5 kaitan Fantastic Beasts dengan Harry Potter

Newt Scamander (kiri, diperankan Eddie Redmayne) dan Tina Goldstein (Katherine Waterston) dalam sebuah adegan di film Fantastic Beasts and Where to Find Them.
Newt Scamander (kiri, diperankan Eddie Redmayne) dan Tina Goldstein (Katherine Waterston) dalam sebuah adegan di film Fantastic Beasts and Where to Find Them. | Jaap Buitendijk/Warner Bros /AP Photo

Fantastic Beasts and Where to Find Them telah tayang di bioskop sejak pertengahan pekan lalu. Hingga berita ini dibuat, Senin (21/11/2016), film sempalan (spin-off) pertama dari waralaba Harry Potter ini berhasil meraup USD218,3 juta dari peredaran di seluruh dunia.

Bagi yang sudah menonton, barangkali merasakan aura khas film-film Harry Potter pada Where to Find Them, walau set waktu kisah Fantastic Beasts adalah beberapa dekade sebelum Harry pertama kali menginjak bangku sekolah penyihir Hogwarts.

Apa saja keterkaitan yang hadir di antara Fantastic Beasts and Where to Find Them dengan kisah Harry Potter?

Buku pelajaran wajib siswa Hogwarts

Berlatar cerita era 1920-an, seorang penyihir bernama Newt Scamander (Eddie Redmayne) mencari dan mendokumentasikan berbagai makhluk sihir dan gaib di seluruh dunia.

Kelak, berbagai pengalaman tersebut mendorongnya untuk menulis sebuah buku berjudul "Fantastic Beasts and Where To Find Them", salah satu buku wajib di Hogwarts, tempat Harry Potter dan kawan-kawan mempelajari ilmu sihir.

Buku ini menjadi acuan Harry dan kawan-kawannya saat mesti berhadapan dengan makhluk sihir.

Dilansir dari Screenrant, edisi perdana "Fantastic Beasts and Where To Find Them" terbit pada 1927. Pada zaman Harry bersekolah di Hogwarts, buku "Fantastic Beasts" yang ia gunakan sudah merupakan edisi ke-62.

Newt dari asrama Hufflepuff

Newton Artemis Fido 'Newt' Scamander diceritakan lahir pada 1897. Saat ia masih kecil, ibunya memelihara hippogriff, membuat Newt memulai kecintaannya terhadap dunia binatang di dunia sihir.

Pada umur 11, Newt masuk ke Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry dan diterima oleh asrama Hufflepuff, terlihat dari syal khas Hufflepuff yang ia kenakan.

Suatu ketika Newt terlibat dalam sebuah insiden yang membahayakan murid lain. Ia diusir dari Hogwarts, meski keputusan itu ditentang oleh gurunya, Albus Dumbledore. Saat itu posisi Dumbledore di Hogwarts baru sekadar guru, belum menjadi kepala sekolah seperti dalam serial Harry Potter.

Misteri kedekatan Newt dengan kerabat Bellatrix Lestrange

J.K. Rowling pernah mengungkap bahwa Newt rela dikucilkan dari Hogwarts untuk melindungi seseorang. Kemungkinan orang tersebut adalah Leda Lestrange (Zoe Kravitz). Marganya terdengar familiar?

Benar, sebab Leda masih satu keluarga --tak diungkap hubungan seperti apa-- dengan Bellatrix Lestrange (Helena Bonham Carter), penyihir kegelapan anak buah Lord Voldemort (Ralph Fiennes), musuh utama Harry Potter.

Dalam film Fantastic Beasts dijelaskan bahwa Newt dan Leda pernah dekat. Namun, kini Newt dan gadis itu sudah menjauh, meski Newt masih menyimpan foto Leda.

Sutradara David Yates menjelaskan, kisah Leda akan lebih diuraikan dalam sekuel Fantastic Beasts. Yates mengungkap Leda adalah gadis dengan pemikiran rumit, dengan jiwa yang sedikit terganggu, dan mengalami kebingungan.

Hubungan Newt dengan Luna Lovegood

Dalam film Fantastic Beasts, benih-benih cinta antara Newt dengan penyihir Amerika bernama Porpentina 'Tina' Goldstein (Katherine Waterston) mulai muncul. Pada akhirnya, mereka akan menikah.

Salah satu cucu pasangan ini adalah Rolf Scamander, yang kelak menikahi Luna Lovegood (Evanna Lynch) --salah satu teman sekelas Harry Potter.

Newt pernah ke Hogwarts di era Harry Potter

Mungkin saja pada akhirnya Newt bertemu dengan Harry, misalnya saat pernikahan Rolf dengan Luna. Namun, penggemar yang jeli mengungkap bahwa Newt pernah ke Hogwarts pada tahun ketiga Harry bersekolah.

Popsugar mengungkap, dalam film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004), nama 'Newt Scamander' pernah muncul sekelebat dalam Marauder's Map, sebuah peta yang berfungsi sebagai semacam buku tamu di Hogwarts.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR