GAWAI TERKINI

Setelah di Tiongkok dan India, Honor 10 Lite dan 8A meluncur di Indonesia

President Director Honor Indonesia, Justin Li, menunjukkan Honor 10 Lite dan Honor 8A dalam acara peluncuran di Jakarta pada Rabu (27/2/2019).
President Director Honor Indonesia, Justin Li, menunjukkan Honor 10 Lite dan Honor 8A dalam acara peluncuran di Jakarta pada Rabu (27/2/2019). | Ivan /Beritagar.id

Walaupun agak telat dari perkiraan awal, Honor meluncurkan ponsel terbaru 10 Lite dan 8A di Jakarta, Rabu (27/2/2019). Honor 10 Lite lebih dulu meluncur di Tiongkok pada November 2018 dan di India pada Januari 2019.

Meski diluncurkan berbarengan, 10 Lite dan 8A punya karakteristik berbeda. Honor 10 Lite menyasar pasar menengah (mid-level ), khususnya para milenial. Sedangkan Honor 8A hanya untuk pemula (entry-level).

Honor 10 Lite

Tampilan depan Honor 10 Lite
Tampilan depan Honor 10 Lite | Ivan /Beritagar.id

Sesuai target pasarnya, Honor 10 Lite ditenagai cip Hisilicon Kirin 710 octa-core dan pengolah grafis berteknologi GPU Turbo 2.0 yang dipadukan dengan konfigurasi memori RAM 4GB dan 64GB. Terdapat slot microSD hingga 512GB yang bersifat hibrida.

Honor 10 Lite dibekali layar FullView berukuran 6,21 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2340 piksel) dan aspek rasio 19,5:9. Rasio layar terhadap bodi diklaim mencapai 90 persen, termasuk tren masa kini yang menggunakan poni mungil atau dewdrop (tetes embun).

Honor kelihatan ingin mengedepankan fitur swafoto dengan kamera depan berkapasitas cukup besar, yakni 24MP. Kamera didukung sensor Sony IMX 576 berjenis wide (lebar) lengkap dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

"Kamera depan Honor 10 Lite mampu menghasilkan foto yang lebih detail. Sudah seperti kamera belakang. Dengan resolusi 24MP, pengguna bisa membuat swafoto di mana saja dan kapan saja," kata Gracia Sheila, PR Manager Honor 10 Lite.

Berbeda dengan ponsel sekelasnya, Honor 10 Lite memiliki teknologi "4-in-1 Pixel" yang mengoptimalkan cahaya layar untuk membantu pencahayaan objek. Kamera ini dapat menangkap berbagai momen di berbagai kondisi, bahkan dalam kondisi relatif gelap.

"Teknologi ini menggunakan cahaya ponsel yang akan membantu pencahayaan saat swafoto, agar makin terang," ujarnya.

Tak hanya itu, AI Honor 10 Lite juga mampu mendeteksi jenis kelamin pengguna. Saat swafoto berkelompok, AI-nya akan menyesuaikan wajah pengguna --baik perempuan maupun laki-laki menjadi apik tanpa terkesan berlebihan.

"AI-nya bisa mendeteksi kelamin dan menyesuaikan individu. Walaupun yang laki-laki dipotret pakai mode beauty, efeknya akan menyesuaikan jenis kelaminnya," kata Sheila.

Kamera belakang Honor 10 Lite
Kamera belakang Honor 10 Lite | Ivan /Beritagar.id

Sementara di bagian belakang tertanam kamera ganda dengan masing-masing resolusi 13MP dan 2MP. Kamera belakang juga didukung AI.

"Dibanding generasi sebelumnya, Honor 10X, kamera belakang bisa menangkap cahaya 50 persen lebih banyak," imbuh Sheila.

Kamera belakang turut didukung fitur Super Night yang membantu pengambilan gambar pada malam hari agar lebih maksimal.

Untuk urusan daya, ponsel ini menggendong baterai berkekuatan 3.400 mAh. Honor 10 Lite menjalankan Android 9 Pie yang dilapisi antarmuka EMUI 9. Tidak lupa pemindai sidik jari dan wajah juga menjadi dua fitur andalan Honor 10 Lite.

Honor 10 Lite hanya tersedia dalam warna midnight black dan sky blue. Harga yang dipatok mulai dari Rp3.299.000.

"Kami sebisa mungkin menghadirkan harga terjangkau untuk perangkat dengan beragam fitur," ujar Justin Li, President Director Honor Indonesia.

Pelanggan bisa mendapatkan ponsel ini secara daring di Shopee dan luring melalui toko mitra Honor seperti Erafone.

Honor 8A

Tampilan depan Honor 8A
Tampilan depan Honor 8A | Ivan /Beritagar.id

Sebagai ponsel untuk pemula, Honor 8A adalah penerus Honor 7A yang dirilis anak perusahaan Huawei ini tahun lalu.

"Honor 8A merupakan smartphone yang mumpuni dengan harga terjangkau. Saya sudah cek kompetitor, dengan spesifikasi seperti Honor 8A, (vendor) yang lain bisa sampai tiga jutaan," kata Justin berpromosi di atas panggung.

Berbeda dengan pendahulunya, tampilan Honor 8A kini lebih kekinian dengan poni jenis tetes embun. Poni jenis ini jadi pilihan karena dinilai membuat layar berukuran 6,09 inci terlihat luas dengan aspek rasio 19,5:9. Rasio layar ke bodi diklaim sebesar 87 persen.

Dapur pacunya ditopang oleh cip MediaTek Helio P35 yang dikombinasikan dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Penyimpanannya bisa diperluas melalui slot microSD khusus hingga 512GB. Baterainya memiliki kapasitas 3.020 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 39 jam (waktu bicara).

Kamera belakang Honor 8A
Kamera belakang Honor 8A | Ivan /Beritagar.id

Spesifikasi kameranya didukung lensa wide 13MP. Kombinasi itu diklaim mampu menghasilkan foto bokeh meski hanya menggunakan satu kamera.

Tak hanya itu, kamera Honor 8A juga dilengkapi mode HDR. Fitur ini akan membantu pengguna mendapatkan foto yang apik meski membelakangi cahaya.

Kamera depan Honor 8A punya resolusi 8MP. Serupa dengan Honor 10 Lite, Honor 8A juga memanfaatkan layarnya sebagai flash light sehingga hasil swafoto-nya akan terlihat terang meski minim cahaya.

Meski dirancang sebagai ponsel entry-level, Honor 8A justru lebih mengandalkan fitur keamanan Face Unlock ketimbang pemindai sidik jari. "Lebih ringkas saja," tutur Justin.

Selain itu, pemindai wajahnya tetap berfungsi meski dalam kondisi minim cahaya. Ponsel entry-level ini menjalankan OS Android 9 Pie dan EMUI 9.

Honor 8A dibanderol seharga Rp1.899.000. Ponsel ini secara eksklusif akan tersedia di Shopee pada 5 Maret dengan harga khusus senilai Rp1.699.000.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR