Yang harus dipertimbangkan saat harus memilih server

SPONSOR: Lenovo
Ilustrasi yang harus diperhatikan saat memilih server
Ilustrasi yang harus diperhatikan saat memilih server | Shutterstock

Sebagai salah satu modal penting dalam bisnis, sudah semestinya semua data yang berhubungan dengan usaha disimpan di tempat yang paling aman. Oleh karena itu, sebagai bagian dari investasi bisnis, pilihlah server yang mumpuni untuk perkembangan usaha Anda.

Memilih server dengan tepat menjadi penting diperhatikan mengingat server bisa diibaratkan sebagai brankas untuk menyimpan semua data vital bagi setiap pebisnis. Tanpa terkecuali bisnis skala besar ataupun kecil, ketika usaha terus berkembang, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki server sendiri. Hal ini akan semakin penting jika Anda memiliki usaha yang bergerak di bidang digital.

Saat Anda sudah siap untuk membeli server, pertimbangkan beberapa faktor berikut untuk memilih server.

Bujet dan kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli server tentu Anda sudah lebih dahulu harus mengetahui seperti apa kebutuhan kebutuhan bisnis Anda terhadap infrastruktur tersebut. Penting untuk memilih server yang sesuai dengan keperluan usaha Anda agar bisnis tak perlu terhambat perkara masalah teknis. Kemudian, baru sisihkan bujet agar Anda lebih mudah mencari produk yang sesuai.

Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan data merupakan salah satu pertimbangan utama saat akan memilih server. Setiap server memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Jika usaha Anda belum terlalu besar atau kapasitas yang diperlukan hanya ada di tahap rata-rata, maka pilihlah server yang menyediakan kapasitas penyimpanan rata-rata. Namun, jika bisnis yang Anda jalani merambah di dunia digital dan semakin besar dari waktu ke waktu, sebaiknya pilihlah server yang menawarkan kapasitas penyimpanan besar. Jangan sampai operasional usaha Anda terganggu hanya karena server kelebihan beban. Bayangkan berapa banyak kerugian yang akan timbul jika operasional terganggu walau hanya dalam hitungan detik.

Jenama

Faktor jenama juga tentu harus dipertimbangkan saat memilih produk yang akan mendukung infrastruktur bisnis Anda. Pilih server dari jenama terpercaya. Kelebihan memilih produk yang berasal dari jenama besar adalah kemudahan layanan yang bisa didapat oleh pelanggan.

Layanan

Server merupakan infrastruktur usaha yang beroperasi 24 jam penuh setiap hari. Oleh karena itu, penting untuk terus memantau kinerja perangkat yang satu ini. Oleh karena itu, saat memilih server, pilihlah produk yang memberikan layanan pemeriksaan atau perbaikan server yang praktis dan responsif, seperti Lenovo System X3650 M5. Layanan pemeriksaan yang disediakan oleh Lenovo memungkinkan pemeriksaan dilakukan pada hari yang sama dan langsung dikerjakan di lokasi tempat server disimpan. Anda tak perlu repot melepas dan membawa server yang rusak untuk perbaikan ketika server bermasalah kemudian hari.

Sebagai salah satu bentuk investasi bisnis, tentu tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli perangkat server. Pastikan Anda mempertimbangkan faktor-faktor di atas untuk memilih server yang sesuai dengan kebutuhan usaha.

SPONSOR: Lenovo
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR