Adele dan lima hal tentang videoklip Hello

Pose Adele hasil tangkapan layar dalam videoklip Hello
Pose Adele hasil tangkapan layar dalam videoklip Hello | youtube.com/AdeleVEVO

Lama tak muncul dari ingar-bingar industri musik, Adele (27) mendadak merilis videoklip lagu Hello melalui kanal @AdeleVEVO di YouTube (22/10/2015). Hello merupakan lagu tunggal alias single jagoan pertama dari album 25 yang akan rilis 20 November 2015.

Inden versi digital untuk album berisi 11 lagu itu sudah bisa dilakukan melalui iTunes, Amazon, dan Google Play dengan harga Rp149 ribu. Untuk mendapat versi fisik (CD dan piringan hitam), selain di Amazon, juga bisa dipesan melalui XL Recordings, label rekaman tempat Adele bernaung.

Kembali soal videoklip Hello. Warna sepia (campuran coklat dan abu-abu) jadi pilihan untuk menggambarkan kesan lawas dalam video yang durasinya sekitar enam menit. Maklum, usai terakhir merilis album 21 (2011) dan Skyfall (2012) yang jadi lagu tema film James Bond berjudul sama, Adele memutuskan vakum dan fokus jadi ibu rumah tangga.

Hal-hal lain apa saja yang berhubungan dengan videoklip lagu yang liriknya juga ditulis oleh Greg Kurstin (46) itu? Berikut kami paparkan lima di antaranya.

Bukan lagu depresi karena putus cinta

Dalam surat terbukanya kepada para penggemar, penerima gelar Most Excellent Order dari Kerajaan Inggris itu telah menyatakan bahwa 25 adalah album kebangkitan alias move on. Tidak ada lagi dominasi lagu tentang patah hati karena ditinggal kekasih laiknya yang terdapat dalam album 21.

Meski masih berkisar soal hubungan asmara, Hello menurut Adele lebih tepat disebut sebagai lagu tentang persahabatan dan bagaimana berusaha tetap menjalin komunikasi yang baik dengan mantan pacar.

Adele dalam lagu ini memposisikan diri sebagai pihak yang bersalah telah melukai hati seseorang. Dan karenanya berusaha meminta maaf.

Sutradara

Saat melakoni wawancara dengan Nick Grimshaw di BBC Radio 1 (h/t NME), Adele mengungkapkan bahwa Hello adalah lagu yang sangat intim dan basisnya percakapan antara dua orang yang pernah saling mencintai di masa lalu.

Tugas untuk menjelmakan isi lagu dalam video musik diserahkan kepada Xavier Dolan (26). Sineas asal Kanada itu mulai mencuri perhatian publik setelah sukses membawa pulang Jury Prize di Festival Film Cannes lewat film Mommy (2014).

Perihal adegan Adele menggunakan ponsel model lipat yang oleh sebagian orang dianggap sudah ketinggalan zaman, Dolan mengatakan bahwa ponsel jadul dimaksudkan untuk mewakili masa lalu.

"Memasukkan adegan menggunakan ponsel atau mobil model terkini hanya akan membuat video ini keluar dari ide cerita lagunya. Rasanya malah seperti membuat iklan komersial," tuturnya kepada Los Angeles Times.

Model

Adele - Hello /AdeleVEVO

Sosok yang berperan sebagai mantan kekasih Adele dalam videoklip Hello adalah Tristan Wilds (26). Aktor berkulit legam asal New York, AS, itu dikenal lewat perannya dalam serial 90210 (sebagai Dixon Wilson) dan The Wire (Michael Lee).

Menjadi model dalam video musik penyanyi ternama bukan hal baru bagi Wilds. Sosoknya bisa ditemukan juga dalam videoklip lagu Jay-Z (Roc Boys And The Winner Is-2007), Alicia Keys (Teenage Love Affair-2008), Wale (Pretty Girls-2010), hingga Busta Rhymes (Thank You-2014).

Bukan sekadar menggeluti dunia akting, Wilds juga seorang penyanyi. Satu album berjudul New York: A Love Story telah dirilisnya pada 2013. Album yang membuat namanya jadi nomine dalam ajang Grammy Awards 2014 di kategori Best Urban Contemporary Album.

Parodi dengan Lionel Richie

Lionel calls Adele to say Hello (BlendTV) /BlendTV

Terdapat beberapa kesamaan antara videoklip lagu Hello milik Adele dengan Hello kepunyaan Lionel Richie yang rilis 1984. Ada dentingan piano yang jadi intro lagu, lirik tentang kerinduan, dan yang paling utama; keduanya memasukkan adegan berkomunikasi menggunakan telepon.

Faktor kesamaan yang terakhir itu lantas menjadi bahan parodi. Beberapa akun di YouTube, salah satunya BlendTV, lantas menggabungkan dua adegan dalam videoklip milik kedua penyanyi tersebut seolah mereka saling berkomunikasi lewat telepon.

Lewat akun Instagram resminya, Richie (66) bahkan ikut mengunggah foto kolase berisi pose dirinya dan Adele yang memegang gagang telepon. "HELLO @adele is it me you're looking for...," demikian keterangan foto yang ditulis mantan personel kelompok Commodores itu.

Lewati rekor Taylor Swift di Youtube

Tidak butuh waktu lama bagi videoklip Hello untuk menjaring penonton. Dalam tempo 24 jam sejak dirilis, video musik pertama yang direkam menggunakan kamera IMAX (Image Maximum) itu telah ditonton sebanyak 25 juta kali.

Walhasil, rekor sebagai videoklip paling banyak ditonton dalam waktu satu hari di Vevo telah terpecahkan. Pemegang rekor sebelumnya adalah video musik Bad Blood milik Taylor Swift dengan 20,1 juta views.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR