AADC 2 tuntaskan proses syuting

(Dari kiri) Titi Kamal, Dian Sastrowardoyo, Sissy Priscillia, dan Adinia Wirasti saat syuting AAdC 2 di Yogyakarta.
(Dari kiri) Titi Kamal, Dian Sastrowardoyo, Sissy Priscillia, dan Adinia Wirasti saat syuting AAdC 2 di Yogyakarta. | Pius Erlangga/Tempo

Film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) telah menyelesaikan proses syuting di Brooklyn, New York, AS. Informasi tersebut diumumkan Mira Lesmana, produser sekaligus pendiri Miles Films, melalui akun Twitter @Mirles, Rabu (21/1/2016). Dengan demikian seluruh tahap pengambilan gambar AADC 2 telah rampung.

Riri Riza sebagai sutradara memilih New York sebagai kota ketiga sekaligus lokasi syuting terakhir. Dua kota sebelumnya adalah Yogyakarta dan Jakarta. Para kru dan pemain mendarat di kota berjuluk "Big Apple" tersebut sejak 14 Januari. Syuting hari pertama berlangsung tiga hari kemudian.

"Ini lagi persiapan syuting selanjutnya. Dingin banget di sini. Minus empat derajat tapi rasanya kayak minus 20 derajat. Yang lain masih di dalam mobil. Dingin banget soalnya," ungkap Mira melalui akun Periscope-nya seperti dilansir Liputan6.com (19/1). Latar belakang Prospect Park Brooklyn yang berselimut salju seolah menjelaskan dinginnnya kondisi cuaca di sana.

Proses syuting film yang berjarak 14 tahun dari pendahulunya ini berlangsung sejak 28 Oktober 2015. Yogyakarta adalah pilihan pertama. Di kota pelajar tersebut para kru dan pemain menghabiskan waktu lebih dari tiga pekan.

"Hari ini akhirnya jadi hari pertama syuting di Yogya setelah sekian lama kita mempersiapkan diri. Ada kayak sekitar sebulan kita berlatih setiap hari untuk memastikan setiap adegan bisa dilakukan dengan baik," tutur Dian Sastro (pemeran Cinta) dalam catatan video di balik syuting AADC 2 episode kedua yang diunggah kanal Miles Films di Youtube (10/10/2015).

Kelar syuting di Yogya, rombongan menuju Jakarta. Syuting di ibu kota menghabiskan waktu 23 hari. "Jakarta bisa dikatakan sebagai pusat cerita film Ada Apa dengan Cinta 2," jelas Riri (31/12/2015). Meskipun Jakarta adalah tempat tinggal sebagian besar kru dan pemain, kota ini tetap menyisakan tantangan dan kesulitan tersendiri selama syuting.

"Kota besar yang sulit dikendalikan. Hampir semua lokasi yang kami pilih tidak dibangun khusus untuk syuting. Kami harus membangun dan menata ulang tempat-tempat tersebut. Dan pada saat yang sama kemacetan juga harus kami dikendalikan," tambah sineas alumni Institut Kesenian Jakarta ini.

Kehadiran media sosial tampak sangat dimaksimalkan oleh tim AADC 2 sebagai sarana berpromosi. Hal yang tidak bisa mereka lakukan saat bagian pertama dirilis 2002 silam. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan belakangan Periscope dimaksimalkan untuk memberikan informasi terbaru perihal perkembangan proyek ini. AADC 2 rencananya akan dirilis April 2016.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR