Rumor Xiaomi Mi 5s: RAM 6GB, 3D Touch, dan kamera ganda

Xiaomi Mi 5
Xiaomi Mi 5 | Ivan /Beritagar.id

Xiaomi, dikabarkan International Business Times, tengah menyiapkan dua buah ponsel terbaru yang merupakan varian dari seri Mi 5, yakni Mi 5s dan Mi 5 Mini. Kedua ponsel tersebut diperkirakan bakal beredar pada paruh kedua tahun ini.

Secara umum, ponsel Xiaomi Mi 5s mengusung spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan Mi 5, namun didukung oleh fasilitas pressure sensitive display dan ultrasonic fingerprint sensor.

Pressure sensitive display mirip dengan teknologi 3D Touch milik Apple, di mana fungsi ponsel akan tergantung pada besarnya tekanan yang diberikan pada layar. Sementara Ultrasonic Fingerprint Scanner mampu membaca sidik jari penggunanya dalam sekejap mata.

Dari segi desain kemungkinan masih sama persis dengan Xiaomi Mi 5 yang memiliki layar Full HD 1080x1920 piksel berukuran 5.15 inci. Bodinya menggunakan bingkai berbahan metal dan memiliki lapisan kaca atau keramik pada kover belakangnya.

Perangkat keras pada Mi 5s tentunya akan mengalami peningkatan. Kabarnya ponsel ini akan dibekali RAM berkapasitas 6GB dan kemungkinan menggunakan cip Qualcomm Snapdragon generasi terbaru yaitu Snapdragon 823. Cip ini diyakini akan menjadi versi lebih sempurna dari 820. Snapdragon 823 mengusung peningkatan kecepatan clock dan pengolah grafis yang lebih mumpuni dibandingkan versi sebelumnya.

Sistem operasi yang digunakan kemungkinan juga sudah mengusung antarmuka terbaru yaitu MIUI 8.

Belum diketahui berapa kapasitas memori internal yang dimilikinya tetapi ada kemungkinan Xiaomi akan mengikuti jejak OnePlus 3 yang hanya memiliki 1 varian saja yaitu memori internal sebesar 64GB dengan RAM 6GB.

Selain itu, dikutip Android Authority (23/6), Mi 5s kabarnya akan membawa teknologi kamera ganda seperti yang dimiliki oleh Huawei P9 dan P9 Plus.

Jika semua gosip itu benar, Mi 5s akan menjadi salah satu ponsel tercanggih pada 2016. Harganya juga pasti menggiurkan karena flagship Xiaomi ini biasanya dibanderol lebih rendah ketimbang produk unggulan dari pabrik lain.

Sementara itu gosip kedatangan Mi 5 Mini sudah terdengar dari bulan Maret lalu. Awalnya Xiaomi versi mini ini dikabarkan akan bernama M2 SE.

Info yang beredar menyebutkan Mi 5 Mini akan menggunakan layar berukuran kecil, yaitu 4,3 inci dengan resolusi HD 720p.

Dari dapur pacunya, Mi 5 Mini akan ditenagai oleh cip Qualcomm Snapdragon 820 dan RAM 3GB. Spesifikasi lainnya antara lain kamera belakang 13MP dan sensor pemindai sidik jari turut disematkan dalam bodi ponsel ini.

Mi 5 Mini, yang kabarnya dibanderol USD273 (RP3,7 juta) ini, dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2.350 mAh. Baterai tersebut berukuran relatif kecil bila mengingat prosesor yang akan digunakan adalah Snapdragon 820.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR