10 calon pengganti Ladya Cheryl di sekuel AADC

Mencari pengganti Ladya Cheryl
Mencari pengganti Ladya Cheryl | Foto: Tim Brakemeier/EPA /Ilustrasi: Aditya Nugraha/Beritagar.id

Absennya Ladya Cheryl (34) dalam lanjutan film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) masih ramai jadi perbincangan di linimasa hingga hari ini (27/8/2015). Pemeran Alya itu memilih melanjutkan studinya dibanding terlibat dalam sekuel AADC yang mulai produksi akhir Oktober 2015.

Mira Lesmana selaku produser merangkap penulis skenario tidak bisa berbuat banyak. Dia bersama geng AADC yang lain mendukung penuh keputusan Ladya yang ingin sekolah lagi.

Meski masih menyisakan Dian Sastro (sebagai Cinta), Titi Kamal (Maura), Sissy Prescillia (Milly), Adinia Wirasti (Karmen) dan Nicholas Saputra (Rangga), absennya alumni London School of Public Relations tersebut sebagai Alya tetap menyisakan kekecewaan, terutama buat para penggemar Alya yang menggalang suara di linimasa Twitter lewat tagar #TeamAlya.

Salah satu anggota "skuat utama" dalam film sebelumnya yang enggan terlibat lagi dalam sekuel selanjutnya adalah hal yang jamak terjadi. Laiknya beragam alasan yang disampaikan sebagai penyebab hengkang, sutradara juga punya beragam cara untuk menutupi kepergian sang bintang.

Tengoklah misalnya saat Shia LaBeouf meninggalkan franchise film Transformers. Sebagai pengisi kekosongan, sutradara Michael Bay lantas menyiapkan Mark Wahlberg. Alih-alih masuk memainkan karakter karakter Sam Witwicky yang sebelumnya dimainkan LaBeouf, Bay berinisiatif merombak skenario dan menciptakan karakter baru untuk Wahlberg.

Dengan masih tersimpan rapatnya informasi perihal plot maupun siapa pengganti Ladya Cheryl di sekuel AADC yang direncanakan tayang 2016, para penonton kini hanya bisa menunggu apakah Mira mengikuti langkah Bay -- kekosongan karakter Alya diganti oleh hadirnya karakter lain -- atau Alya diperankan oleh aktris lain.

Mengutip komentar Aizhare Rianti, salah seorang netizen, Ladya Cheryl dengan segala kelebihan dan kekurangannya adalah sosok yang tak tergantikan dalam geng Cinta. Meski demikian sekuel AADC tetap berlanjut.

Beruntung dunia perfilman Indonesia dikaruniai banyak aktris berbakat.

Kami memilih 10 aktris yang punya potensi untuk mengisi kekosongan dalam tubuh AADC 2 sepeninggal Ladya. Selain kemampuan mereka dalam dunia seni peran, pertimbangan lain kami dalam memilih kandidat ini adalah usia mereka yang sama dengan atau tidak terpaut terlalu jauh dengan usia para pemeran geng Cinta lainnya.

Kalau ada kandidat lain yang Anda anggap lebih pantas, silakan tambahkan di kolom komentar.

1. Marsha Timothy (36)

Mengawali karier dalam Ekspedisi Madewa (2006), istri aktor Vino G. Bastian ini dikenal dengan pendalaman karakternya yang mumpuni. Itu dipraktikkannya saat harus berperan sebagai Nada, seorang ibu pengidap HIV, dalam film Nada Untuk Asa (2015) yang membuahkan dua trofi sebagai Pemeran Utama Terbaik dan Favorit di ajang Indonesia Movie Awads 2015.

2. Wulan Guritno (35)

Makeup & do by @bubahalfian

A photo posted by @wulanguritno on

Aktris berdarah campuran Jawa-Inggris ini termasuk yang diperhitungkan di pentas perfilman tanah air. Mulai dari karakter protagonis hingga antagonis dijajalnya. Sempat masuk nomine Pemeran Pembantu Wanita di Festival Film Indonesia lewat film Gie (2005). Film terbarunya Lily Bunga Terakhirku tayang mulai 3 September 2015.

3. Titi Rajo Bintang (34)

DOP saya malu2 nih. Ngumpet dibalik camera 😅 #TheWindowMovie #jogja #film

A photo posted by Titi Rajo Bintang (@titirajobintang) on

Debutnya sebagai pemeran utama terjadi dalam film Mereka Bilang, Saya Monyet! (2007). Saat itu Titi langsung meraih Piala Citra sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik. Mendapat prestasi mentereng, kesempatan bermain film semakin terbuka lebar. Serdadu Kumbang (2011), Rayya, Cahaya Diatas Cahaya (2012), Mursala (2013), dan 12 Menit: Kemenangan Untuk Selamanya (2014) adalah beberapa film yang pernah dibintanginya.

4. Bunga Citra Lestari (32)

#bungacitralestari #brunei

A photo posted by Bunga Citra Lestari (@bclsinclair) on

Lebih dikenal sebagai penyanyi tidak lantas membuat akting Bunga Citra Lestari (BCL) meragukan. Salah satu aktingnya yang cukup menyita perhatian terjadi kala memerankan tokoh mendiang Ainun Habibie dalam Habibie & Ainun (2012). Film arahan Faozan Rizal itu sukses jadi yang terlaris dengan 4.488.889 penonton. Sebagai sosok pengganti, BCL juga tidak asing lagi. Karena dia telah melakoni posisi tersebut kala menggantikan Dian Sastro dalam 3 Srikandi.

5. Renata Kusmanto (32)

#tbt 🌾

A photo posted by Renata Kusmanto (@renata711) on

Masuk ke industri hiburan tanah air sebagai peragawati dan foto model. Wajah Renata Kusmanto lantas mulai muncul di layar kaca karena membintangi sejumlah video klip musik. Pembawaannya yang kalem dan lembut terasa mirip dengan karakter Alya. Saat ini sedang tidak menjalani proses syuting film apapun karena fokus mengasuh River Syech Albar (9 bulan), hasil buah cintanya dengan Fachri Albar.

6. Prisia Nasution (31)

Good morning you 😁

A photo posted by Prisia Nasution (@prisia) on

Peraih gelar Aktris Utama Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2011 lewat perannya sebagai Srinthi dalam film Sang Penari. Tiga tahun kemudian, Pia, sapaan akrab Prisia, kembali mendapat gelar sebagai Pemeran Utama Wanita Terfavorit di Indonesian Movie Awards.

"Prisia itu orang yang cepat belajar. Kegesitannya beradaptasi dan mendalami peran membuatnya mudah masuk ke film bergenre apapun," puji Oka Antara, lawan mainnya di film Sang Penari.

7. Rianti Cartwright (31)

#throwback when I sat for a painting by Laila Dempster ❤️

A photo posted by Rianti Cartwright Nainggolan (@riantic) on

Mantan video jockey MTV Indonesia yang aslinya bernama Rianti Rhiannon Cartwright. Untuk urusan peran, istri Cassanova Alfonso ini mengaku kesulitan jika bermain sebagai cewek tomboy karena aslinya feminin. Ayat-ayat Cinta (2008) adalah film yang mengangkat namanya.

8. Ririn Dwi Ariyanti (29)

Thank u dear @shelpysusanti utk hari ini 👭

A photo posted by Ririn Dwi Ariyanti (@ririndwiariyanti) on

Aktris kelahiran Malang ini mencuat setelah memerankan karakter Cinta dalam versi sinetron Ada Apa Dengan Cinta (2003-2005). Ranah sinetron dan film televisi (FTV) lebih sering dijajalnya. Film terakhir dibintangi Ririn adalah Dejavu: Ajian Puter Giling yang tayang 21 Mei 2015.

9. Shandy Aulia (28)

Lebih sering bermain dalam film horor tidak lantas membuat Shandy Aulia menutup kesempatan bermain dalam film bergenre lain. Menurutnya, aktris harus siap menerima tantangan bermain dalam film apa saja.

Menggeluti dunia hiburan sejak 2005, Shandy hingga saat ini telah membintangi 11 film layar lebar, antara lain Eiffel I'm in Love (2003), Apa Artinya Cinta? (2005), dan yang terbaru adalah Tarot (2015).

10. Laura Basuki (27)

Ready for any occasion @gojasu_rtw

A photo posted by Laura Basuki (@laurabas) on

Nama terakhir dalam daftar kami ini, Laura Basuki, secara penampilan fisik paling mendekati Ladya Cheryl. Prestasinya sebagai pemenang di kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2010 juga alasan utama mengapa namanya patut diperhitungkan sebagai kandidat.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR