ALBUM MUSIK

Album Jejak ceritakan perjalanan karier Rizky Febian

Penyanyi Rizky Febian diwawancara jurnalis, sesaat sebelum tampil di atas panggung Sentul International Convention Center, Bogor, pada Senin (19/11/2018).
Penyanyi Rizky Febian diwawancara jurnalis, sesaat sebelum tampil di atas panggung Sentul International Convention Center, Bogor, pada Senin (19/11/2018). | Indra Rosalia /Beritagar.id

Penyanyi Rizky Febian (20) telah meluncurkan album fisik perdananya berjudul Jejak pada Jumat (18/1/2019). Menurut lelaki yang menyebut dirinya “Iky” ini, Jejak adalah cerita di balik perjalanan karier musiknya sejak 2011.

"Perjalanan album ini panjang. Saya masih ingin belajar sana-sini. Tetapi karena di pikiran saya siap, saya mau tentang perjalanan karier Iky, sampai memastikan nama album Jejak," ujar Rizky kepada Tempo.co dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (18/1).

Sebagai anak komedian ternama Entis “Sule” Sutisna, jalan Rizky untuk memulai karier di dunia hiburan pada usia belasan terbuka lebar. Pada 2012, lagu tunggal pertamanya muncul. Berjudul "Papa Telepon", lagu ini menduetkan ayah dan anak itu.

"Sebenarnya dia itu dari umur empat tahun sudah juara lagu pop Sunda, tahun 2001 waktu itu. Ada bakatlah dari kecil," ungkap Sule pada Wow Keren (2/7/2012).

"Dari dulu sudah sering lomba nyanyi dan alhamdulillah menang. Tapi antar-kampung, 'tarkam' lah. Ayah sama mama kan di seni juga, jadi sejak kecil sudah didengarkan musik. Sudah tahu nada juga," ungkap Rizky pada Bintang.com (28/7/2015).

Pada 2015, Rizky sudah berusia 18. Tak mungkin ia menyanyikan lagu bocah seperti “Papa Telepon”. Ia merilis lagu “Kesempurnaan Cinta” yang akhirnya sukses besar dan melambungkan namanya.

Tahun-tahun berikutnya ia meluncurkan single seperti “Penantian Berharga” dan “Cukup Tau”. Hingga akhirnya merilis album Jejak.

Meski begitu, dalam album Jejak, tak ada lagu-lagu jagoan Rizky seperti “Kesempurnaan Cinta”. Lazimnya, sebuah album berisi beberapa lagu single dan lagu tambahan dari seorang musisi yang sudah dirilis sebelumnya.

"Saya optimistis. Saya pengin di album perdana ini enggak ada lagu-lagu hits sebelumnya. Ada yang bilang formula album harus ada lagu hits sebelumnya. Saya mau membantah formula itu," kata Rizky.

"Saya mau ini jadi ijazah buat saya. Ini mau jadi ajang challenge buat saya, apa bisa album ini diterima tanpa ada ‘Kesempurnaan Cinta’ dan ‘Cukup Tau’,” tambah penyanyi bernama lengkap Rizky Febian Adriansyach Sutisna itu.

Namun, sejak dirilis dalam bentuk digital pada 23 November 2018, respons masyarakat bagus. Menurut Rizky, hingga kini lagu-lagu dalam Jejak sudah didengar hampir empat juta kali di aplikasi pengaliran lagu Spotify.

“Itu baru di Spotify kan, kami belum cek di iTunes berapa, YouTube, belum dilihat jumlah totalnya berapa. Alhamdulillah, masyarakat di luar sana ternyata masih banyak orang-orang yang mengapresiasi karya Iky," ujar Rizky pada Kompas.com.

Album Jejak dijual dalam bentuk boxset yang berisi satu pemutar MP3, kaos dan papan permainan ular tangga. "Saya ingin membuat para pendengar saya yang ngikutin saya dari dulu itu terkesan dengan album pertama," ujar Rizky pada Tribun News.

Setelah Jejak, bukan berarti perjalanan musik Rizky berhenti. Ia sedang mempersiapkan album kedua. Ia juga berharap, suatu saat nanti bisa menggelar konser tunggal di sebuah arena megah dan disaksikan oleh ribuan orang penonton.

"Impian saya, konser di stadion besar ditonton jutaan orang banyak, orang-orang penting, di situ segala macam ada, di situ itu masih jadi satu impian saya," tutur Rizky pada Fimela.

Ingin jadi Justin Bieber Indonesia

Dalam video lagu “Menari” yang jadi single utama Jejak, Rizky memamerkan aksinya dalam berdansa. "Sebenarnya sudah tertarik sejak sebelum album, karena biasanya saat off air aku coba inisiatif bikin koreo (koreografi) sendiri," kata Rizky Febian kepada Tempo.co (27/11/2018).

Jika ditelusuri lebih jauh lagi, sejak kecil rupanya ia sering berlatih menari bersama Sule. “Ternyata saat ini hal itu dibutuhkan. Saat ini jarang banget penyanyi laki-laki yang mau nge-dance. Dan saya pengen jadi salah satu next Justin Bieber Indonesia," lanjut Rizky.

Selain "Menari", Jejak juga berisi lagu-lagu bernada pop seperti "Pergi Menjauh", "Reuni", "Nona", dan lima lagu lainnya.

Rizky Febian - Menari (Official Music Video) /NET. Talent Management
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR