FESTIVAL MUSIK

4 Momen menarik dari American Music Awards 2017

Penyanyi Diana Ross mencium piala penghargaan seumur hidup yang diraihnya dalam ajang American Music Awards di Los Angeles, California, Minggu (19/11/2017).
Penyanyi Diana Ross mencium piala penghargaan seumur hidup yang diraihnya dalam ajang American Music Awards di Los Angeles, California, Minggu (19/11/2017). | Mike Nelson /EPA-EFE

Ajang American Music Awards 2017 digelar di Microsoft Theatre, Los Angeles, California, pada Minggu (19/11/2017) malam waktu setempat. Ini adalah edisi ke-45 bagi para insan musik di negeri Paman Sam.

Para pemenang bisa dilihat di tautan ini, tapi dalam ajang besar dunia musik seperti AMA, tentu saja ada hal-hal menarik yang menyertainya --termasuk di atas panggung. Berikut beberapa kejadian menarik dari AMA 2017.

Pembukaan untuk mengenang tragedi

AMA 2017 dibuka oleh Jamie Foxx. Lelaki yang dikenal sebagai aktor dan penyanyi ini sempat berpidato mengenai pentingnya musik untuk menyembuhkan masyarakat dari berbagai bencana dan kebencian yang terjadi (di AS) belakangan ini.

"Tahun ini, mungkin melebihi tahun-tahun lainnya, kita membutuhkan kekuatan musik untuk beralih-alih dari berita belakangan ini. Kita butuh musik untuk menyembuhkan kita dari badai, kebakaran, kebencian, dan kekerasan. 2017 adalah tahun yang menguji iman Anda --dalam momen krisis seperti ini, pahlawan akan muncul," ujar lelaki 49 tahun ini.

Foxx pun berpidato di atas panggung bersama anak perempuannya, Corrine Foxx. Sejumlah anggota tim SAR pun ikut naik ke podium sebagai pihak yang menangani berbagai tragedi di AS.

Foxx memuji mereka. "...tetap berlari ke arah bahaya, meskipun kabur menjauhinya jauh lebih mudah." Setelah Foxx membangun suasana keprihatinan, penyanyi Pink dan Kelly Clarkson pun berduet untuk menyanyikan tembang "Everybody Hurts" dari band R.E.M.

Drama Pink vs Christina Aguilera dan khayalan warganet

Penyanyi Christina Aguilera mengenakan gaun hitam berbahan satin. Rambut pirangnya disisir ke belakang, mirip penampilan mendiang Whitney Houston pada masa jayanya.

Aguilera membawakan tiga tembang Houston dari film The Bodyguard (1992) secara berurutan; yaitu "I Will Always Love You", "I Have Nothing", dan "Run to You".

Penyanyi lain, Pink, duduk di kursi penonton. Ia tertangkap kamera sedang mengernyitkan dahi. Beberapa warganet melihat ini sebagai kesempatan menciptakan drama untuk membenturkan dua penyanyi sebaya itu --Pink 38, Christina 36.

Dua penyanyi ini memang sempat berselisih. 15 tahun lalu mereka berebut porsi menyanyi suara tinggi untuk lagu "Lady Marmalade." Namun kini keduanya sudah menjadi ibu dan berhubungan baik. Bahkan Pink dan Aguilera sempat bekerjasama dalam The Voice edisi 2016.

Sebelum terlalu terlambat, Pink pun berkicau di Twitter. Dia justru memuji penampilan Aguilera dan menyindir publik.

Selena Gomez setelah transplantasi ginjal

September lalu, penyanyi Selena Gomez bikin terkejut penggemarnya. Ia mengumumkan akan menerima transplantasi ginjal dari sahabatnya, Francia Raisa.

Ia butuh ginjal baru karena komplikasi penyakit lupus yang diderita Gomez selama bertahun-tahun.

Oleh karena itu, penampilan terbaru Gomez dalam ajang sebesar AMA paling ditunggu para penggemarnya. Sayangnya penyanyi berusia 25 itu dituduh melakukan sinkronisasi bibir (lip-synch) saat menyanyikan lagu baru "Wolves".

Gomez pun mengeluarkan ekspresi agak dingin saat berterima kasih setelah tampil, seolah kurang puas dengan performanya. Penggemar Gomez berkilah, penyanyi yang baru putus dari The Weeknd ini belum prima pasca operasi transplantasi ginjal.

BTS "memecahkan" Microsoft Theatre

Bangtan Boys (atau kerap disebut Beyond the Scene) alias BTS adalah kelompok boyband populer di Negeri Ginseng Korea Selatan. Puluhan penghargaan sudah diraih oleh kelompok yang berisi tujuh orang lelaki ini dan kali ini mereka go international ke AS.

Modal sudah diraih pada September, ketika album Love Yourself: Her merengkuh 10 besar dalam tangga Billboard 200. Itulah album Korea dengan prestasi tertinggi di AS.

BTS pun makin kerap tampil dalam acara-acara besar di televis AS seperti Jimmy Kimmel Live!, The Ellen Degeneres Show, dan The Late Late Show with James Corden. Tak lupa, kini gilirang panggung AMA.

Menyanyikan "DNA", BTS tampil di bagian akhir AMA atau sebelum penutupan oleh penyanyi legendaris Diana Ross. Ini berarti publik menantikan penampilan BTS.

Ketika BTS muncul, para perempuan penonton pun histeris. Bahkan aktor Ansel Egort sampai merasa perlu untuk merekam aksi panggung BTS dengan ponselnya.

BTS All Interviews at AMA's Red Carpet 2017 (방탄소년단) 防弾少年団 /Movie Munchies
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR