Xiaomi dan Samsung kerjasama produksi komponen gawai

Lei Jun, CEO Xiaomi, memperkenalkan Redmi Note 3 dalam sebuah acara peluncuran di Beijing, Tiongkok, pada 24 November 2015
Lei Jun, CEO Xiaomi, memperkenalkan Redmi Note 3 dalam sebuah acara peluncuran di Beijing, Tiongkok, pada 24 November 2015 | Wu Hong /EPA

Lei Jun, CEO sekaligus pendiri Xiaomi --salah satu perusahaan gawai ternama di Tiongkok, akan melakukan pertemuan dengan para pimpinan perusahaan gawai Korea Selatan Samsung. Dilansir Pulsenews, Rabu (13/7/2016), mereka akan membahas kesepakatan produksi komponen gawai.

Pembahasan akan dilakukan Jun dengan presiden divisi bisnis cip memori Samsung, Jeon Young-Hyun, pada Rabu mendatang.

Xiaomi kemungkinan besar tertarik pada sumber cip memori dan layar milik Samsung. Itu sebabnya Xiaomi juga direncanakan bertemu dengan pimpinan Samsung dari divisi komponen layar.

Kabar ini sungguh mengejutkan karena Samsung dan Xiaomi adalah rival di pasar gawai pintar dewasa ini. Tapi bagaimanapun, jika Samsung bisa memproduksi komponen untuk Apple, mereka juga bisa melakukan hal yang sama untuk Xiaomi.

Sebagai pimpinan eksekutif Samsung, Jeon bertugas menangani bisnis cip memori di seluruh dunia. Hal ini pun sudah diperkirakan bahwa produsen gawai Tiongkok akan meminta Samsung untuk memasok cip memori untuk dipasangkan di gawai-gawai terbaru.

Koreatimes (13/7) menyebutkan, Xiaomi bersaing dengan Samsung dalam urusan ponsel dengan bujet terjangkau, namun belum lama ini, beberapa produsen gawai Tiongkok malah mulai fokus ke gawai-gawai premium dan berharap juga untuk masuk ke pasar pembayaran mobile di Tiongkok melalui aliansi strategis dengan para pemimpin sektor.

Sebelumnya, Xiaomi memang disebut-sebut sedang mencari penyedia komponen untuk pasokan layar lengkung. Samsung pun diprediksi menjadi klien potensial untuk kerjasama ini. Xiaomi Mi Note 2 yang digadang-gadang akan menggunakan layar lengkung

Informasi lain menyebutkan Samsung akan mulai membuat modul kamera ganda untuk memasok perangkat terbaru Xiaomi. Adalah Samsung Electro-Mechanics (Semco) yang memproduksi modul kamera ganda tersebut. Divisi ini kebetulan memproduksi beragam komponen elektronik.

Sebenarnya Samsung Electro-Mechanics pernah menyediakan modul kamera tunggal untuk Xiaomi. Xiaomi Mi 5s yang diprediksi rilis pada semester kedua 2016 disebut akan menjadi perangkat pertama Xiaomi yang menggunakan modul kamera ganda dari Samsung.

Selain Xiaomi, Samsung juga akan memasok modul kamera ganda untuk pabrikan gawai lainnya seperti LeEco dan Oppo yang merupakan produsen gawai terbesar ke-4 secara global. Bahkan menurut laporan Counterpoint, yang dikutip Bloomberg pekan lalu, Oppo berada di peringkat tiga di pasar Tiongkok dan mengalahkan Xiaomi.

Bisnis kamera ganda mengurangi ketergantungan divisi Samsung pada perusahaan induk. 61,8 persen produksi Samsung Electro Mechanics kebetulan dipesan langsung oleh Samsung. Masuknya pelanggan baru membuat bisnis Samsung Electro Mechanics semakin kuat dan akan meningkatkan pendapatan Samsung.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR