FILM INDONESIA

Alasan Titi Kamal akhirnya bersedia membintangi film horor

Titi Kamal saat konferensi pers film Makmum di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (7/8/2019)
Titi Kamal saat konferensi pers film Makmum di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (7/8/2019) | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Berkecimpung sebagai pemain film sejak memulai debut dalam Tragedi hampir dua dekade silam, Titi Kamal (37) akhirnya bersedia membintangi film horor.

Sepanjang catatan filmografinya, pemilik nama lengkap Kurniati Kamalia itu lebih sering wira-wiri terlibat film bergenre drama, komedi, atau gabungan kedua genre tersebut.

Pengalaman pertama Titi membintangi genre horor terjadi dalam film Makmum produksi Dee Company dan Blue Water Films. Akan tayang di bioskop mulai 15 Agustus 2019.

Film ini aslinya berasal dari film pendek karya Riza Pahlevi yang rilis pada 2016. Dalam film tersebut, ibu dua anak ini memerankan tokoh Rini yang diminta kembali mengurusi asrama khusus perempuan atas permintaan Bu Kinanti (diperankan Jajang C. Noer), pimpinan asrama yang sudah sepuh.

Karakter Rini dikisahkan bertugas menjadi penjaga kamar jenazah. Sosoknya cenderung, misterius, dingin, dan introrver. Menjadi tantangan karena sesungguhnya bertolak belakang dari sifat asli Titi.

Saat konferensi pers usai press screening film Makmum di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (7/8/2019), ibu dua anak ini mengisahkan memang banyak tawaran bermain film horor yang datang dan terpaksa ia tolak.

Alasan terbesar penolakan tersebut bukan semata karena aslinya Titi seorang penakut, atau karena tidak menyukai film-film bergenre horor.

“Mungkin lebih tepat saya menyebutnya karena tidak berjodoh,” kata Titi yang tenar sebagai pemeran Maura dalam semesta film Ada Apa dengan Cinta?.

Pasalnya tawaran bermain film horor selalu datang saat Titi sedang hamil atau baru saja melahirkan. Kondisi tersebut tidak memungkinkannya melakukan aktivitas yang menguras fisik. Pun harus meninggalkan anak-anaknya yang masih kecil karena pemilihan lokasi syuting nun jauh di luar kota.

“Biasanya harus masuk dalam hutan. Karena tidak mungkin membawa anak ikut ke lokasi syuting, terpaksa tawarannya saya tolak,” tambah Titi.

Sementara tawaran bermain film drama atau komedi biasanya mengambil lokasi syuting di dalam kota. “Tempatnya asyik-asyik. Jadi masih memungkinkan saya untuk membawa anak,” lanjutnya.

Faktor cerita dan pesan yang disampaikan film Makmum arahan Hadrah Daeng Ratu ini juga yang memicu Titi ikut terlibat bersama Ali Syakieb (Ustaz Ganda), Tissa Biani (Nurul), Adila Fitri (Putri), Bianca Hello (Nisa), Reny Yuliana (Rosa) Arief Didu (Slamet), dan Misha Jeter (Ningsih).

“Saya sudah menonton versi film pendeknya yang viral banget di YouTube. Pesannya bagus banget. Mengajak orang untuk semakin meningkatkan keimanan dan lebih khusyuk dalam beribadah,” pungkas Titi.

Makmum - Official Trailer | 15 Agustus 2019 di Bioskop /MD Pictures
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR