Adele tumbangkan berbagai rekor

Adele saat meraih trofi Oscar berkat lagu Skyfall di Academy Awards 2013
Adele saat meraih trofi Oscar berkat lagu Skyfall di Academy Awards 2013 | Paul Buck/EPA

Hanya bermodal satu lagu yang jadi penanda kembali dari masa tiga tahun vakum, Adele (27) sudah berhasil menumbangkan berbagai rekor. Mulai dari penjualan lagu hingga pemutaran dalam layanan pengaliran musik alias streaming.

Dilansir Billboard, Senin (2/11/2015), lagu tunggal Hello terjual lebih dari 1,1 juta unduhan hanya dalam waktu sepekan sejak dirilis 23 Oktober 2015. Rekor sebelumnya dicatat lagu Right Round milik Flo-Rida yang laku 636.000 unduhan pada 28 Februari 2009.

Pencapaian fantastis tersebut membuat lagu yang ditulisnya bersama Greg Kurstin berhak memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100. Tiga single Adele terdahulu; Rolling in the Deep, Someone Like You, dan Set Fire to the Rain juga pernah mencicipi posisi sama.

Spesialnya Hello karena membuat pemilik nama lengkap Adele Laurie Blue Adkins itu untuk pertama kalinya berhasil menempatkan lagu yang menjuarai tangga lagu bergengsi di AS pada pekan perdana perilisannya.

Taylor Swift lewat lagu Shake It Off (6 September 2014) adalah biduanita terakhir yang mencatat debut serupa karena terjual 544.000 unduhan dalam waktu sepekan.

Bukan hanya di Negeri Paman Sam prestasi diukir penyanyi kelahiran Tottenham ini. Di tanah kelahirannya, Inggris, posisi pemuncak dalam tangga lagu yang disusun Official Charts juga demikian.

Terjual 333.000 unduhan dalam waktu satu minggu membuat Hello menempati posisi pertama mengungguli lagu tunggal Sorry milik Justin Bieber yang ada di posisi kedua.

Rekor What Do You Mean? milik Bieber sebagai lagu terbanyak yang diputar dari ranah streaming di Inggris Raya juga dipatahkan Adele. Pasalnya, Hello dalam waktu sepekan diputar 7,32 juta kali. Berbanding 3,87 juta pemutaran yang didapat What Do You Mean?.

Mengalirnya pemutaran terhadap lagu Hello juga terjadi di AS yang mencatat 61,6 juta kali pemutaran pekan pembukanya. Porsi terbanyak datang dari hasil klik videoklip di YouTube (35,4 juta) dan Spotify (18,7 juta).

Satu-satunya yang mengalahkan raihan itu adalah Harlem Shake (2/3/2013) karena mendapat 103 juta stream.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR