Realme 3 vs Samsung Galaxy M20, siapa raja kelas menengah?

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Realme 3 vs Samsung Galaxy M20 | Andreas /Beritagar.id

Persaingan ponsel kelas menengah semakin hari semakin sengit. Pasar yang dulu hanya diisi segelintir brand besar kini disesaki oleh banyak pendatang baru. Para produsen berlomba-lomba membuat produk baru yang menarik agar dapat menarik konsumen lebih banyak dibandingkan pesaingnya.

Samsung, brand ternama yang sudah sejak lama memasarkan ponsel Android kelas menengah, dibuat kelimpungan dengan hadirnya sejumlah pendatang baru yang membawa produk menarik dengan harga menggiurkan, salah satunya adalah Realme.

Samsung Galaxy M20 yang baru diluncurkan bulan lalu langsung mendapatkan penantang serius dalam wujud Realme 3. Siapa yang lebih unggul? Simak komparasi spesifikasi dan fitur utama keduanya.

Desain

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Realme 3 vs Samsung Galaxy M20 | Andreas /Beritagar.id

Sama-sama ditargetkan untuk kelas menengah yang banyak diisi oleh anak muda, keduanya mengusung desain kekinian. Kedua ponsel memiliki desain unibodi dengan poni layar berbentuk tetesan air. Letak pemindai sidik jari juga sama-sama berada di bodi belakang ponsel, sehingga terasa natural dan mudah dijangkau.

Namun, harus diakui jika Realme 3 tampil lebih menawan. Memiliki desain unibodi dengan warna gradasi yang mengkilap, membuat Realme 3 terlihat lebih mewah saat digenggam. Sebaliknya, Galaxy M20 cenderung bermain aman dengan satu warna tanpa gradasi sehingga terlihat biasa saja. Kualitas material juga terasa lebih premium pada Realme 3.

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Realme 3 vs Samsung Galaxy M20 | Andreas /Beritagar.id

Poin lebih kami berikan untuk Realme yang memperhatikan detail kecil yang lebih baik. Penggunaan aksen chrome di sekeliling kamera belakang dan pemindai sidik jari, membuat Realme 3 terlihat lebih mewah.

Layar

Realme 3 memiliki layar IPS LCD 6.22 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Sedangkan, Galaxy M20 memiliki layar PLS TFT 6.3 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Saat dilihat bersamaan secara langsung, harus diakui jika layar Galaxy M20 memiliki kualitas sedikit lebih baik dibandingkan Realme 3. Layarnya lebih tajam dan memiliki kontras lebih baik.

Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Realme 3 vs Samsung Galaxy M20 | Andreas /Beritagar.id

Meski begitu, Realme 3 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan M20, seperti penggunaan layar Corning Gorilla Glass 3 dan adanya pengaturan temperatur warna layar sehingga dapat diatur sesuai selera. Langkah Realme yang menyematkan screen protector pada layar ponselnya juga patut diacungi jempol.

Performa

Saat memutuskan membeli sebuah ponsel, performa merupakan salah satu faktor yang paling diperhatikan oleh calon penggunanya. Samsung Galaxy M20 dibekali prosesor Exynos 7904 dan GPU Mali-G71 MP2 dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Sedangkan Realme 3 mengusung prosesor Mediatek Helio P60 dan GPU Mali-G72 MP3 dengan sistem operasi Android 9.0 Pie. Sebagai catatan tambahan, prosesor Helio P60 biasa digunakan pada ponsel dengan harga sekitar Rp4 juta.

Pada penggunaan sehari-hari dan saat bermain game, terasa bahwa prosesor dan GPU Realme 3 mampu memberikan performa yang lebih baik dibandingkan lawannya. Performa terasa gegas dan grafis lebih stabil saat bermain game. Hal ini juga terbukti dari hasil uji benchmark AnTuTu kedua perangkat tersebut.

Hasil uji AnTuTu Realme 3 vs Samsung Galaxy M20
Hasil uji AnTuTu Realme 3 vs Samsung Galaxy M20 | Irsan /Beritagar.id

Kamera

Realme 3 dilengkapi dengan dua kamera utama yang memiliki resolusi 13MP+2MP. Sensor kamera utamanya beresolusi 13MP dengan fitur auto-focus, dan kamera 2MP merupakan depth sensor untuk mode bokeh (portrait). Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 13MP dengan auto-focus.

Samsung Galaxy M20 menggunakan pendekatan lain pada kamera utamanya. Ponsel ini dilengkapi dua kamera utama beresolusi 13MP+5MP. Sensor kamera utamanya beresolusi 13MP dengan fitur auto-focus, sedangkan sensor 5MP merupakan lensa lebar hingga 120 derajat. Sedangkan kamera depannya hanya beresolusi 8MP saja dan tidak memiliki fitur auto-focus.

Hasil jepretan kamera utama kedua ponsel tersebut cukup berimbang di kondisi cukup cahaya. Realme 3 mampu menampilkan dynamic range dan detail yang lebih baik berkat fitur Chroma Boost. Pada kondisi tertentu, foto dari Galaxy M20 terlalu halus (kurang detail) dan pucat.

*Klik foto untuk memperbesar.

Hasil foto outdoor sore hari
Hasil foto outdoor sore hari | Irsan /Beritagar.id
Hasil foto dalam ruangan kondisi cahaya cukup
Hasil foto dalam ruangan kondisi cahaya cukup | Irsan /Beritagar.id

Selain itu, karena memiliki depth sensor, Realme 3 dapat menghasilkan foto bokeh pada objek selain wajah manusia. Hal ini tidak dapat dilakukan di Galaxy M20 yang mengharuskan adanya wajah manusia untuk menghasilkan foto bokeh.

Hasil foto  bokeh (portrait)
Hasil foto bokeh (portrait) | Irsan /Beritagar.id
Hasil foto  bokeh (portrait)
Hasil foto bokeh (portrait) | Irsan /Beritagar.id

Saat digunakan untuk memotret di malam hari atau dalam kondisi rendah cahaya, Galaxy M20 tidak sanggup mengimbangi Realme 3 yang memiliki fitur Nightscape. Berkat fitur tersebut, hasil foto Realme 3 menjadi lebih detail, rendah noise, dan memiliki dynamic range yang lebih baik.

Hasil foto luar ruangan di malam hari
Hasil foto luar ruangan di malam hari | Irsan /Beritagar.id

Baterai

Realme 3 dibekali baterai 4.230mAh, sedikit lebih kecil dari Galaxy M20 yang memiliki baterai 5.000mAh. Dalam penggunaan sehari-hari, keduanya memiliki daya tahan yang sama baiknya. Layar Galaxy M20 yang memiliki resolusi lebih tinggi membuat konsumsi dayanya juga lebih besar. Pada pengujian baterai keduanya kami anggap seimbang. Saat diuji menggunakan Geekbench Battery Test selama 30 menit, Realme 3 menghabiskan daya baterai sebesar 29% dan Galaxy M20 28%.

Harga

Realme 3 versi RAM 3GB dan memori internal 32GB dijual seharga Rp1.799.000,-. Sedangkan Samsung Galaxy M20 dengan RAM dan memori internal yang sama dibanderol seharga Rp2.799.000,-. Dengan perbedaan harga mencapai Rp1 juta, jelas Realme 3 lebih menarik di mata konsumen dan merupakan salah satu ponsel terbaik di kelas harganya.

Kesimpulan

Dari hasil komparasi yang kami lakukan, Realme 3 sangat pantas menduduki tahta di kelas menengah. Meski resolusi layarnya sedikit lebih rendah dibanding Galaxy M20, namun Realme 3 menawarkan desain yang lebih menawan, kamera dan performa yang lebih baik, serta harga jual yang lebih menggoda.

Selain itu, meski Realme tergolong brand baru di Indonesia, namun ada nama besar Oppo di belakangnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir terkait kualitas dan layanan purnajual produknya.

Realme 3 tersedia dalam dua warna pilihan, yaitu Dynamic Black dan Radiant Blue. Ponsel ini sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang sedang mencari ponsel kelas menengah dengan kamera dan performa mumpuni. Baca ulasan lengkapnya pada tautan ini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR