14 aktor dan aktris kulit hitam yang pernah merebut Oscar

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1929, Oscar sudah diadakan 87 kali. Namun pemenang kategori akting dari kalangan berkulit hitam hanya ada 14 nama saja.

Tiga aktor Afrika-Amerika pemenang Oscar, dari kiri ke kanan: Sidney Poitier, Halle Berry dan Denzel Washington
Tiga aktor Afrika-Amerika pemenang Oscar, dari kiri ke kanan: Sidney Poitier, Halle Berry dan Denzel Washington | Michael Reynolds, Warren Toda, Jens Kalaene /EPA

Pengumuman nominasi Oscar beberapa pekan lalu didera kritik dari insan perfilman, dikarenakan Oscar kembali dianggap tidak memberi ruang bagi keberagaman etnis.

Total 20 nomine untuk kategori akting diisi oleh aktor dan aktris berkulit putih. Padahal, seperti dituliskan Christopher Rosen dari Entertainment Weekly (14/1/2016), ada beberapa aktor dan sutradara non-kulit putih yang seharusnya layak masuk nomine.

Sebut saja aktor Idris Elba (Beasts of No Nation), Michael B. Jordan (Creed), dan Will Smith (Concussion). Juga sutradara Creed, Ryan Coogler yang tidak masuk nominasi.

Masalah ini ternyata sudah terjadi sejak lama. Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1929, Academy Awards, nama resmi Oscar, sudah diadakan sebanyak 87 kali. Namun pemenang kategori akting dari kalangan berkulit hitam baru ada 14 nama saja.

Siapa saja mereka?

Hattie McDaniel, aktris pendukung terbaik untuk film Gone with the Wind (1939)

Hattie McDaniel winning Best Supporting Actress /Oscars

McDaniel mencatat sejarah sebagai keturunan Afrika-Amerika pertama yang memenangi Oscar tahun 1940. Perannya sebagai Mammy sang pembantu rumah tangga di film ini pada akhirnya mengantar McDaniel menuju jajaran Hollywood Walk of Fame atas kontribusinya di dunia perfilman. Ia bahkan punya satu lagi jejak tangan Walk of Fame, untuk kontribusinya di dunia radio.

Sidney Poitier, aktor terbaik untuk film Lilies of the Field (1963)

Sidney Poitier Wins Best Actor: 1964 Oscars /Oscars

Setelah hanya mendapatkan nominasi Oscar untuk film The Defiant Ones (1958), akhirnya Poitier memenangkan penghargaan tertinggi insan perfilman di Amerika Serikat ini. Ia berperan sebagai Homer Smith, seorang pengangguran yang menjelajahi daerah barat Amerika Serikat, bertemu dengan sekelompok biarawati Katolik dari Eropa Timur yang menganggap Smith dikirim oleh Tuhan untuk membangun gereja di tengah gurun.

Louis Gosset Jr, aktor pendukung terbaik untuk film An Officer and a Gentleman (1982)

Louis Gossett Jr. Wins Supporting Actor: 1983 Oscars /Oscars

Gosset Jr bermain sebagai Sersan Foley, yang melatih Zack Mayo (Richard Gere), anggota marinir yang memiliki kepribadian buruk. Saat ini Gosset Jr (79 tahun) masih aktif bermain film. IMDB mencatat bahwa tahun ini saja ada empat filmnya yang akan dirilis, serta sebuah film berjudul The Portrait's Secret dengan jadwal tayang tahun 2017.

Denzel Washington, aktor pendukung terbaik untuk film Glory (1989) dan aktor terbaik untuk film Training Day (2001)

King Kong - Training Day (5/5) Movie CLIP (2001) HD /Movieclips

Washington adalah satu-satunya aktor dalam daftar ini yang dua kali merebut Oscar. Secara keseluruhan, pria berumur 61 tahun ini sudah enam kali dinominasikan para juri Academy. Washington biasanya berperan dalam drama serius, namun terkadang mengambil peran dalam film aksi, seperti The Book of Eli (2010) dan The Equalizer (2014). Ia akan ikut serta dalam film The Magnificent Seven (2017), produksi ulang dari film berjudul sama di tahun 1960.

Whoopi Goldberg, aktris pendukung terbaik untuk film Ghost (1990)

Ghost (5/10) Movie CLIP - Oda Mae Demands Respect (1990) HD /Movieclips

Ghost bisa dibilang merupakan salah satu film romantis yang paling dikenang. Dibintangi Demi Moore dan Patrick Swayze, ternyata yang paling mencuri perhatian adalah Whoopi Goldberg. Aktris dengan nama asli Caryn Elaine Johnson ini berperan sebagai Oda Mae Brown, seorang cenayang palsu yang tiba-tiba sadar kalau ia benar-benar bisa berkomunikasi dengan arwah Sam (Swayze) untuk menjembatani komunikasi Sam dengan kekasihnya Molly (Moore).

Cuba Gooding Jr, aktor pendukung terbaik untuk film Jerry Maguire (1996)

Cuba Gooding Jr. Wins Supporting Actor: 1997 Oscars /Oscars

Jerry Maguire dibintangi Tom Cruise yang menjadi karakter bernama sama dengan judulnya. Maguire adalah seorang agen atlet sukses yang memiliki hidup sempurna. Sampai ketika ia tiba di titik terendah dalam hidupnya dan bertemu klien barunya, Rod Tidwell (Cuba Gooding Jr). Dalam film ini Cruise dinominasikan sebagai aktor terbaik, namun yang mendapatkan Oscar adalah Cuba Gooding Jr sebagai aktor pendukung terbaik.

Halle Berry, aktris terbaik untuk film Monster's Ball (2001)

Halle Berry Wins Best Actress: 2002 Oscars /Oscars

Aktris yang sebenarnya campuran ibu Inggris-Jerman dan ayah Afrika-Amerika ini tampil panas di Monster's Ball, namun disertai akting yang sangat brilian, membuat ia menyabet Oscar di tahun 2002. Di panggung kemenangan, bintang X-Men ini sangat terharu dan emosional atas kemenangannya. Bagaimana tidak, Berry adalah aktris berdarah Afrika-Amerika pertama dan satu-satunya hingga saat ini yang memenangkan Oscar kategori aktris terbaik.

Jamie Foxx, aktor terbaik untuk film Ray (2004)

Ray (1/12) Movie CLIP - Impromptu Audition (2004) HD /Movieclips

Memerankan raja musik soul Ray Charles yang merupakan seorang tuna netra mengantarkan aktor bernama asli Eric Marlon Bishop ini sejajar dengan Sidney Poitier dan Denzel Washington sebagai pemenang Oscar 2005 untuk aktor utama terbaik. Hebatnya, di tahun yang sama Academy juga menominasikan Foxx sebagai aktor pendukung terbaik lewat film Collateral (2004).

Morgan Freeman, aktor pendukung terbaik untuk film Million Dollar Baby (2004)

Morgan Freeman Wins Supporting Actor: 2005 Oscars /Oscars

Freeman berperan sebagai mantan petinju yang kehilangan matanya dalam pertarungan terakhirnya. Dengan suara khasnya, Freeman juga melakukan narasi untuk film ini, dari awal sampai akhir. Freeman sebelumnya sudah tiga kali dinominasikan, lewat film Street Smart (1987), Driving Miss Daisy (1989) dan Shawshank Redemption (1994). Ia kembali dapat nomine di tahun 2010 lewat film Invictus (2009).

Forest Whitaker, aktor utama terbaik untuk film The Last King of Scotland (2006)

The Last King of Scotland (1/3) Movie CLIP - Idi Speaks (2006) HD /Movieclips

Seumur hidupnya, Whitaker hanya sekali dinominasikan oleh Academy lewat film ini. Namun ia langsung mendapatkan Oscar, sekaligus Golden Globe sebagai aktor utama terbaik. Ia memerankan Idi Amin, diktator Uganda pada tahun 1970-an. Penampilan aktor dengan tinggi badan 188 cm ini akan kita saksikan akhir tahun ini dalam film Rogue One: A Star Wars Story.

Jennifer Hudson, aktris pendukung terbaik untuk film Dreamgirls (2006)

Jennifer Hudson winning Best Supporting Actress /Oscars

Meski tidak menjuarai American Idol 2002, Hudson tetap menjadi seorang penyanyi top yang kemudian mendapatkan beberapa penghargaan penting seperti Grammy Award. Mencoba dunia akting lewat film Dreamgirls, ia langsung menyabet Oscar sebagai aktris pendukung terbaik. Padahal ia main dalam film yang dipenuhi bintang Afrika-Amerika dengan pengalaman segudang seperti Jamie Foxx, Beyonce, Eddy Murphy dan Danny Glover.

Mo'nique, aktris pendukung terbaik untuk film Precious (2009)

Mo'Nique winning Best Supporting Actress /Oscars

Ia lebih dikenal sebagai komedian, namun seperti Robin Williams, ia membuktikan kemampuan aktingnya dengan memboyong Oscar di tahun 2010. Ia bermain bagus dalam perannya sebagai Mary, ibu dari anak bermasalah Precious (Gabourey Sidibe). Mary bukan ibu yang baik, ia sering menyiksa anak malang itu.

Octavia Spencer, aktris pendukung terbaik untuk film The Help (2011)

Octavia Spencer Wins Supporting Actress: 2012 Oscars /Oscars

Di film ini Spencer memerankan Minny Jackson, pembantu rumah tangga dalam era 1960-an di mana diskriminasi berdasarkan ras masih kental di Amerika Serikat, terutama daerah Mississippi. Film yang dibintangi Bryce Dallas Howard ini memperlihatkan diskriminasi dan berbagai penghinaan baik verbal maupun fisik, bahkan kepada kaum kulit putih yang berteman dengan kaum berkulit hitam.

Lupita Nyong'o, aktris pendukung terbaik untuk film 12 Years of Slave (2013)

Lupita Nyong'o winning Best Supporting Actress /Oscars

12 Years of Slave menjadi film terbaik Oscar 2014. Untuk pertama kalinya film yang disutradarai dan ditulis oleh orang Afrika-Amerika menjadi pemenang di Academy Award. Di antara semua aktor-aktris di film ini, yang paling menonjol adalah akting Lupita Nyong'o sebagai Patsey, seorang budak yang bekerja di pabrik kapas daerah Louisiana. Sebagai pemenang Oscar, ia merupakan aktris berdarah Kenya pertama yang merebut penghargaan prestisius ini.

BACA JUGA