Spesies baru dinosaurus terinspirasi monster Ghostbusters

Ilustrasi tulang dinosaurus
Ilustrasi tulang dinosaurus | Pixabay

Para peneliti dari Royal Ontario Museum (ROM) di Toronto, Kanada, berhasil mengidentifikasi spesies baru dinosaurus lapis baja dan menamainya berdasarkan seekor monster dari film keluaran 1984.

Dinosaurus ini diberi nama "Zuul crurivastator". Para penggemar film boleh jadi ingat nama ini karena terinspirasi oleh tokoh penjahat dalam film Ghostbusters, Zuul.

"Saya dan mitra penelitian saya, David Evans, sedang mencari nama apa yang cocok dan saya hanya setengah bercanda saat mengatakan 'wajahnya seperti Zuul dari Ghostbusters'," ujar Victoria Arbor, ahli paleontologi di ROM dan University of Toronto dikutip CBC News (Selasa 9/5/2017).

Zuul (diucapkan zool) digambarkan sebagai karakter setengah dewa dari timur kuno. Bertubuh besar, bertanduk, dan bentuk tubuhnya seperti anjing dengan mata merah bercahaya.

Ide Arbor mencomot nama Zuul muncul karena tengkorak spesies baru dinosaurus itu punya kesamaan dengan tengkorak monster Ghostbusters tersebut.

Evans, yang juga ahli paleontologi ROM menjelaskan, "Tengkorak dinosaurus baru itu memiliki moncong pendek dan bulat, dahi yang merata, serta dua pasang tanduk yang diproyeksikan mundur dari belakang mata, persis seperti Zuul."

Perbandingan ilustrasi dinosaurus Zuul (kiri) dan karakter Zuul di film Ghostbusters
Perbandingan ilustrasi dinosaurus Zuul (kiri) dan karakter Zuul di film Ghostbusters | Danielle Dufault /ArsTechnica

Dan Aykroyd, bintang utama Ghostbusters yang kebetulan orang Kanada sekaligus rekan peneliti, pun muncul dalam sebuah video yang dirilis oleh ROM. Aktor 64 tahun ini berpose bersama tengkorak dinosaurus Zuul.

"Kami sangat terhormat dengan keputusan Royal Ontario Museum untuk menggunakan nama yang kami sebut dalam film 'anjing teror' dan ia adalah Zuul, Z-U-U-L," kata Aykroyd.

Para peneliti lebih lanjut menjelaskan bahwa fosil dinosaurus tersebut ditemukan di tanah gambut utara Montana, Amerika Serikat. Lokasinya hanya 25 km dari perbatasan dengan Alberta, Kanada.

Peneliti dari Proyek Dinosaurus Alberta Selatan sebenarnya sedang menggali tanah untuk menemukan sisa-sisa Tyrannosaurus rex, tapi mereka malah menemukan Zuul.

Tengkoraknya sedikit cacat karena berada di bawah bebatuan berat selama jutaan tahun. Namun para peneliti telah merekonstruksi ulang bagaimana bentuk tengkoraknya pada saat kematiannya.

Zuul merupakan dinosaurus pemakan tumbuhan berkaki empat. Panjangnya sekitar 6 meter, bobotnya mencapai 2,5 ton, dan hidup sekitar 75 juta tahun yang lalu.

Zuul termasuk dalam kelompok dinosaurus Periode Kapur yang disebut Ankylosaurus. Ini adalah kelompok berisi hewan darat lapis baja paling berat yang pernah ada. Sebutan lapis baja didasari pada fakta bahwa tubuh mereka dilapisi dengan zirah tulang dari moncong sampai ujung ekor.

Bahkan zirah tersebut sering berhias duri besar dan ekor menyerupai pentungan yang bisa digunakan untuk menghancurkan kaki pemangsa. Ini seperti sepupu Tyrannosaurus rex, Gorgosaurus, yang habitatnya berdampingan dengan Zuul.

Ekor yang panjangnya sekitar 3 meter itu merupakan senjata pertahanan yang mengintimidasi lawan. "Ekor berduri Zuul yang punya daya hancur sejauh ini merupakan bagian paling keren dari binatang ini," kata Evans dilansir kantor berita Reuters (9/5).

ROM mengatakan bahwa mereka mendapatkan kerangka Zuul tahun lalu dan menyebutnya sebagai salah satu kerangka paling lengkap dan paling lestari dari kelompok dinosaurus ini yang pernah ditemukan.

Lingkungan yang kering menjadi faktor mumifikasi Zuul secara baik, sehingga memungkinkan para ilmuwan untuk melihat salah satu dinosaurus pejuang mematikan dalam keadaan terbaik.

Fosil itu masih memiliki jaringan halus, impresi kulit dan lapisan keratin pada duri-duri ekor.

"Mereka adalah hewan yang agak langka di ekosistem mereka dibandingkan dengan dinosaurus lain yang kita kenal dari daerah yang sama, seperti dinosaurus berparuh bebek," kata peneliti.

Penelitian tentang spesies baru ini, yang menurut ROM berukuran seperti badak putih, telah diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science edisi 10 Mei 2017.

3D animation of Zuul crurivastator retrodeformed skull /Royal Ontario Museum
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR