SISTEM OPERASI

Xiaomi kembangkan MIUI 11, Redmi Note 7 hadir

MIUI 11
MIUI 11 | Xiaomi

Xiaomi mengawali tahun 2019 dengan mengumumkan dua produk terbaru. Pertama, mereka menyatakan bakal memulai pengembangan MIUI 11. Selain itu, mereka juga meluncurkan Redmi Note 7, ponsel perdana Redmi setelah resmi menjadi sub-brand.

Dimulainya pengembangan MIUI 11, seperti dilansir forum diskusi Xiaomi, Sabtu (11/1/2019), diungkapkan Xiaomi pada pertemuan tahunan MIUI Core Experience. Dengan demikian, upaya penelitian dan pengembangan utama tim MIUI sekarang akan dipindahkan dari MIUI 10, yang diluncurkan April tahun lalu, ke MIUI 11.

MIUI adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk gawai buatannya yang berbasis pada sistem operasi Android. Antarmukanya yang unik menggabungkan keunggulan antarmuka besutan raksasa teknologi lain seperti Apple dan Samsung yang masing-masing memiliki iOS dan TouchWiz.

Saat ini, MIUI OS adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Android di seluruh dunia. Tak hanya itu, MIUI juga menjadi perangkat lunak yang memiliki banyak penggemar dan pengembang.

Jika ditotal, seperti dijelaskan Gadgets360 (11/1), MIUI sendiri telah digunakan lebih dari 300 juta pengguna di seluruh dunia, memakan waktu pengembangan hingga 402 minggu, dan bertahan lebih dari 8 tahun.

MIUI juga diklaim sebagai kustom ROM paling lama bertahan dari produsen ponsel Tiongkok. Dan hingga kini, MIUI masih terus didukung dan dikembangkan Xiaomi.

Meski tidak dijelaskan lebih lanjut bagaimana rupa dan fitur MIUI 11, Kepala Departemen Perencanaan Produk, Liu Ming mengatakan bahwa MIUI 11 akan menjadi OS yang baru dan unik. Demikian dinukil Gizbot (11/1).

MIUI 11 diharapkan menawarkan gaya antarmuka pengguna baru berdasarkan AOSP. Beberapa ponsel unggulan seperti Poco F1, Mi 8, Mi Mix 3 akan menjadi perangkat pertama yang menerima pembaruan MIUI 11 dalam beberapa hari mendatang tentunya dalam versi beta. Sedangkan versi finalnya direncanakan akan hadir pada Q3 2019.

Perusahaan ini kemungkinan besar menawarkan UI seperti iOS dengan warna pemberitahuan yang didesain ulang dengan dukungan untuk penyesuaian tambahan. Perusahaan kemungkinan besar akan meningkatkan UX keseluruhan MIUI 11 dibandingkan dengan MIUI 10.

Selain ketiga ponsel di atas, berikut adalah daftar ponsel Xiaomi yang bakal menerima pemuktahiran MIUI 11 dalam beberapa hari mendatang, di antaranya Mi MIX 2, Redmi Note 6 Pro, Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 4/5, Redmi 4/5/6, Redmi 5A/6A, Redmi Y2, dan MI MAX 2.

Hadirnya Redmi Note 7

Redmi Note 7
Redmi Note 7 | Xiaomi

Setelah menjadi jenama terpisah dari Xiaomi, alias sub-brand, Redmi pun menepati janjinya dengan meluncurkan perangkat perdananya yang diberi nama Redmi Note 7 pada Kamis (10/1/2019).

Seperti seri Redmi yang telah diproduksi Xiaomi sebelumnya, Redmi Note 7 masuk dalam segmen menengah yang dijual dengan harga terjangkau. CEO Xiaomi, Lei Jun mengatakan bahwa ciri khas Redmi tersebut tidak akan berubah meski sudah berdiri sendiri.

RN7 membawa spesifikasi kamera ganda yang terdiri dari kamera utama 48MP dan kamera sekunder 5MP. Dengan keunggulan ini, RN7 diharapkan mampu menghadirkan pengalaman fotografi yang tak biasa-biasa saja.

Bodinya mengusung konsep gradien warna pink dan biru, menampilkan kesan elegan dan atraktif. Pada bagian depan, ponsel tersebut memiliki layar dengan rasio 19,5: 9 berukuran 6,3 inci dan disertai dengan poni waterdrop.

Sedangkan pada dapur pacunya, Redmi Note 7 mengusung prosesor Snapdragon 660 dengan didukung tiga varian RAM dan memori internal, yakni 3GB/32GB, 4GB/64GB, dan 6GB/64GB serta konsumsi daya baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Saat ini, RN7 masih mengadopsi sistem operasi MIUI 10 berbasis Android 9.0 Pie. Tak menutup kemungkinan, ponsel tersebut juga bakal mendapatkan pembaruan ke MIUI 11 dalam waktu dekat.

Untuk harga dan ketersediaannya, Redmi Note 7 dengan varian RAM 3GB/32GB dibanderol RMB999 (Rp2,1 juta), RAM 4GB/64GB RMB1.199 (Rp2,5 juta), dan RAM 6GB/64GB RMB1.399 (Rp2,9 juta).

Untuk sementara ponsel perdana Redmi ini baru akan tersedia untuk pasar Tiongkok, namun menurut pengamat gawai Herry SW dalam cuitannya di Twitter, dalam waktu dekat RN7 bakal melenggang di Indonesia.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR