ALBUM MUSIK

Album Thank U, Next milik Ariana Grande pecahkan rekor

Penyanyi pop Ariana Grande bernyanyi dalam acara March For Our Lives di Washington DC, Amerika Serikat (24/3/2018).
Penyanyi pop Ariana Grande bernyanyi dalam acara March For Our Lives di Washington DC, Amerika Serikat (24/3/2018). | Jim Lo Scalzo /EPA-EFE

Album Thank U, Next milik Ariana Grande yang dirilis pada 8 Februari menjadi nomor satu di tangga album Billboard 200. Hingga Kamis (14/2/2019), Thank U, Next terjual sebanyak 360 ribu ekuivalen album. Hasil penjualan ini merupakan keempat kalinya album Grande jadi nomor satu.

Thank U, Next juga memecahkan rekor sebagai album pop dengan jumlah pengaliran terbesar sepanjang masa. Sejumlah 228 ribu ekuivalen album ini berasal dari pengaliran musik (streaming) dari berbagai platform. Selama sepekan setelah dirilis, lagu-lagu dalam Thank U, Next dialirkan sebanyak 307 juta kali.

Grande memecahkan rekor album pop sebelumnya, yaitu Divide milik Ed Sheeran. Album yang dirilis pada 2017 itu “hanya” dialirkan sebanyak 126,7 juta kali.

Thank U, Next juga memecahkan rekor pengaliran untuk penyanyi wanita, yang sebelumnya digenggam Invasion of Privacy milik solis hip-hop Cardi B dengan angka 202,6 juta kali dialirkan.

Secara keseluruhan, Thank U, Next ada di posisi kesembilan album musik dengan jumlah pengaliran terbesar sepanjang masa. Rekor masih dipegang penyanyi hip-hop Drake dengan album Scorpion (2018), yang dialirkan 745,9 juta kali dalam pekan pertamanya.

Kesuksesan album ini bisa diperkirakan, sebab single pertamanya yang berjudul sama laku keras saat diluncurkan pada 3 November 2018. Hanya dalam 24 jam, lagu “Thank U, Next” memecahkan rekor dengan 9,6 juta kali dialirkan di platform pengaliran lagu Spotify.

Lagu yang mengisahkan tentang mantan-mantan kekasih Grande ini juga menjadi lagu tercepat yang dialirkan 100 juta kali di platform pengaliran lagu Spotify.

Tak hanya lagu “Thank U, Next” yang mencetak prestasi. Video musiknya yang dirilis pada 30 November bahkan memecahkan rekor di situs pengaliran video Youtube.

Hanya dalam waktu 22 jam, "Thank U, Next" telah disaksikan lebih dari 46 juta kali. Angka itu membuat Grande berhasil memecahkan rekor sebagai penyanyi dengan video musik yang paling banyak disetel dalam 24 jam.

Video “Thank U, Next” juga menjadi video Vevo tercepat yang dilihat 100 juta kali. Hingga artikel ini dirilis, video musik yang mengadaptasi empat film ikonis yang tayang pada awal 2000-an, yakni Mean Girls, Bring It On, 13 Going On 30, dan Legally Blonde ini sudah ditonton 308,7 juta kali.

Ada yang berbeda

Faktor yang membuat album Thank U, Next laris manis mungkin karena perbedaannya dibanding empat album studio sebelumnya. Rolling Stone mencatat, album ini dimulai dengan tiga lagu balada sebelum pendengar dihajar dengan lagu “Thank U, Next”.

Dalam pembuatan album Thank U, Next, Grande juga banyak dibantu para wanita. Sembilan dari 12 lagu dalam album tersebut punya dua atau lebih penulis wanita, kali pertama dalam proyek-proyek musik Grande.

“Banyak lagu-lagu Grande dibantu oleh penulis lelaki, tapi dari lagu-lagu ini benar-benar punya perspektif perempuan yang sangat terlihat,” ujar Denisia Andrews, produser dalam lagu “In My Head”.

Selanjutnya, Grande akan meramaikan Festival Coachella pada bulan April. Dalam salah satu festival musik terbesar dunia itu, penyanyi berusia 25 ini menjadi penampil utama. Ia mencetak sejarah dengan menjadi musisi termuda yang jadi penampil utama.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR