GAWAI TERKINI

Vivo V9 diperkenalkan di Candi Borobudur

Para duta jenama (ki-ka): Maudy Ayunda, Agnez-Mo, dan Afgan, sedang mengambil swafoto dalam acara peluncuran Vivo V9 di kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (29/3/2018).
Para duta jenama (ki-ka): Maudy Ayunda, Agnez-Mo, dan Afgan, sedang mengambil swafoto dalam acara peluncuran Vivo V9 di kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (29/3/2018). | Ivan /Beritagar.id

Pada Kamis (29/3/2018), bertempat di kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Vivo, produsen ponsel asal Tiongkok akhirnya resmi meluncurkan perangkat terbarunya, yakni Vivo V9 untuk pasar Indonesia.

Mengusung tagline "Perfect Shot Perfect View", acara peluncuran Vivo V9 ditayangkan secara langsung oleh 12 stasiun televisi nasional dan 10 media daring. Para duta jenama Vivo, seperti Maudy Ayunda, Tulus, Prilly Latuconsina, Afgan, Al Ghazali, dan Agnez Mo, juga turut meramaikan suasana.

Terkait peluncuran V9, Edy Kusuma, General Manager for Brand and Activation Vivo Indonesia mengatakan bahwa misi global Vivo bukan hanya menghadirkan teknologi smartphone terbaru dan sesuai kebutuhan konsumen, namun juga mendukung generasi milenial untuk berekspresi dan beraktualisasi diri.

"Vivo V9 adalah manifestasi dari riset konsumen yang mendalam, tim pengembangan teknologi yang berstandar global, dan motivasi untuk terus menghadirkan kejutan bagi konsumen kami di berbagai negara, termasuk Indonesia sebagai salah satu pasar yang penting bagi Vivo," tutur Edy dalam sesi tanya jawab usai acara peluncuran.

Lalu bagaimana dengan desain, spesifikasi, dan fitur yang dibawa oleh Vivo V9? Apakah benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia? Berikut kami jabarkan satu persatu:

Desain

Vivo V9 hadir dengan desain yang solid seperti ponsel berukuran 5,5 inci, namun menawarkan pengalaman layar 6,3 inci dan tetap nyaman saat digenggam. Model ini menampilkan layar Full View rasio screen-to-body hingga 90 persen. Layarnya pun memiliki resolusi Full HD+ 1080x2280 piksel.

Bisa dibilang, desain yang diusung hampir sama dengan iPhone X. Apalagi dengan terdapat poni layar atau notch di tengah atas layar. Poni tersebut menjadi ruang untuk kamera depan, earpiece, dan sensor proximity.

Sempat ditanyakan, mengapa Vivo mengikuti desain notch yang ada pada jenama premium. Edy mengatakan, semua keputusan itu berdasarkan riset yang mereka lakukan kepada para pengguna. Mereka hanya mengikuti umpan balik dari masyarakat maunya seperti apa.

V9 juga mengikuti tren layar kekinian dengan mengadopsi aspek rasio layar 19:9 demi meningkatkan ukuran layar hingga 5,2 persen dibanding V-series sebelumnya yaitu V7+, serta mengurangi ukuran bezel samping hingga 19 persen menjadi 1,75mm.

Sementara itu pada bagian belakangnya, V9 didesain dengan lengkungan 3D pada penutup belakang yang dioptimalkan secara ergonomis sehingga terasa ringan dan nyaman dalam genggaman.

Kamera

Lagi-lagi mengikuti tren pasar ponsel, yaitu penggunaan kamera ganda. Vivo turut menyematkan dua kamera utama (belakang) yang posisinya secara vertikal mirip iPhone X. Masing-masing resolusi sensornya 13MP + 2MP dengan bukaan f/2.0. Serta kamera depan dengan sensor 24MP untuk kebutuhan swafoto.

Tak ketinggalan, Vivo juga menyematkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada kamera V9. Fungsi dari AI tersebut adalah untuk menghasilkan foto yang jernih serta mampu menunjukkan keindahan mereka dengan alami.

Selain itu ada fitur-fitur pendukung antara lain AI Face Beauty, AI Selfie Lightning, AI Bokeh, AI HDR, dan AR Sticker.

Performa

Kemudian untuk performanya, Vivo V9 ditenagai oleh prosesor octa-core Snapdragon 450 dengan fabrikasi 14 nm. Kapasitas RAM dan ROM-nya sebesar 4GB dan 64GB. Kapasitas penyimpanan internalnya masih bisa ditambah hingga 256 GB melalui dukungan microSD.

Sebelumnya sempat dirumorkan bahwa V9 akan menggunakan Snapdragon 626, namun Edy menyatakan masyarakat Indonesia saat ini hanya membutuhkan Snapdragon 450. V9 yang dijual di negara lain ditenagai oleh Snapdragon 626.

Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo berbalut FunTouch OS 4.0. Untuk kapasitas baterainya cukup besar yakni 3.260 mAh.

Untuk para pecinta gim, Vivo memberikan sebuah fitur khusus yaitu New Game Mode yang memberikan pengalaman gim yang semakin nyaman dan fokus bagi pengguna dengan kemampuan memblokir semua pesan, panggilan, serta notifikasi saat bermain gim.

Sebagai alternatif, pengguna dapat mengatur kembali untuk menampilkan panggilan telepon hanya dari kontak pilihan atau white list. Fitur picture-in-picture juga disematkan dengan maksud agar pengguna tetap bisa bermain gim sekaligus membalas pesan penting.

Keamanan

Dengan teknologi AI Face Access terbaru, V9 bisa memindai karakteristik wajah pengguna pada saat diaktifkan, lalu membuka ponsel dalam waktu sangat singkat. Fitur ini juga mendeteksi pantulan cahaya dan gerakan pada wajah untuk mencegah pembukaan ponsel dengan foto atau video.

Selain itu, untuk mendukung privasi dan perlindungan data, Face Access with App-Lock dapat mengunci aplikasi tertentu pada ponsel dan hanya dapat dibuka dengan pemindaian wajah. Tak ketinggalan fitur pemindai sidik jari yang ada di bagian belakang bodi.

Ketersediaan dan harga

Vivo V9 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Gold in Black dan Gold yang dijual dengan label resmi Rp3.999.000. Prapemesanan Vivo V9 dapat dilakukan per 29 Maret 2018 di lima toko daring resmi Vivo Indonesia yaitu Lazada.id, JD.id, Shopee, AkuLaku.com, dan Dinomarket.

Dalam waktu dekat, Vivo juga akan merilis V9 dengan warna baru yaitu Blue Saphire Edition.

Para duta jenama dan artis-artis lainnya yang turut memeriahkan acara sedang melakukan pengambilan swafoto menggunakan Vivo V9 berwarna Blue Saphire Edition
Para duta jenama dan artis-artis lainnya yang turut memeriahkan acara sedang melakukan pengambilan swafoto menggunakan Vivo V9 berwarna Blue Saphire Edition | Ivan /Beritagar.id
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR