan.

Hasil benchmark Galaxy A50 (kiri) vs realme 3 Pro (kanan).
Hasil benchmark Galaxy A50 (kiri) vs realme 3 Pro (kanan). | Indra /Beritagar.id

Kamera

Seperti ponsel-ponsel sekelasnya, kamera belakang menjadi salah satu jualan utama realme 3 Pro dan Samsung Galaxy A50. Lensanya sama-sama punya bukaan diafragma f/1,7. Dari segi megapiksel, realme dengan 16MP sedikit kalah dari Samsung yang punya 25MP.

Samsung Galaxy A50 juga punya keunggulan tersendiri yaitu kamera belakang nomor tiga, yang punya lensa lebar ultrawide 13mm meski resolusinya menjadi 8MP saja.

Kedua ponsel ini sama-sama dilengkapi dengan fitur enhancement melalui teknologi artificial inteligence (AI). Artinya, kamera mampu mengenali scene foto yang akan ditangkap pengguna, sehingga ponsel bisa memaksimalkan hasil foto. Misalkan saat memotret pemandangan lanskap, kamera akan memaksimalkan warna biru langit dan jingga senja.

Salah satu cara ampuh mengetes kemampuan kamera adalah memotret kegelapan malam. realme 3 Pro terlihat punya keunggulan karena punya fitur modus malam terdedikasi bernama Nightscape, sementara Galaxy A50 hanya mampu mengenali scene malam saja melalui teknologi AI .

Hasilnya jelas sekali, scene malam pada realme 3 Pro terlihat lebih hidup, dengan rentang dinamis yang tinggi. Bagian shadow lebih terlihat jelas daripada hasil mode malam Galaxy A50, yang cenderung gelap.

Untuk hasil foto mode lainnya, silakan dibandingkan melalui foto-foto berikut.

Hasil foto indoor.
Hasil foto indoor. | Indra /Beritagar.id
Hasil foto oudoor.
Hasil foto oudoor. | Indra /Beritagar.id
Hasil foto malam hari.
Hasil foto malam hari. | Indra /Beritagar.id
Hasil foto mode portrait.
Hasil foto mode portrait. | Indra /Beritagar.id

Untuk perekaman video, realme 3 Pro unggul karena bisa merekam 4K, sementara maksimal resolusi yang dicapai Galaxy A50 hanya Full HD. Realme 3 Pro juga bisa merekam video gerak lambat (slow motion) hingga 960 frame per detik, sementara pesaingnya hanya bisa sampai 240 frame per detik.

Baterai

Kapasitas baterai kedua ponsel ini tak beda jauh. Samsung menyematkan baterai 4.000mAh pada Galaxy A50, sehingga realme 3 Pro sedikit unggul dengan kapasitas 4.045mAh. Dengan spesifikasi yang serupa, keduanya punya performa yang tak beda jauh. Ketika dites dengan streaming video Youtube selama sejam, indikator baterai Galaxy A50 berkurang 11 persen dan 12 persen pada realme 3 Pro.

Dengan kondisi digunakan normal yaitu mengecek media sosial, bertukar pesan, sesekali membuka Youtube dan bermain gim, realme 3 Pro dan Galaxy A50 bisa bertahan seharian, bahkan masih tersisa 10-30 persen di malam hari.

Harga

Realme 3 Pro dibanderol dengan harga Rp2.999.000 untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, serta harga Rp3.699.000 untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Sementara, Samsung Galaxy A50 dibanderol dengan harga Rp3.799.000 untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, serta harga Rp4.599.000 untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Dengan perbedaan harga mencapai Rp800 ribu hingga Rp900 ribu untuk varian RAM dan memori internal yang setara, tentu saja realme 3 Pro lebih menarik. Sebab, kedua ponsel ini hampir sama dari segi spesifikasi dan performa.

Kesimpulan

Tampak belakang realme 3 Pro vs Galaxy A50.
Tampak belakang realme 3 Pro vs Galaxy A50. | Imad /Beritagar.id

Kedua ponsel ini sama-sama produk kelas Rp3 juta-an yang memiliki price to performance bagus. Namun, setelah melewati berbagai sesi komparasi, realme 3 Pro tampaknya lebih baik.

Keunggulan Samsung Galaxy A50 adalah kamera dengan lensa ultra lebar yang tidak dimiliki pesaingnya, tapi hasil foto realme 3 Pro dalam kondisi gelap jauh lebih bagus. Sisanya, performa dua ponsel ini kurang lebih setara. Karena realme 3 Pro memiliki harga yang lebih murah, maka ponsel ini bisa dibilang lebih menarik.

Realme 3 Pro sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang sedang mencari ponsel kelas menengah dengan kamera dan performa mumpuni. Baca ulasan lengkapnya pada tautan ini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR