Rumor Samsung Galaxy S8: layar 4K dan kamera belakang ganda

Presiden Samsung Koh Dong-Jin memperkenalkan ponsel Galaxy S7 dan S7 Edges dalam sebuah acara tahunan di Barcelona, Spanyol, pada 21 Februari 2016.
Presiden Samsung Koh Dong-Jin memperkenalkan ponsel Galaxy S7 dan S7 Edges dalam sebuah acara tahunan di Barcelona, Spanyol, pada 21 Februari 2016. | Yonhap /EPA

Saat ini Samsung tengah menikmati kesuksesan penjualan ponsel flagship Galaxy S7 yang diperkirakan akan mencapai angka penjualan 25 juta unit pada akhir Juni ini. Namun itu tidak membuat raksasa teknologi dari Korea Selatan tersebut lantas berpuas diri. Kabarnya, Samsung tengah menyiapkan ponsel penerus, Galaxy S8.

Ponsel kelas atas terbaru itu dikabarkan bakal dirilis pada Februari 2018 dengan beragam fitur terbaru dan, tentunya, lebih canggih ketimbang S7, yang dinobatkan Tech Radar sebagai ponsel terbaik 2016. Salah satu keunggulan S8, seperti dikutip Digital Photoraphy Reviewdan Tech Times, Senin (20/6/2016), adalah kamera belakang ganda (dual kamera).

Penggunaan kamera ganda bakal meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan. Ia bisa menangkap gambar lebih tajam dan jernih walau dalam kondisi kurang cahaya.

LG G5 dan Huawei P9 adalah dua ponsel yang sudah menggunakan kamera ganda. Kabarnya, Apple juga akan menggunakan fitur yang sama pada salah satu varian iPhone 7 nanti.

Samsung Electro-Mechanics (Semco) tengah menyiapkan lensa ganda untuk Galaxy S8. Bahkan ada kemungkinan kamera ganda itu sudah akan digunakan pada Galaxy Note 7 yang akan dirilis Agustus tahun ini.

Selain kamera ganda, Galaxy S8 juga digosipkan akan menjadi ponsel Samsung pertama yang menggunakan layar berkualitas Ultra HD, alias 4K, dengan resolusi 2160x3840 piksel. Teknologi ini memang bukan hal baru di dunia gawai karena Sony telah menggunakannya pada Xperia Z5 Premium.

Dengan teknologi layar beresolusi Ultra HD atau 4K ini dipastikan akan mengkonsumsi baterai yang lebih boros dibandingkan layar Full HD atau Quad HD. Namun jika rumor ini benar, maka bisa diprediksi Galaxy S8 akan mengusung baterai dengan kapasitas super besar.

Soal spesifikasi lainnya, belum banyak info beredar. Akan tetapi berdasarkan info yang dilansir dari Phonearena (19/6), Galaxy S8 akan mengandalkan cip Qualcomm Snapdragon 830 yang menggunakan FinFET 10nm. Artinya, selain performa yang lebih baik ketimbang prosesor sebelumnya, ponsel ini juga akan lebih hemat energi.

Sebelum memperkenalkan Galaxy S8, pada 2 Agustus Samsung akan terlebih dulu merilis penerus Galaxy Note 5. Gawai terbaru tersebut dikabarkan akan menggunakan nama Note 7, bukan Note 6, untuk menggambarkan lompatan teknologi yang digunakannya.

Galaxy Note 7 (6) memiliki spesifikasi layar 5,8 inci dengan resolusi Quad HD, cip Snapdragon 823, RAM 6GB, memori internal 32GB dengan dukungan slot microSD, kamera utama 12MP dengan teknologi Dual Pixel, dan 5MP untuk kamera depannya. Galaxy Note terbaru ini juga akan menggunakan USB Type-C sebagai pengganti micro USB.

Produksinya direncanakan dimulai pada 5 Juli 2016. Demikian dinukil Gadgets360 (20/6).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR