FESTIVAL BUDAYA

5 film Indonesia meriahkan PopCon Asia 2016

Poppo, maskot Popcon Asia, siap menyapa kembali pengunjung yang hadir mulai 12-14 Agustus 2016
Poppo, maskot Popcon Asia, siap menyapa kembali pengunjung yang hadir mulai 12-14 Agustus 2016 | Frannoto/Tempo

Mengunjungi Popular Convention Asia di Jakarta Convention Center, Senayan, tidak hanya bisa memuaskan hasrat para penggemar komik, animasi, game, dan musik. Acara tahunan itu juga bisa jadi ajang menggali atau jadi orang pertama yang tahu perihal film Indonesia yang bakal dirilis.

PopCon Asia tahun lalu di tempat yang sama, misalnya. Mira Lesmana dan Riri Riza menjadikan tempat memberikan bocoran resmi tentang Ada Apa Dengan Cinta 2.

"Pemeran Cinta masih Dian Sastrowardoyo. Dan Rangga kita juga akan tetap diperankan Nicholas Saputra," ujar Mira dari atas panggung utama dikutip Hai-Online.

Bagaimana dengan tahun ini?

"Kami masih menjalin komunikasi dengan beberapa rumah produksi dan produser agar bersedia menjadikan PopCon Asia sebagai ajang peluncuran film mereka. Sejauh ini sudah ada lima film yang mengonfirmasi bakal hadir," terang Sunny Gho, CEO Majalah Kosmik dan Co-Founder PopCon Asia, kepada Beritagar.id di sela konferensi pers di Conclave, Jakarta Selatan, Rabu (20/7/2016).

Lima film nasional yang bakal mejeng di PopCon Asia mulai 12-14 Agustus 2016 adalah Algojo: Perang Santet, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part. 1, Filosofi Kopi: Ben & Jody, Bukaan 8, dan Si Juki the Movie.

Film yang disebutkan pertama merupakan karya Rudi Soedjarwo. Tertulis dalam trailer yang diunggah melalui kanal Integrated Film Solution (IFS) di YouTube, film tentang dunia klenik berhias adegan aksi laga itu akan tayang pada 8 September 2016.

Sekitar setahun lalu IFS membagikan teaser film yang awalnya berjudul 1000 Algojo. "Ini film aksi tanpa sentuhan fisik. Santet yang melibatkan pertarungan jarum dan pisau gue tunjukkan dengan efek visual," ungkap Rudi kepada CNN Indonesia (4/2/2015).

Para pemeran Algojo: Perang Santet adalah Darius Sinathriya, Christoffer Nelwan, Otig Pakis, Stevie Domminique, dan Emil Kusumo.

Penciptaan ulang film-film yang pernah dibintangi kelompok komedi legendaris Warkop DKI produksi Falcon Pictures juga patut dinanti. Proyek pertama bertajuk Warkop DKI Reborn: Jangrik Boss! Part. 1 (tayang 8 September) mungkin akan memberikan bocoran lebih banyak dibanding yang telah dibeberkan sejauh ini.

Acara festival budaya populer seperti ini di luar negeri selalu jadi etalase bagi studio atau rumah produksi memamerkan film produksi mereka. San Diego Comic-Con adalah contoh. Banyaknya jumlah pengunjung menjadi sarana promosi efektif.

Dalam tahun kelima penyelenggaraannya, Grace Kusnadi sebagai Founder PopCon Asia menargetkan total 40 ribu pengunjung. Edisi tahun lalu, pengunjung mencapai 37 ribu orang.

Anggia Kharisma yang ikut memeriahkan PopCon Asia tahun lalu melalui Visinema Pictures menyadari hal tersebut. Setelah mengetahuinya, ia secara jujur mengakui bahwa seharusnya mereka ikut sejak edisi pertama.

"PopCon itu ternyata masif. Kita kan dekat banget sama medium digital dan kita juga mau menurunkan film kita dalam beberapa bentuk seperti action figure-nya atau segala macam. Dan acara seperti ini adalah ajang yang tepat untuk kita ikuti," tambah Anggia.

Tidak heran jika Visinema memboyong dua film produksinya ke PopCon Asia tahun ini. Selain sekuel Filosofi Kopi yang tahun lalu sempat hadir, ada juga proyek film drama komedi bertajuk Bukaan 8 yang diperankan Chicco Jerikho dan Lala Karmela.

Film kelima yang ikut serta sekaligus paling memancing penasaran karena hanya sedikit info tentangnya adalah adaptasi komik "Si Juki" karya Faza Meonk.

Wujud "Si Juki the Movie" baru bisa terjawab saat mengunjungi PopCon Asia 2016 yang tiketnya sudah bisa dipesan melalui situs loket.com. Penyelenggara sengaja belum memberi bocoran secuil pun kepada awak media.

BACA JUGA