Adele dan Coldplay mengukir rekor di Brit Awards 2016

Adele dalam balutan gaun rancangan Giambattista Valli saat menghadiri Brit Awards 2016
Adele dalam balutan gaun rancangan Giambattista Valli saat menghadiri Brit Awards 2016 | Andrew Cowie/EPA

Ajang penghargaan musik Brit Awards telah berlangsung di O2 Stadium, London, Inggris, Rabu (24/2/2016) malam. Adele dan kelompok musik Coldplay mencatat hasil paling gemilang di antara para nomine yang berhasil jadi pemenang. Keduanya berhasil menorehkan rekor.

Sejak awal, ketika nominasi edisi ke-38 Brit Awards diumumkan Januari 2016, nama Adele telah diprediksi akan menang dengan mudah. Kesuksesan album 25 (XL Recordings) miliknya, yang dirilis 20 November 2015, adalah indikator kuat kemenangan.

Prediksi tersebut benar adanya. Masuk sebagai salah satu unggulan dalam lima kategori, nama solis kelahiran Tottenham, Inggris, itu diumumkan sebagai pemenang sebanyak empat kali. Alhasil, lagi-lagi gelar sebagai British Female Solo Artist, British Single, dan MasterCard British Album of the Year, dan Global Success berhasil disandangnya.

Hanya gelar di kategori British Artist Video of the Year yang luput dari genggaman. Videoklip lagu "Drag Me Down" milik One Direction yang syutingnya berlangsung di Kantor Pusat NASA di Houston, Amerika Serikat, sukses menyisihkan "Hello".

Total Adele telah mengantongi delapan trofi Brit Awards. Jumlah tersebut membuatnya menyamai rekor Annie Lennox (61) sebagai penyanyi perempuan paling banyak meraih kemenangan dalam ajang yang dianggap sebagai Grammy Award-nya Inggris.

Empat trofi yang didapatnya dalam ajang Brit Awards 2016 juga menghantarkannya menyamai rekor kelompok Blur pada ajang yang sama tahun 1995. Dilansir Guardian, keduanya kini tercatat sebagai artis yang paling banyak membawa trofi dalam satu penyelenggaraan Brit Awards.

"Bisa kembali lagi ke ajang ini setelah sekian lama absen dan diterima dengan hangat benar-benar sebuah pengalaman indah buatku. Terima kasih banyak. Dan untuk semua perempuan lain yang jadi nomine, terima kasih karena membiarkan saya bersanding dengan kalian. Saya merasakan sebuah keistimewaan karena kalian semua menakjubkan," ujar Adele dalam pidato kemenangannya saat menerima trofi kategori British Female Solo Artist.

Penyandang gelar Most Excellent Order of the British Empire itu juga menggunakan kesempatannya berbicara di podium kemenangan untuk memberi dukungan kepada Kesha, sesama penyanyi yang sedang bermasalah dengan label rekaman dan produsernya, Dr. Luke.

Personel kelompok Coldplay yang terdiri dari Chris Martin (vokalis/pianis), Jonny Buckland (gitaris), Guy Berryman (bas), dan Will Champion (drum) juga tak kalah sumringah. Kuartet asal London, Inggris, yang terbentuk sejak 1996 itu berhasil membawa pulang trofi di kategori British Group menyisihkan Blur, Years & Years, Foals, dan One Direction.

Mereka adalah band pertama yang berhasil mengoleksi empat gelar dalam golongan band Inggris terbaik. Sebelum kemenangan ini, Coldplay berbagi rekor dengan kelompok Arctic Monkeys. Tiga gelar serupa yang diraih Coldplay tercatat pada gelaran Brit Awards 2001, 2003, dan 2012.

"Terima kasih. Ini sangat berarti. Kami juga mendedikasikan kemenangan ini kepada semua pemuda dan pemudi yang ada di kamp-kamp pengungsi seluruh dunia. Mereka bisa saja adalah kita dan kita bisa saja adalah mereka. Jadi, cinta kami buat mereka semua," tutur Martin mewakili rekan-rekannya saat meraih trofi kemenangan.

Berikut daftar lengkap pemenang Brit Awards 2016:

MasterCard British Album of the Year - 25 (Adele)

British Artist Video of the Year - "Drag Me Down" (One Direction)

International Female Solo Artist - Bjork

British Breakthrough Act - Catfish & the Bottlemen

International Male Solo Artist - Justin Bieber

British Group - Coldplay

British Single - "Hello" (Adele)

British Female Solo Artist - Adele

British Male Solo Artist - James Bay

International Group - Tame Impala

Critics' Choice - Jack Garratt

British Producer of the Year - Charlie Andrew

Global Success Award - Adele

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR