BOX OFFICE

A Quiet Place gebuk Ready Player One

Salah satu adegan dalam A Quiet Place menampilkan aktris Emily Blunt (kiri) dan Millicent Simmonds.
Salah satu adegan dalam A Quiet Place menampilkan aktris Emily Blunt (kiri) dan Millicent Simmonds. | Jonny Cournoyer /Paramount Pictures

Diam-diam, A Quiet Place jadi penguasa box office. Di tengah persaingan dengan pemuncak periode sebelumnya, Ready Player One, A Quiet Place mampu mendominasi bioskop-bioskop di Amerika Serikat pada akhir pekan lalu (6-8 April) dengan perolehan US $50 juta (Rp688,5 miliar).

Ditambah pasar luar AS, pendapatan film ini sudah mencapai US $71 juta. Angka itu jauh melampaui ongkos produksi yang ditaksir hanya US $17 juta. Apa yang membuat film debutan ini begitu perkasa?

Seperti judulnya, A Quiet Place adalah film yang minim dialog. Namun rupanya penonton menyukai film berdurasi 90 menit ini. Sebanyak 91 persen pengguna Google menyukai A Quiet Place. Berdasarkan IMDB, lebih dari 17.000 pengguna memberi nilai rata-rata 8,3 dari 10 poin.

Kritikus juga jatuh hati dengan film keluaran Paramount Pictures ini. Dari 183 pengkritik, hanya enam yang memberi ulasan buruk dalam situs pengepul ulasan Rotten Tomatoes, menghasilkan rating Tomatometer sebesar 97 persen dengan nilai rata-rata 8,3 dari 10 poin.

Salah satu faktor keberhasilannya adalah sang sutradara John Krasinski, yang juga menjadi bintang utama A Quiet Place bersama istrinya, Emily Blunt.

Sebelum A Quiet Place, lelaki berusia 38 tahun ini mungkin lebih dikenal sebagai aktor dalam serial The Office, serta pemeran utama dalam film perang 13 Hours (2016) karya Michael Bay. Sebagai sutradara film panjang, jejak kariernya baru tertancap pada dua film drama komedi berjudul The Hollars (2016) dan Brief Interviews with Hideous Men (2009).

"A Quiet Place bermain cantik dengan memainkan elemen ketakutan dari makhluk cerdas nan kejam, terasa menakutkan, sekaligus orisinal, serta meneguhkan Krasinski sebagai sutradara baru yang berbakat," tulis Rotten dalam kesimpulan kritiknya.

Dikisahkan dunia dikuasai makhluk asing yang meneror Bumi. Lee dan Evelyn Abbot (Krasinski dan Blunt) harus melindungi anak-anak mereka dengan senyap, karena suara sekecil apapun dapat mengantarkan mereka semua menjadi konsumsi alien yang memburu manusia berdasarkan suara.

Prestasi debutan lainnya yaitu Blockers juga tak bisa dipandang sebelah mata. Dengan pendapatan US $21,4 juta, film yang dibintangi pegulat WWE John Cena ini duduk di posisi tiga box office AS, tepat di bawah Ready Player One (US $25 juta).

Selaras dengan A Quiet Place, rupanya Blockers juga disukai kritikus. Rating Tomatometer-nya mencapai 83 persen, dengan nilai rata-rata 6,7 dari 10 poin.

Namun perbedaannya dengan A Quiet Place, penonton kurang menyukai Blockers. Skor audience di Rotten hanya 55 persen, sementara ratingnya di IMDB mencapai 6,5 dari 10 poin.

Blockers merupakan film komedi dengan unsur seksual di dalamnya. Alkisah, tiga orangtua berusaha mencegah anak mereka masing-masing yang berencana melepas keperawanan saat pesta kelulusan. Selain Cena, film ini juga dibintangi Leslie Mann, Ramona Young, Kathryn Newton, dan Ike Barinholtz.

Sementara, Ready Player One makin ditahbiskan sebagai film yang lebih laris di luar AS. Dengan perolehan US $25 juta pada pekan keduanya, film garapan sutradara Steven Spielberg ini baru mendapatkan US $96,9 juta di dalam negeri.

Dengan kata lain, penonton di negeri adidaya itu hanya menyumbang 25 persen dari total pendapatan global Ready Player One sebesar US $391,3 juta. Jika melihat estimasi ongkos produksi mencapai US $175 juta, setidaknya film ini kemungkinan sudah balik modal dan siap mengambil keuntungan pada pekan depan.

Jika Ready Player One hanya 'terpeleset', maka Pacific Rim Uprising bisa dikatakan terjatuh ke dalam jurang. Akhir pekan lalu pendapatannya tak sampai US $5 juta dolar, membuatnya berada pada posisi 9. Mengenaskan, sebab mereka menjadi raja pada dua pekan sebelumnya.

Untuk urusan pembagian box office AS dan luar negeri, Uprising senasib dengan Ready Player One. Nyaris 80 persen dari US $267 juta uang didapat film monster vs robot ini berasal dari luar AS. Sumbangan terbesar berasal dari Tiongkok, mencapai US $163 juta.

Sementara Black Panther yang sudah bercokol 8 pekan di tangga box office kembali cetak sejarah baru. Film garapan sutradara Ryan Coogler itu sudah memperoleh US $1,3 miliar dari seluruh dunia dan masuk 10 besar film terlaris sepanjang masa.

Berikut 10 film terlaris di AS pada periode 6-8 April yang dilansir dari Box Office Mojo:

1. A Quiet Place - US $50 juta (pekan perdana)

2. Ready Player One - US $25juta (total US $96,9 juta - pekan 2)

3. Blockers - US $21,4 juta (pekan perdana)

4. Black Panther - US $8,4 juta (US $665,4 juta - pekan 8)

5. I Can Only Imagine - US $8,4 juta (US $69,1 juta - pekan 4)

6. Tyler Perry's Acrimony - US $8 juta (US $31,3 juta - pekan 2)

7. Chappaquiddick (US $6,2 juta - pekan perdana)

8. Sherlock Gnomes - US $5,6 juta (US $33,9 juta - pekan 3)

9. Pacific Rim Uprising - US $4,9 juta (US $54,9 juta - pekan 3)

10. Isle of Dogs - US $4,6 juta (US $12 juta - pekan 3)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR