Realme C2 vs Samsung Galaxy A10, mencari yang terbaik

Realme C2 vs Galaxy A10
Realme C2 vs Galaxy A10 | Imad /Beritagar.id

Ketatnya persaingan antar vendor di kelas pemula menghadirkan keuntungan tersendiri bagi konsumen di Indonesia. Pasalnya, pengguna akan dihadapkan dengan aneka ponsel yang dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

Pengguna pemula memang target yang menggiurkan. Tak heran para vendor bertarung habis-habisan di kelas ini demi memikat hati calon pengguna. Realme dan Samsung, merupakan dua vendor ternama yang ikut meramaikan persaingan di kelas tersebut.

Ponsel terbaru yang belum lama mereka luncurkan, yakni realme C2 dan Samsung Galaxy A10, sedang ramai diperbincangkan oleh penikmat gawai. Sama-sama dibanderol dengan harga terjangkau dan berada di kelas yang sama, ponsel mana yang lebih baik? Simak komparasi Beritagar.id berikut.

Desain

Realme C2 dan Galaxy A10 sama-sama memiliki resep sukses sebuah ponsel di tahun 2019. Keduanya mengusung desain kekinian, dengan layar nyaris edge-to-edge lengkap dengan poni tetesan air. Keduanya memiliki bodi dengan material polycarbonate, namun dengan sentuhan akhir yang sangat berbeda.

Harus diakui bodi belakang realme C2 terlihat lebih stylish, karena memiliki pola Diamond Cut yang mampu menampilkan dua warna berbeda saat terkena cahaya atau saat dimiringkan pada sudut tertentu. Bodinya memiliki tekstur seperti vinil sehingga tidak mudah menempel sidik jari dan tidak licin saat digenggam.

Desain bodi realme C2 vs Galaxy A10.
Desain bodi realme C2 vs Galaxy A10. | Imad /Beritagar.id

Sedangkan Galaxy A10 memiliki bodi mengilap yang membuatnya mudah menempel sidik jari dan terasa lebih licin saat digenggam, apalagi Galaxy A10 memiliki dimensi sedikit lebih besar dan bobot lebih berat. Desainnya jauh dari kesan premium seperti yang dirasakan saat menggenggam realme C2.

Perhatian terhadap setiap detail juga diungguli oleh realme C2. Dua kamera di bagian belakangnya dikelilingi bingkai krom yang membuatnya terlihat lebih mewah. Jika desain menjadi pertimbangan utama Anda, maka realme C2 merupakan pilihan yang lebih baik.

Layar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kedua ponsel ini mengusung layar edge-to-edge dengan poni tetesan air yang merupakan tempat kamera depan. Jika melihat desainnya saja, keduanya bisa dikatakan serupa. Namun, Galaxy A10 memiliki bentang layar sedikit lebih luas (6.2 inci vs 6.1 inci).

Kedua ponsel sama-sama menggunakan layar jenis IPS LCD dan memiliki warna yang cerah. Soal ketajaman, di atas kertas layar realme C2 lebih unggul dengan kerapatan piksel mencapai 282 ppi. Sedangkan, Galaxy A10 hanya 271 ppi saja. Namun, layar Galaxy A10 memang terlihat lebih terang saat digunakan di luar ruangan.

Acungan jempol patut diberikan kepada realme yang memberikan pelindung layar gratis dan sudah terpasang dari pabrik. Meski begitu, secara keseluruhan keduanya memang seimbang dalam urusan layar.

Layar realme C2 dan Galaxy A10 memiliki desain yang serupa tapi tak sama.
Layar realme C2 dan Galaxy A10 memiliki desain yang serupa tapi tak sama. | Imad /Beritagar.id

Kamera

Samsung Galaxy A10 hanya memiliki satu kamera utama di bagian belakang dengan resolusi 13MP dan apertur f/1.9. Kamera depannya 5MP tanpa adanya fitur Auto Focus dan HDR.

Sedangkan realme C2 dilengkapi kamera ganda dengan resolusi 13MP apertur f/2.2 dan 2MP apertur f/2.4 yang berfungsi sebagai sensor kedalaman (depth sensor). Di bagian depannya terdapat kamera 5MP f/2.0, lengkap dengan fitur Auto Focus dan HDR.

Selain memiliki fitur lebih lengkap pada kamera depannya, mode foto realme C2 juga lebih banyak dengan mode tambahan seperti Portrait, Time-lapse, dan Slo-Mo. Realme C2 juga punya tambahan pengaturan Chroma Boost yang membuat hasil foto lebih cerah dan kontras.

Berikut perbandingan foto dari kedua ponsel tersebut. Semua foto di sisi kiri adalah hasil jepretan realme C2 dan sisi kanan merupakan jepretan kamera Galaxy A10.

Melihat hasil foto di atas, realme C2 memiliki warna yang lebih matang atau sudah siap dibagikan ke media sosial. Soal ketajaman bisa dikatakan berimbang. Namun, realme C2 memiliki mode jepret yang lebih lengkap untuk dieksplorasi penggunanya.

Performa

Urusan dapur pacu, realme C2 dan Galaxy A10 sama-sama tangguh di kelasnya. Realme C2 mengusung prosesor MediaTek Helio P22 dengan dukungan GPU PowerVR GE8320. Sedangkan Galaxy A10 ditenagai prosesor Exynos 7884 dan GPU Mali-G71 MP2.

Saat digunakan sehari-hari, keduanya terasa gegas. Penggunaan multitasking juga dapat dilahap keduanya dengan baik. Rasanya urusan performa keduanya cukup seimbang dan dapat diandalkan.

Baterai

Samsung Galaxy A10 ditanami baterai sebesar 3.400mAh, lebih kecil dari realme C2 yang memiliki baterai 4.000mAh. Perbedaan cukup signifikan pada kapasitas baterainya membuat ketahanan baterai pada realme C2 lebih baik.

Pada pengujian baterai menggunakan aplikasi Geekbench, Galaxy A10 mendapatkan skor 3.464. Menurut Geekbench, skor tersebut lebih baik dari Galaxy S7 namun di bawah Galaxy S8. Sedangkan realme C2 mencatatkan skor 4.915 pada pengujian serupa dengan ketahanan mendekati Galaxy Note 8.

Hasil pengujian baterai pada aplikasi Geekbench.
Hasil pengujian baterai pada aplikasi Geekbench. | Irsan /Beritagar.id

Kesimpulan

Sama-sama dijual dengan harga di bawah Rp2 juta, realme C2 ternyata lebih unggul jika dibandingkani Galaxy A10 pada sektor-sektor penting. Ponsel anyar realme itu hadir dengan desain yang lebih stylish, kamera lebih baik, serta daya tahan baterai yang mengungguli pesaingnya tersebut.

Jika Anda sedang mencari ponsel Android dengan harga di bawah Rp2 juta, kami sangat merekomendasikan realme C2 sebagai pilihannya. Rasanya tak ada pilihan yang lebih baik lagi untuk saat ini. Yuk, simak ulasan kami untuk mengetahui keunggulan lain yang dimiliki realme C2.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR