Aktor kulit hitam mendominasi Black Panther

Aktor utama Black Panther (kiri-kanan); Chadwick Boseman, Lupita Nyong'o, dan Michael B Jordan
Aktor utama Black Panther (kiri-kanan); Chadwick Boseman, Lupita Nyong'o, dan Michael B Jordan | Mike Nelson/Facundo Arrizabalaga/Gus Ruelas /EPA

Film pahlawan super berkulit hitam, Black Panther, bakal didominasi aktor asal Afrika atau keturunan Afrika-Amerika Serikat (AS). Hal itu disampaikan Presiden Marvel Studios Kevin Feige kepada The Empire Film Podcast (h/t Comicbook.com), Jumat 13/5/2016.

Feige bahkan membanggakan kualitas akting para aktor yang terlibat. "Ini para pemain terbaik yang pernah kami punya," ujar pria berusia 42 itu.

Penggunaan para aktor kulit hitam terkesan jawaban Marvel pada tuduhan whitewashing (penggunaan aktor berkulit putih untuk memerankan karakter yang seharusnya tidak berkulit putih) dalam film Doctor Strange. Dalam film itu, Marvel menyewa aktris Inggris Tilda Swinton untuk memerankan Ancient One --mentor Doctor Strange yang diperankan Benedict Cumberbatch.

Black Panther adalah karakter bernama asli T'Challa dan Raja Wakanda, sebuah negeri fiktif di semesta Marvel. Tokoh T'Challa sempat tampil dalam Captain America: Civil War dan dimainkan Chadwick Boseman.

Dia hadir mengenakan kostum vibranium untuk membalas dendam kematian ayahnya, Raja T'Chaka (John Kani). Kini Boseman (39) melanjutkan perannya dalam film spin-off, Black Panther, yang direncanakan tayang pada Februari 2018.

Boseman adalah aktor Afro-Amerika kelahiran 29 November 1976 di negara bagian South Carolina, AS. Sebelum menggunakan seragam ketat Black Panther, ia sempat beradu akting dengan aktor gaek Harrison Ford dalam drama olahraga 42 (2013).

Boseman dikabarkan bakal ditemani aktris Lupita Nyong'o. The Hollywood Reporter melaporkan, Marvel masih melakukan negosiasi dengan Nyong'o --aktris berdarah Kenya kelahiran Meksiko.

Nyong'o (33) pernah memenangi Oscar kategori aktris pendukung terbaik lewat drama mengenai rasisme 12 Years of Slave (2013). Aktris bernama lengkap Lupita Amondi Nyong'o ini juga bermain dalam Star Wars Episode VII: The Force Awakens (2015) sebagai Maz Kanata.

Nyong'o digosipkan akan memerankan kekasih T'Challa atau bila mengikuti kisah komik Marvel adalah Storm, salah seorang anggota X-Men. Namun Nyong'o tidak akan memerankan wanita penguasa cuaca itu lantaran hak distribusi karakter X-Men masih dipegang oleh 21th Century Fox.

Selain Nyong'o, dikabarkan bakal hadir pula Michael B Jordan. Aktor berusia 29, yang tak punya hubungan darah dengan legenda NBA Michael Jordan, ini kemungkinan besar akan memerankan penjahat (antagonis).

Jika terlaksana, ini adalah peran kedua Jordan dalam film pahlawan super. Tahun lalu ia memerankan manusia api Johnny Storm dalam film gagal Fantastic Four. Namun pada pengujung 2015, penampilan apiknya dalam kisah Creed (2015) bersama aktor veteran Sylvester Stallone seolah menutupi kegagalan Fantastic Four.

Ini juga akan menjadi kolaborasi kedua Jordan dengan Ryan Coogler, sutradara Black Panther. Coogler, yang juga berkulit hitam, adalah sutradara Creed.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR