Realme C2, stylish tak perlu mahal

Realme C2, ponsel stylish dengan harga terjangkau.
Realme C2, ponsel stylish dengan harga terjangkau. | Irsan /Beritagar.id

Setelah sukses dengan produk realme 3 dan realme 3 Pro yang diluncurkan beberapa waktu lalu, realme kembali meluncurkan smartphone anyar yang ditargetkan untuk kelas pemula. Realme C2 merupakan suksesor realme C1 yang dirilis tahun lalu. Mampukah smartphone terbaru ini mencuri perhatian di tengah ketatnya persaingan kelas pemula?

Spesifikasi utama realme C2:

  • Prosesor MediaTek Helio P22 2.0 Ghz octa-core
  • Layar 6.1 inci HD+
  • ColorOS 6.0 berbasis Android 9.0 Pie
  • Kamera belakang ganda 13MP+2MP f/2.2
  • Baterai 4.000mAh
  • Triple slot (2 nano sim + 1 micro SD)

Desain

Realme C2, tampak belakang.
Realme C2, tampak belakang. | Irsan /Beritagar.id

Jika realme 3 dan realme 3 Pro menggunakan desain bodi mengilap, realme C2 hadir dengan bodi matte yang memiliki tekstur garis. Saat digosok menggunakan ujung kuku, bodinya menghadirkan sensasi seperti piringan hitam atau vinil. Cukup unik dan menarik.

Selain itu, bodi realme C2 juga memiliki pola Diamond Cut yang menyerupai berlian. Uniknya, pola berlian ini mampu menampilkan dua warna berbeda saat terkena cahaya atau saat dimiringkan pada sudut tertentu. Desain tersebut membuat realme C2 terlihat lebih stylish, enak digenggam karena tidak terasa licin, serta tidak mudah menempel sidik jari.

Saat melihat bodi belakang realme C2, kita akan tahu bahwa smartphone ini tidak dilengkapi pemindai sidik jari (fingerprint reader). Fitur tersebut digantikan oleh AI Facial Unlock yang mampu mengidentifikasi 128 titik di wajah dalam waktu 0.3 detik untuk membuka kunci ponsel.

Layar

Realme C2 memiliki layar jenis IPS LCD berukuran 6.1 inci dengan resolusi 720x1560 piksel. Rasio layarnya 19,5:9 seperti kebanyakan ponsel masa kini. Layarnya terlihat luas berkat desain tetesan air, sehingga sangat nyaman saat digunakan untuk memutar video atau bermain game. Sama seperti realme 3, realme C2 juga memiliki fitur untuk mengatur warna temperatur layar. Tersedia tiga pilihan yang dapat disesuaikan dengan selera pengguna, yakni normal, cool untuk membuat temperatur layar lebih kebiruan, dan warm yang membuat temperatur layar lebih kemerahan.

Performa

Realme C2 dibekali prosesor Mediatek Helio P22 octa-core 2.0 Ghz, GPU PowerVR GE8320, dan RAM 3GB. Sama seperti smartphone realme lainnya, realme C2 menggunakan sistem operasi Android Pie 9.0 dengan balutan antarmuka ColorOS 6.0.

Bagaimana performanya saat diuji menggunakan aplikasi benchmark? Realme C2 mendapatkan skor 77.932 di AnTuTu dan 824 (Single-Core) + 3.288 (Multi-Core) di Geekbench.

Hasil benchmark realme C2.
Hasil benchmark realme C2. | Irsan /Beritagar.id

Kamera

Kamera telah menjadi salah satu fitur terpenting dari sebuah smartphone. Banyak yang menjadikan kamera sebagai faktor pertimbangan utama sebelum membeli. Sadar akan hal tersebut, realme mencoba untuk memberikan yang terbaik pada sektor ini.

Pada bagian belakang, realme C2 dilengkapi kamera ganda yang memiliki fungsinya masing-masing. Kamera pertama memiliki resolusi 13MP dengan apertur f/2.2 yang berfungsi sebagai kamera utama. Kamera utama tersebut ditemani kamera 2MP f/2.4 yang berfungsi sebagai sensor kedalaman (depth sensor) yang aktif pada mode Portrait.

Realme C2 dilengkap dua kamera belakang 13MP+2MP.
Realme C2 dilengkap dua kamera belakang 13MP+2MP. | Irsan /Beritagar.id

Saat memotret menggunakan kamera belakang, kita dapat mengaktifkan fitur Chroma Boost untuk mendapatkan hasil foto dengan warna lebih menarik. Sedangkan kamera swafoto (selfie) di bagian depannya memiliki sensor 5MP f/2.0 lengkap dengan fitur HDR juga.

Realme C2 memiliki beberapa mode kamera, seperti Auto, Portrait, Video, Pano, Expert (manual mode), Time-lapse, dan Slo-mo.

Kameranya terbukti dapat diandalkan dan termasuk bagus di kelas harganya. Berikut hasil jepretan foto realme C2 dalam berbagai kondisi (foto original tanpa edit).

Atas: Mode Auto dengan Chroma Boost aktif
Atas: Mode Auto dengan Chroma Boost aktif | Irsan /Beritagar.id
Foto luar ruangan sekitar jam 17.30 WIB.
Foto luar ruangan sekitar jam 17.30 WIB. | Irsan /Beritagar.id
Foto dalam ruangan dengan pencahayaan warm.
Foto dalam ruangan dengan pencahayaan warm. | Irsan /Beritagar.id
Hasil foto dengan mode Portrait.
Hasil foto dengan mode Portrait. | Irsan /Beritagar.id
Hasil swafoto menggunakan kamera depan realme C2.
Hasil swafoto menggunakan kamera depan realme C2. | Irsan /Beritagar.id

Baterai

Untuk menemani pengguna agar tetap aktif sepanjang hari, realme C2 dibekali baterai sebesar 4.000mAh. Saat uji pakai dengan penggunaan normal dengan aktivitas seperti untuk nonton YouTube, Spotify, medsos, chatting, email, dan telepon, smartphone ini mampu bertahan seharian penuh. Daya tahannya yang baik membuat pengguna lebih tenang saat menggunakan smartphone ini tanpa takut kehabisan baterai saat masih beraktivitas.

Kesimpulan

Realme merupakan salah satu vendor yang cukup serius untuk menghadirkan smartphone berkualitas dengan harga terjangkau di Tanah Air. Dengan harga jual tak sampai Rp2 juta, realme C2 menjadi salah satu alternatif pilihan yang menarik di kelas pemula.

Smartphone ini menawarkan desain yang stylish dengan harga terjangkau. Kameranya juga dapat diandalkan dan memiliki daya tahan baterai yang baik.

Jika harus menyebutkan kekurangannya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan pemindai sidik jari, meski sudah digantikan oleh AI Facial Unlock, namun fungsinya tidak seakurat pemindai sidik jari, terutama saat harus membuka smartphone di tempat gelap.

Realme C2 merupakan smartphone layak beli di kelas harganya. Tertarik membelinya? Silakan kunjungi tautan ini https://www.realme.com/id/realme-c2/offline-store.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR