APLIKASI DIGITAL

WhatsApp Bisnis sudah tersedia untuk perangkat iOS

Layar ponsel yang menunjukkan logo WhatsApp di Berlin, Jerman, pada 31 Desember 2017
Layar ponsel yang menunjukkan logo WhatsApp di Berlin, Jerman, pada 31 Desember 2017 | Hayoung Jeon /EPA-EFE

Setelah meluncur dalam versi Android pada 2018, kini WhatsApp Bisnis (WhatsApp Business) hadir untuk pengguna iOS meski masih dalam versi beta. Bila versi Android meluncur hanya di enam negara, termasuk Indonesia, kini WhatsApp Business untuk iOS tersedia di seluruh dunia.

Fungsinya sama seperti WhatsApp konvensional, hanya saja ia dilengkapi beberapa fitur untuk menunjang bisnis. Hal ini pertama kali diumumkan WABetaInfo pada pekan lalu, Kamis (14/2/2019). WABetaInfo adalah situs khusus untuk mengupas dan mengumbar fitur-fitur yang tengah dikembangkan oleh aplikasi milik Facebook tersebut.

Karena masih "beta", maka baru segelintir orang yang bisa mencoba WhatsApp Bisnis di sistem operasi tersebut. Saat ini, WhatsApp Bisnis Beta baru tersedia terbatas untuk perangkat iPhone, belum untuk iPad dan iPod.

"Setelah peluncuran WhatsApp Business untuk Android, banyak yang bertanya soal dukungan di iOS. Kami tidak tahu alasan WhatsApp mendahulukan Android, mungkin karena penggunanya lebih banyak di sana. Namun kini kami senang mengumumkan bahwa versi iOS akhirnya tersedia secara beta," situs tersebut menjelaskan.

Pengguna yang ingin menguji coba harus mengikuti program beta melalui laman "TestFlight". Saat ini kuotanya sudah penuh sehingga yang belum dapat kesempatan harus menunggu hingga WhatsApp Bisnis untuk iOS resmi meluncur secara publik dalam beberapa minggu mendatang.

Setelah mengunduh dan meng-install aplikasi pada iPhone yang berjalan dengan sistem operasi minimal iOS 8 atau versi lebih baru, jalankan aplikasi dan daftar menggunakan nomor ponsel Anda.

Dengan warna biru gelap, aplikasi beta untuk iPhone menyertakan “Messaging Tools” bagi bisnis seperti pesan salam dan pesan jarak jauh. Balasan cepat dan fitur penerima juga bisa diatur yang memungkinkan pengguna memilih penerima untuk pesan tertentu.

Selain itu, ada juga opsi yang memungkinkan pengguna untuk memigrasikan akun WhatsApp dan kontak yang ada ke akun WhatsApp Bisnis. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan profil bisnis mereka dan mengonfigurasi waktu bisnis dengan opsi pada menu edit.

Pengguna bisa menyetel balasan otomatis untuk pertanyaan serupa yang ditanyakan konsumen. Pesan otomatis juga bisa diatur untuk menyambut konsumen baru atau lama yang dalam 14 hari tak aktif berinteraksi.

Beberapa fitur lain yang juga membedakan WhatsApp Bisnis dan versi konvensional adalah penambahan nomor telepon rumah dan kantor, pemilihan kategori bisnis, mengatur profil bisnis, serta centang hijau untuk menandai akun yang terverifikasi.

Gizbot, Senin (18/2), menyebutkan bahwa tiga iPhone terbaru saat ini; iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR dapat menggunakan WhatsApp dan WhatsApp Bisnis dengan nomor telepon yang berbeda. Maklum tiga ponsel tersebut mendukung kartu SIM ganda.

Pada Januari lalu, WhatsApp mengumumkan bahwa versi Bisnis memiliki basis pengguna aktif lebih dari lima juta orang. Platform ini digunakan oleh para pebisnis untuk mendukung pelanggan, mengembangkan bisnis, dan melayani komunitas mereka di seluruh dunia.

“Pada bulan 2018, kami meluncurkan aplikasi WhatsApp Business, dan sekarang ada lebih dari lima juta pebisnis yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengembangkan bisnis mereka, dan melayani komunitas mereka di seluruh dunia," kata WhatsApp.

Sedangkan, WhatsApp secara global telah tumbuh sebagai aplikasi pesan instan paling populer di dunia sejak diluncurkan pada 2009. Saat ini, tercatat ada sekitar 1,5 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

WhatsApp Bisnis akan bersaing dengan aplikasi serupa. Di antaranya Business Chat milik Apple, layanan pesan RCS Android, dan Messenger milik Facebook.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR