RINGKASAN SETAHUN

Yang populer di Twitter sepanjang 2018

Country Industri Head Twitter Indonesia dan Malaysia, Dwi Adriansyah dalam presentasinya dalam acara #RameDiTwitter, Rabu (5/12) di Jakarta.
Country Industri Head Twitter Indonesia dan Malaysia, Dwi Adriansyah dalam presentasinya dalam acara #RameDiTwitter, Rabu (5/12) di Jakarta. | Yoseph Edwin /Beritagar.id

Meski tak sepopuler Facebook di Indonesia, Twitter tetap diminati pengguna media sosial Tanah Air. Lewat acara #RameDiTwitter, platform media sosial berlogo burung ini berbagi info tentang yang populer di Twitter sepanjang 2018.

Bukan rahasia popularitas Twitter di Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan Facebook. Menurut data dari statcounter, hingga November 2018 Twitter di Indonesia memiliki pangsa mencapai sekitar delapan persen, sementara Facebook mencapai sekitar 60 persen.

Meski demikian, Twitter masih punya peminat tersendiri di Indonesia. Menurut Country Industri Head Twitter Indonesia dan Malaysia, Dwi Adriansyah, sifat Twitter yang live dan conversational menjadi pembedanya dengan platform media sosial lain. Model ini memudahkan pengguna berpartisipasi dalam membicarakan suatu topik.

"Twitter sebenarnya merupakan platform percakapan untuk melihat hal yang sedang terjadi. Tidak seperti media sosial lain yang rata-rata penggunanya memiliki mindset ‘look at me’ di Twitter lebih ke ‘look at this’. Mereka tak perlu mencari tahu konten apa yang ingin dicari, pengguna datang dengan pemikiran pencarian konten,” ujarnya.

“Apa yang dilihat di timeline, itu yang di-engage.”

Dalam kesempatan yang sama, Rabu (5/12), Twitter juga berbagi insight sepanjang perjalanannya selama 2018 di Indonesia. Di antaranya tagar yang paling sering digunakan, akun yang paling banyak dibicarakan secara keseluruhan, akun hiburan yang paling banyak dibicarakan, dan tiga cuitan (tweet) teratas yang paling banyak di-retweet.

Bicara tagar, posisi satu dan dua dalam 10 tagar yang paling sering digunakan ternyata di duduki oleh boyband asal negeri ginseng, yaitu #BTS dan #Exo.

Sedangkan akun yang paling banyak dibicarakan adalah akun Presiden Republik Indonesia @jokowi. Selebihnya ada akun-akun pelaku politik lain dominasi daftar 10 teratas, seperti @prabowo yang mengisi posisi empat, @fadlizon pengisi posisi enam, @Fahrihamzah posisi delapan, dan @sandiuno di posisi sembilan.

Dalam dunia hiburan, Twitter menempatkan akun Agnez Mo sebagai akun hiburan Indonesia yang paling banyak dibicarakan. Akun-akun olahraga yang informatif pun mendapatkan banyak perhatian seperti halnya @BadmintonTalk dan @MafiaWasit yang menempati posisi teratas sebagai akun yang paling banyak dibicarakan.

10 tagar yang paling banyak digunakan
10 tagar yang paling banyak digunakan | Twitter Indonesia
10 akun yang paling banyak dibicarakan di indonesia
10 akun yang paling banyak dibicarakan di indonesia | Twitter Indonesia
10 akun hiburan yang paling banyak dibicarakan di indonesia
10 akun hiburan yang paling banyak dibicarakan di indonesia | Twitter Indonesia
10 akun olahraga yang paling banyak dibicarakan di indonesia
10 akun olahraga yang paling banyak dibicarakan di indonesia | Twitter Indonesia

Selain itu ada pula tiga Tweet Indonesia yang banyak di-Retweet oleh pengguna di Indonesia menurut Twitter.

1. Mas Bam @masxbam — Cuitan-cuitan lucu tidak pernah menjadi topik yang membosankan di Twitter salah satunya adalah Tweet dari @masxbam. Tweetnya meraih Retweet 39.000 kali.

2. Teddy Gusnaidi (@TeddyGusnaidi) - Tweet singkat namun mengocok perut ini mendapatkan Retweet 36.000 kali. Unggahan video dengan Tweet lucu “Cuma di Indonesia, Tornado gak punya harga diri,” ini memperlihatkan anak anak SD Indonesia yang sama sekali tidak gentar bermain main di dalam pusaran tornado.

3. Dr. Gia Pratama (@GiaPratamaMD) — Tweet yang berasal dari dr Gia Pratama ini membahas penyebab penyakit batu ginjal. Hal ini unik karena tidak biasanya topik ilmiah mendapatkan reaksi dan umpan balik yang sangat signifikan dari para pengguna Twitter.

Dr. Gia menyampaikannya dengan gaya bahasa sehari-hari, dan berkomunikasi dengan para pengguna menggunakan tagar #serisayangidirimu. Tweet ini telah di-Retweet lebih dari 35.000 kali.

Dalam perjalanannya, pada 2018 Twitter telah menelurkan aplikasi Twitter versi ringan atau Twitter Lite. Twitter Lite tetap bisa lancar diakses di daerah dengan konektivitas 2G atau 3G.

Karena konsumsi datanya yang rendah, ini sejalan dengan negara yang masih menyediakan kuota data dengan harga kurang terjangkau. Aplikasi ini juga lebih sedikit menggunakan memori, saat dipasang ukurannya hanya mencapai 3 MB.

Twitter Lite memiliki beberapa fitur untuk meringankan konsumsi data, misalnya "Data saver", yang membantu pengguna mengontrol proses unduhan gambar. Jika fitur ini diaktifkan, pengguna bisa memilih gambar atau video mana yang ingin diunduh.

Selain itu, demi menciptakan situasi yang kondusif, Dwi mengatakan sebanyak 70 juta akun bodong telah dimatikan selama 2018. Ia menyebut akun tersebut dikategorikan manipulatif.

"Banyak yang ter-suspend karena mereka membuat fake engagement. Ini juga merupakan misi kami untuk memberantas abusive behavior demi membangun platform yang sehat.”

Twitter terus berupaya meningkatkan kualitas percakapan di platformnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna. Salah satunya, dengan memperkenalkan layanan bantuan pelanggan khusus.

Tautan ini bisa dimanfaatkan pengguna Twitter untuk melaporkan berbagai macam pelanggaran. Misalnya pelecehan, pencurian identitas hingga masalah hak cipta.s

"Untuk mempermudah kawan-kawan yang ada di Indonesia ini ada sebuah tautan t.co/formulirbantuan," pungkas Dwi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR