RINGKASAN SETAHUN

Topik populer di Google Indonesia sepanjang 2018

Ilustrasi pengguna gawai ponsel sedang melakukan pencarian di Google Search
Ilustrasi pengguna gawai ponsel sedang melakukan pencarian di Google Search | mirtmirt /Shutterstock

Google merupakan perusahaan teknologi yang sangat berfokus pada pembelajaran mesin. Semakin sering melayani para pengguna, maka ia akan semakin sesuai dengan karakter pengguna, menciptakan layanan yang personal.

Seperti biasa, menjelang penutupan tahun, Google membagikan beberapa topik yang paling banyak dicari oleh warganet di layanan Google Search. Daftar topik-topik terpopuler ini berbeda di setiap negara, sesuai dengan dinamika di masing-masing wilayah.

“Tahun ini, ​Year in Search menunjukkan bahwa ​ 2018 adalah tahunnya generasi muda berkarya untuk Indonesia​, mulai dari ​ berkarya untuk membawa kebaikan, menginspirasi, dan mengharumkan nama bangsa​,” ujar Feliciana Wienathan, Communications Manager Google Indonesia, dalam rilis pers yang diterima Beritagar.id (13/12/2018).

Google Indonesia juga melihat terjadinya pergeseran perilaku dan tren pencarian para pengguna peramban tersebut. Salah satunya mereka menghilangkan fitur "how to" karena sudah tak banyak yang menggunakannya lagi.

Kemudian ada kecenderungan bertambahnya pengguna media sosial mencari berita yang sedang viral langsung di Google Search.

"Karena itu memang meningkatkan rasa keingintahuan. Naturally akan ada korelasi antara berita yang viral dengan apa yang sedang trending di Google," kata Search Marketing Manager Google Indonesia, Mira Sumanti, dikutip dari Viva.co.id (14/12).

Namun tidak sekadar mencari tahu informasi lebih lanjut tentang berita viral tersebut, warganet juga cenderung mencari verifikasi kebenarannya.

Masuk ke topik terpopuler, hingga 28 November ternyata topik mengenai teknologi tidak lagi menjadi bintang. Sedangkan topik lain seperti olahraga, politik, bencana, dan selebritas tetap mendominasi. Padahal di tahun ini terdapat momen peluncuran gawai seperti iPhone Xs dan Galaxy Note 9.

Jika dibandingkan tahun lalu, pencarian dalam bidang teknologi ramai diisi oleh iPhone 8, iPhone X, dan Bitcoin. Jika mundur lagi, pada 2016 Pokemon Go dan iPhone 7 juga menjadi pembicaraan populer di sana.

Mendominasinya topik olahraga tidaklah mengherankan. Ada dua perhelatan besar olahraga yang menarik perhatian masyarakat Indonesia, yaitu Asian Games di negeri sendiri dan Piala Dunia sepak bola di Rusia.

Dalam penelusuran Google, banyak masyarakat yang ingin mengetahui informasi terbaru raihan medali selama ajang Asian Games 2018. "Karena itu, saat Asian Games 2018 kami membuat fitur khusus untuk memudahkan informasi perolehan medali," tambah Mira.

Bencana juga tidak bisa dilupakan sebagai buah memori di 2018. Tahun ini Indonesia dilanda sejumlah bencana yang memakan cukup banyak korban. Mira mencontohkan bagaimana saat peristiwa bencana alam seperti gempa bumi Lombok dan Palu ada banyak anggota masyarakat yang mencari cara membantu korban bencana.

Mengenai selebritas juga tidak kalah populer. Tahun ini juga ada banyak pesohor yang tutup usia.

Secara keseluruhan, atau tanpa melihat kategori topik, pencarian paling populer sepanjang 2018 di antaranya adalah Piala Dunia Rusia 2018, Asian Games 2018, Piala AFF 2018, Nissa Sabyan, Karna Su Sayang, Deen Assalam, Meraih Bintang-Via Vallen, Lagi Syantik-Siti Badriyah, dan Bukti-Virgoun.

Google menjelaskan bahwa daftar topik pencarian terpopuler yang dipublikasikan ini tidak diurutkan berdasarkan peringkat popularitas. Mira mengatakan bahwa kurasi pencarian sepanjang tahun dilihat dari topik dengan peningkatan penelusuran paling tinggi dalam periode berkelanjutan sepanjang tahun ini dibanding tahun lalu.

Untuk daftar lengkapnya silakan kunjungi tautan ini.

Prediksi tahun depan

Berbicara prediksi soal topik terpopuler di Tanah Air untuk tahun depan, bukan perkara sulit. Akan ada dua kategori yang menjadi sorotan, mereka adalah tokoh dan peristiwa nasional.

Pernyataan ini dilontarkan oleh Mira. Ia menuturkan prediksi tersebut didasarkan pada Pemilihan Presiden yang akan diadakan tahun 2019.

Mira mengatakan metode yang digunakan Google untuk menghadirkan daftar pencarian paling populer di Indonesia pada tahun depan akan tetap sama seperti tahun ini. Mereka akan membandingkan pertumbuhan kata pencarian tertentu di tahun ini dengan 2019 mendatang.

"Untuk tahun depan, metode yang digunakan sama lagi. Nanti kita akan melihat perbandingan pencarian tokoh-tokoh tersebut di tahun ini dibandingkan dengan tahun depan," tuturnya dilansir dari detikInet (14/12).

Google #YearInSearch Indonesia 2018 /Google Indonesia
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR