INDUSTRI PONSEL

Samsung boyong Galaxy A20s dan A30s ke Indonesia

Fitur NFC di Samsung Galaxy A30s. Dalam jangka 7 bulan, Samsung segera merevisi Galaxy A30 untuk merespons makin maraknya pembayaran nontunai.
Fitur NFC di Samsung Galaxy A30s. Dalam jangka 7 bulan, Samsung segera merevisi Galaxy A30 untuk merespons makin maraknya pembayaran nontunai. | Istimewa /Samsung Indonesia

Samsung meluncurkan Galaxy A20s dan Galaxy A30s di Jakarta, Kamis (26/9/2019). Peluncuran ini selisih waktunya tak jauh dari pendahulunya. Galaxy A20 dan Galaxy A30, baru diluncurkan Maret lalu, alias belum ada tujuh bulan. Bahkan, pendahulunya itu tak lagi diproduksi alias discontinued.

Dilihat dari spesifikasi, ternyata tak jauh beda. Dimensinya juga makin melar. Tingginya tambah 5 mm dan lebarnya tambah 3 mm. Pertambahan dimensi ini membuat bentang layarnya 0,1 inchi.

Kapasitas penyimpanannya naik dari 32 Gigabyte menjadi 64 (Gb). Demikin dengan RAM, ditambah dari 3 Gb menjadi 4 Gb. Samsung juga menambah dari dua kamera depannya menjadi tiga. Jika dulu kameranya hanya untuk fungsi pemotretan wide berkemampuan 13 megapiksel (MP) dan ultrawide 5 MP, kini ditambah dengan kamera untuk depth, dengan kapasitas 5 MP.

"Seri A20s ini memang diperuntukkan bagi mereka yang gemar dengan konten video," kata Produk Marketing Mobile Samsung Electronic Indonesia, Irfan Rinaldi di Jakarta Kamis (26/9/2019).

Sedangkan untuk seri Galaxy A30s ditujukan buat mereka yang gemar dengan gim. Irfan menjelaskan, seri ini lebih lebih mantap dipakai buat main gim karena dilengkapi dengan AI gaming booster. Irfan mengklaim, kecerdasan buatan ini menjadikan ponsel ini tak lag (telat) walau dipakai main gim berat. "Perangkat lunak dalam ponsel ini bisa disetel otomatis, agar gambarnya lancar, tapi baterenya tak panas," ujarnya.

Tambahan lain adalah munculnya fitur NFC (near field communication). Fitur ini bisa dipakai untuk mengecek dan menambah uang elektronik. Uang elektronik macam BCA Flazz, E-Money Mandiri, atau BRIZZI, bisa dicek dan ditambah lewat ponsel ini. Tapi, tergantung aplikasi yang anda instal di ponsel anda.

Lalu apa yang membuat Samsung cepat memperbaharui seri ini?

Menurut Irfan, perkembangan kebutuhan masyarakat yang cepat membuat mereka segera meluncurkan seri ini. Kegemaran masyarakat untuk melakukan vlogging, youtuber, atau bahkan munculnya profesi gamer, membuat mereka meluncurkan pembaruan ini.

"Misal penambahan NFC karena makin maraknya pembayaran nontunai alias cashless yang sedang digalakkan pemerintah," ujarnya. Gaming, kini juga menjadi kebutuhan generasi sekarang, bukan sekadar senang-senang. "Bahkan menjadi player, tentu butuh gadget untuk latihan," kata dia.

Samsung membandrol seri Galaxy A20s dengan harga Rp2,5 juta untuk kapasitas RAM 3GB dan Rp2,8 juta untuk RAM 4GB. Harga ini berlaku selama flash sale tiga hari ke depan. Sedangkan Galaxy A30s sudah tersedia di pasaran dengan harga Rp3,3 juta untuk kapasitas RAM 4GB dan ROM 64GB.

Jika vloging menjadi pertimbangan anda, ponsel triple kamera yang bisa jadi pilihan selain Galaxy A20s adalah Vivo Y17. Tapi jika fitur NFC menjadi pertimbangan anda dan ramah dengan kantong, pilihan lain ada pada Nokia 5.1 plus, atau malah seri lawas Samsung J5 Pro sudah ada NFC-nya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR