GAWAI TERKINI

Xiaomi jadikan Redmi merek terpisah

CEO Xiaomi, Lei Jun memperkenalkan Redmi Note 3 di Beijing, Tiongkok pada 24 November 2015
CEO Xiaomi, Lei Jun memperkenalkan Redmi Note 3 di Beijing, Tiongkok pada 24 November 2015 | Wu Hong /EPA-EFE

Xiaomi membuat gebrakan baru pada awal tahun 2019. Perusahaan teknologi dari Tiongkok itu dikabarkan bakal menjadikan Redmi sebagai sub-brand yang berdiri sendiri, seperti Poco yang telah mengeluarkan Pocophone pada Agustus tahun lalu.

Ponsel perdana Redmi sebagai merek yang terpisah dari Xiaomi dijadwalkan meluncur pada 10 Januari 2019. Menurut Business Today, ada tiga model yang telah masuk TENAA--regulator produk teknologi informasi di Tiongkok--dengan kode M1901F7C, M1901F7T, dan M1901F7E.

Belum diketahui nama jual produk itu nantinya, walau ada beberapa yang menyebutnya sebagai seri Redmi 7.

Xiaomi belum mengonfirmasi kebenaran kabar ini, tetapi poster akan hadirnya produk tersebut telah ditayangkan situs resmi mereka.

Selain itu, mengutip Gizmo China, pendiri Xiaomi, Lei Jun, telah memaparkan dalam Weibo--situs media sosial populer di Tiongkok--keputusan untuk menjadikan Redmi sebagai merek independen. Ia bahkan mengungkapkan produk perdananya adalah ponsel dengan sensor kamera 48 MP.

Dalam unggahan itu Lei Jun juga menjelaskan bahwa Redmi akan menjadi merek untuk ponsel ramah kantong, Xiaomi Mi akan memproduksi ponsel kelas atas (flagship), sementara Poco mengeluarkan ponsel "premium tapi terjangkau".

Selain itu, ia juga menyatakan penjualan Redmi akan difokuskan melalui platform e-commerce. Sebaliknya, Mi hanya akan dijual resmi di toko, tidak melalui e-commerce.

Dengan pemisahan ini, menurut Lei, Xiaomi bisa lebih fokus dalam mengembangkan seri Mi untuk bersaing di pasar kelas menengah hingga atas.

"Kami percaya dengan menjadikan Redmi sebagai merek independen, Redmi dan Xiaomi akan berkembang ke arah berbeda, dan keduanya akan beroleh keuntungan," kata Lei Jun dalam Business Today.

Pemisahan varian ponsel produksi satu perusahaan menjadi sub-merek yang independen bukanlah langkah baru dalam industri ini.

Produsen ponsel terbesar di Tiongkok saat ini, Huawei, memiliki Honor sebagai sub-brand. Sementara Oppo punya Realme dan Evercoss dengan Luna.

Bocoran spesifikasi Redmi terbaru

Mengutip data TENAA, Gizmochina memaparkan Redmi terbaru itu menggunakan cip dari Qualcomm Snapdragon 710 octa-core dengan kecepatan 2,2GHz yang dipadukan bersama RAM sebesar 3GB atau 4GB. Sisi grafis pun diperkirakan cukup mumpuni karena didukung GPU dari Adreno 616.

Ketiganya berukuran 159,21 x 75,21 x 8,1 mm. Ukuran layar yang digunakan juga sama, yaitu 6,3 inci dengan baterai berkapasitas 3.900 mAh.

Kamera belakang Xiaomi Redmi 7 menjadi daya tarik utamanya karena resolusinya mencapai 48MP dengan sensor Sony IMX586 berukuran 1/2 inci 0.8 micron piksel.

Hingga saat ini memang belum ada informasi apakah kamera belakang Redmi 7 ini hanya satu atau kamera ganda seperti ponsel kekinian lainnya, namun menurut gambar dari situs TENAA, ponsel ini bakal dibekali kamera ganda.

Selain itu, kemungkinan besar perangkat tersebut bakal menggunakan port USB Type-C, bukan port microUSB seperti yang digunakan oleh lini Redmi lainnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR