Setya Novanto masuk 10 besar Google Year in Search 2017

Google ungkap kata kunci terpopuler selama sepanjang tahun 2017.
Google ungkap kata kunci terpopuler selama sepanjang tahun 2017. | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Drama politik Tanah Air ternyata mendapat perhatian besar dari warga internet (warganet) Indonesia. Hal ini terbukti dari masuknya kata kunci Setya Novanto dalam daftar penelusuran terpopuler di Google sepanjang 2017.

Proses peradilan Setya Novanto yang dapat diibaratkan layaknya cerita novel atau sinetron, berhasil membawa kata kunci tersebut mengisi posisi ketiga, di bawah lagu "Surat Cinta untuk Starla" dan Pengabdi Setan--film horor Indonesia terlaris sepanjang masa.

Google merilis daftar tahunan Year in Search 2017, berdasarkan kata kunci yang masuk ke mesin pencarian mereka.

Dilansir dari Kompas.com (13/12), Product Communications Head Google Indonesia, Putri Silalahi, menuturkan bahwa ada dua kriteria yang digunakan oleh Google dalam menentukan pencarian terpopuler.

Pertama adalah pencarian yang menimbulkan lonjakan sangat tinggi di lalu lintas mesin pencarian dalam waktu singkat, misalnya tentang tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto.

Kriteria kedua adalah pencarian yang konsisten menimbulkan ketertarikan di kalangan warganet sepanjang Januari hingga awal Desember 2017.

Selain Penelusuran Terpopuler di atas, Google membagi Year in Search 2017 menjadi delapan kategori utama lain, seperti tampak pada tabel di bawah ini.

Pengisi daftar Google Year in Search 2017
Pengisi daftar Google Year in Search 2017 | Google Indonesia
Pengisi daftar Google Year in Search 2017
Pengisi daftar Google Year in Search 2017 | Google Indonesia

Dari statistik Google tersebut, ada tiga hal utama yang tercermin melalui daftar Google Year in Search 2017, yaitu:

1. Orang Indonesia terus mencari konten lokal

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Year in Search di Indonesia, lagu dan film karya anak bangsa menempati 2 peringkat teratas daftar penelusuran terpopuler di Indonesia.

2. Ada peluang yang sangat besar bagi talenta lokal untuk sukses lewat Internet

Lagu "Surat Cinta untuk Starla" pertama diluncurkan di YouTube, kemudian dipasarkan secara organik di media sosial selama 5 bulan hingga akhirnya meraih popularitas skala nasional.

"Surat Cinta untuk Starla" menempati peringkat teratas Year in Search 2017 karena penelusuran warganet yang sangat mendalam terhadap lagu karya Virgoun ini. Mulai dari video musik, lirik, arti lirik, kunci gitar, hingga antisipasi untuk filmnya yang sangat tinggi.

"Surat Cinta untuk Starla" merupakan hit Virgoun yang sudah dirilis sejak Februari 2016 di YouTube. Kepopuleran Surat Cinta untuk Starla ditunjang lirik yang romantis berhasil membuat masyarakat penasaran dengan lagu tersebut.

Bahkan kini videonya sudah ditonton sebanyak 180 juta kali.

Virgoun - Surat Cinta Untuk Starla (Official Lyric Video) /LAST CHILD

Tidak berhenti di situ, Surat Cinta untuk Starla juga diangkat menjadi film yang akan diputar bioskop di penghujung tahun ini, mulai 28 Desember.

b. Tak hanya penelusuran mendalam terhadap plot dan karakter film Pengabdi Setan, trailernya yang diunggah ke YouTube menjadi salah satu dari 10 video paling populer di YouTube tahun 2017. Maka tidak mengherankan jika Pengabdi Setan memborong piala terbanyak di Festival Film Indonesia (FFI) 2017.

[Ki-Ka] Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, Virgoun "Surat Cinta untuk Starla", Joko Anwar dan Ayu Laksmi "Pengabdi Setan", serta Putri Silalahi, Product Communications Head Google Indonesia, dalam acara Year in Search 2017, Rabu (13/12) , Jakarta
[Ki-Ka] Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, Virgoun "Surat Cinta untuk Starla", Joko Anwar dan Ayu Laksmi "Pengabdi Setan", serta Putri Silalahi, Product Communications Head Google Indonesia, dalam acara Year in Search 2017, Rabu (13/12) , Jakarta | Yoseph Edwin /Beritagar.id

3. Masyarakat Indonesia aktif menggunakan Google untuk menemukan peluang baru di ekonomi digital

a. 10 penelusuran terpopuler untuk kategori "Cara Menjadi..." berisi profesi berbasis digital, seperti "Cara menjadi Selebgram", "Cara menjadi YouTuber", "Cara menjadi reseller online shop", dan "Cara menjadi agen Bukalapak".

b. Rasa ingin tahu warganet yang tinggi terhadap tren makanan juga menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis. Jika dua tahun lalu "kue cubit" menjadi tren penelusuran Google, tahun ini ada "ayam geprek".

"Daftar Year in Search tahun ini menjadi cerminan dari apresiasi orang Indonesia terhadap kreativitas asli Indonesia," kata Tony Keusgen, Managing Director, Google Indonesia, dalam acara temu media di Jakata, Rabu (13/12).

"Dengan semakin banyak orang mengenal Internet, kita akan melihat lebih banyak konten, kreator, dan bisnis lokal bermunculan dari seluruh Indonesia, dan kami di Google berkomitmen untuk membantu mereka 'ditemukan', kapan saja, di mana saja."

Year in Search 2017 | #YearInSearch Indonesia /Google Indonesia
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR